3 Jenis Hand Stacker untuk Memudahkan Pengangkutan

3 Jenis Hand Stacker untuk Memudahkan Pengangkutan
hand stacker

Memindahkan barang secara cepat dan efisien akan dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan hand stacker. Alat pergudangan ini memiliki tiga jenis berbeda yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan, dan fungsi yang beragam. 

Anda bisa menyimak berbagai jenis, fungsi, hingga langkah penggunaannyadalam artikel ini. 

Apa itu Hand Stacker?

Alat yang bisa juga Anda sebut sebagai hand lift ini merupakan sebuah sarana yang umum Anda temukan di bagian pergudangan untuk mengangkat beban. Biasanya, hand lift memiliki kapasitas beban yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, tetapi umumnya hand lift dapat mengangkat beban antara satu hingga dua ton.

Cara hand lift mengangkat beban adalah dengan memakai tenaga hidrolik dengan sistem pompa yang dapat Anda turunkan atau naikkan. Sistem pengangkatan beban oleh hand lift juga hampir sama dengan langkah pemindahan beban oleh hand pallet.  Perbedaannya adalah hand pallet mampu mengangkut 1 sampai 5 ton.

3 Jenis Hand Lift

Melansir dari Distributor Forklift Jawa Tengah, terdapat tiga jenis hand lift yang berbeda. Ketahui ketiga jenis dan masing-masing keunggulan hand lift melalui rincian di bawah ini. 

1. Hand Stacker Manual

Hand lift manual merupakan alat pergudangan yang bisa Anda manfaatkan untuk memindah barang berkapasitas besaar dengan cara manual. Garpu yang terdapat pada hand lift manual berperan sebagai tumpuan atau pengangkat beban yang ada di atas pallet.

Sejumlah keunggulan yang bisa Anda rasakan dalam penggunaannya adalah hand lift manual tidak memerlukan baterai. Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir akan polusi udara ataupun suara saat menggunakannya di dalam ruangan karena hand lift manual tidak mengeluarkan asap atau suara knalpot.

2. Semi Electric Stacker

Ada pula hand stacker jenis semi elektrik, yang dalam pengoperasiannya tergolong mudah karena telah ada sistem elektrik di dalamnya. Akan tetapi, sesuai namanya, hand lift ini tidak dapat sepenuhnya Anda gunakan secara elektrik, kecuali untuk penggunaan garpu/fork saat mengangkat beban berkapasitas satu sampai dua ton.

Anda bisa menggunakan semi electric stacker saat Anda perlu memindahkan beban dengan ketinggian maksimal 3,5 meter. Keuntungan lainnya adalah Anda tak perlu mengerahkan tenaga terlalu banyak, dan Anda bisa menghemat waktu saat pemindahan barang.

3. Full Electric Stacker

Apabila semi electric stacker terlihat tanggung dalam proses pengoperasiannya, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan full electric stacker. Hand lift elektrik dapat Anda gunakan secara otomatis secara keseluruhan dalam pengoperasiannya, sehingga akan dapat menghemat biaya dan tenaga.

Full electric stacker juga bisa Anda gunakan dengan efektif di ruang yang sempit, sebab pengoperasiannya yang sangat tangkas dan cepat. Selain itu, hand lift elektrik berukuran lebih kecil dari forklift, tetapi tetap berkapasitas besar untuk pengangkutan beban.

4 Fungsi Hand Stacker

Selain mengenal jenis-jenis hand lift di atas, penting juga untuk Anda mengetahui fungsi dari hand lift. Kira-kira, apa saja fungsi dari hand lift, selain untuk mengangkat dan menurunkan barang? Ketahui rinciannya melalui penjelasan berikut ini.

1. Memindahkan Palet

Umumnya, selain digunakan untuk memindahkan barang, hand lift biasa ekspedisi gunakan untuk menumpuk palet dengan teratur. Dengan menumpuk palet rapi, ruang penyimpanan pun bisa Anda gunakan dengan maksimal secara efisien.

2. Membongkar Barang

Pembongkaran barang dalam gudang juga bisa Anda lakukan dengan mudah menggunakan hand stacker. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan hand lift untuk memindah barang dari area penyimpanan ke truk atau sebaliknya.

3. Memindahkan Material di Area Sempit

Apabila tempat penyimpanan barang relatif sempit, maka penggunaan hand lift tentu akan sangat membantu Anda. Pasalnya, umumnya hand lift dapat menghasilkan manuver yang presisi di area terbatas secara efisien.

4. Menekan Kemungkinan Cedera

Anda dan pekerja lainnya dapat terhindar dari cedera berat apabila mampu menggunakan hand lift secara tepat karena tidak perlu mengangkat beban yang terlalu berat untuk tubuh Anda. Di samping itu, hand lift dapat melakukan pekerjaan tersebut secara lebih cepat.

Baca juga: Apa Itu Konveyor dan Fungsinya Dalam Industri dan Gudang?

5 Langkah Penggunaan Hand Lift

Terdapat lima langkah dasar dalam menggunakan hand stacker, mulai dari persiapan awal hingga penurunan beban. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Persiapan Awal

Sebelum penggunaan, pastikan Anda melakukan tiga langkah berikut:

  • pastikan tidak terdapat kerusakan pada roda, garpu, serta komponen lain;
  • cek oli hidrolik, segera isi apabila kurang; dan
  • hindarkan barang-barang tidak penting di area kerja.

2. Pendekatan Material atau Palet

Saat akan memindahkan barang, pastikan Anda mendekatkan hand stacker pada palet atau material tersebut. Ikuti langkah berikut ini untuk pengaplikasiannya.

  • Dorong hand lift ke arah material atau palet yang akan Anda angkat;
  • pastikan garpu hand lift masuk ke bagian bawah palet dengan posisi seimbang.

3. Pengangkatan Beban

Sesudah mendekatkan hand stacker pada barang, Anda bisa lakukan dua langkah berikut untuk langkah selanjutnya.

  • Pakai tuas pompa dan gerakkan naik-turun, hingga palet terangkat dari tanah. Jangan lupa stabilkan dan seimbangkan beban Anda;
  • ingatlah untuk tidak mengangkat barang yang lebih tinggi dari kapasitas hand lift Anda.

4. Pemindahan Beban

Apabila beban telah berada di hand lift, lakukan dua langkah berikut.

  • Pegang handle dan tarik atau dorong hand lift ke tempat yang Anda tuju dengan hati-hati;
  • pastikan Anda mewaspadai rintangan yang terdapat di lokasi Anda, sehingga barang bisa Anda pindahkan dengan baik.

5. Penurunan Beban

Jangan terburu-buru saat Anda telah mendekati lokasi tujuan. Simak dua langkah berikut untuk kemudahan menurunkan beban.

  • Pakailah tuas kontrol dengan posisi ‘turun,’ atau sesuai dengan indikasi pada hand lift Anda;
  • turunkan material secara perlahan sampai barang tersebut menyentuh tanah;
  • mundurkan garpu perlahan dari palet atau material.

Baca juga: Rak Gudang: Fungsi dan Ukuran Standar yang Biasa Digunakan

Masih Bingung dengan Cara Penggunaan Hand Stacker?

Dalam pergudangan, pemindahan barang atau palet tentu akan sangat sering Anda lakukan. Oleh karena itu, adanya hand lift akan sangat membantu pekerjaan Anda, sehingga Anda bisa menyelesaikan tugas dengan mudah serta efisien, bahkan di ruangan yang relatif kecil atau sempit.

Melihat jenis hand stacker yang cukup beragam, tentu Anda akan kesulitan memilih mana yang cocok untuk Anda. Akan tetapi, caranya cukup mudah, lo. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, seperti melihat berat beban yang biasa Anda pindahkan, atau dengan memperhatikan luas ruang kerja Anda.

Kalau Anda kesulitan untuk mengorganisir barang-barang gudang, maka layanan warehouse dan fulfillment menjadi pilihan yang paling tepat. Selain meringankan beban operasional, warehouse dan fulfillment Biteship sudah dapat diintegrasikan dengan berbagai marketplace.

Memang apa saja keuntungan yang bisa didapatkan?

Tentu saja dengan menggunakan hand stacker untuk

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!