Kenapa No Resi Tidak Valid? Inilah Penyebab dan Cara untuk Mengatasinya

Pernahkah Anda berbelanja online dan resah menunggu paket segera datang? Ketika belanja online, Anda pasti akan mendapatkan resi untuk bisa melacak sampai mana paket berada.  Namun, ada juga masalah resi tidak valid. Kira-kira kenapa no resi tidak valid?

Nomor resi yang tidak valid tentunya membuat siapapun pasti akan merasa overthinking. Jangan-jangan seller atau toko online tersebut melakukan penipuan dengan mencantumkan nomor resi palsu. Jangan overthinking terlebih dahulu, kenali penyebab nomor resi tidak valid di bawah ini.

Kenapa No Resi Tidak Valid?

Kenapa nomor resi tidak bisa ditemukan? Mengapa nomor resi sulit untuk dilacak? Secara umum ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa nomor resi Anda tidak valid ketika dicek. Beberapa penyebab itu adalah:

1. Resi gagal untuk ditracking karena pihak dari perusahaan ekspedisinya.

2. Barang tidak diketahui sampai mana posisinya karena aplikasi maupun situs tracking yang digunakan sedang bermasalah.

3. Resi pengiriman sulit dilacak karena kesalahan Anda seperti menuliskan kode resi yang keliru.

Penyebab No Resi Tidak Valid

Kalau Anda mengalami nomor resi tidak valid ketika sedang mengecek, simak beberapa hal yang jadi penyebab utamanya, apa saja itu?

1. Server Perusahaan Pengiriman Sedang Bermasalah

Alasan pertama yang umumnya terjadi ketika resi gagal untuk Anda lacak adalah karena memang layanan yang dimiliki oleh perusahaan ekspedisi sedang memiliki kendala atau gangguan. 

Adapun kendala itu bisa jadi karena kelebihan beban, misal ada banyak pengguna yang sedang cek resi secara bersamaan.

Hal ini biasa terjadi ketika hari belanja online atau lebaran ketika banyak orang berbelanja online dan melakukan tracking bersamaan yang membuat sistem dari perusahaan ekspedisi bermasalah.  Bisa juga server bermasalah karena kendala teknis lainnya.

Adapun lamanya gangguan tersebut bervariasi berdasarkan dengan masalah yang terjadi dan seperti apa proses penanganannya.

Nah, hal itulah yang kemudian membuat akses situs atau aplikasi perusahaan ekspedisi menjadi lambat untuk diakses, atau bahkan tidak bisa Anda buka sama sekali situs ataupun aplikasinya.

2. Tidak Real Time

Hal penting yang perlu Anda pahami ketika terjadi masalah pada resi yang tidak valid adalah, bisa jadi agen pengiriman yang Anda gunakan masih kecil. Kemungkinan agen pengiriman tersebut sistemnya masih sederhana dan menggunakan pencatatan manual.

Hal ini juga sering terjadi pada agen-agen pengiriman yang ada di daerah dengan jaringan internetnya yang masih serba terbatas.

 Umumnya, resi pada agen pengiriman yang masih kecil menggunakan bukti dengan cara ditulis tangan. Semisal Anda mendapatkan bukti kiriman dengan catatan, sebaiknya Anda masih perlu bersabar hingga nomor resi yang dicatat secara manual itu diinput datanya ke komputer.

Cabang dari agen pengiriman yang bersangkutan pasti akan mencatat secara online resi tersebut supaya bisa dengan mudah Anda cek.

Anda bisa mengecek status dari resi Anda beberapa jam setelah dikirim atau maksimal  satu hari. Jadi, jangan dahulu overthinking ya, pasti nomor resi Anda akan terinput di data jika memang kendalanya adalah agen pengirimannya masih kecil.

3. Nomor Resi yang Anda Input Salah

No resi tidak valid ketika dicek juga bisa terjadi karena kesalahan Anda sendiri seperti salah memasukkan digit nomor resi. Tentu saja jika Anda salah memasukkan nomor, maka  keterangan yang akan muncul di situs perusahaan ekspedisi adalah resi invalid.

Ketika Anda mendapatkan sebuah bukti pengiriman dari perusahaan ekspedisi, mereka dalam kertas tersebut memang ada sejumlah digit nomor. Kalau Anda baru pertama kali mengirimkan barang dengan ekspedisi, mungkin akan bingung dengan kode resi untuk mengecek posisi paket.

Itulah mengapa resi bisa tidak valid ketika Anda salah input digit nomor. Jika itu yang jadi kendalanya, maka tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengecek semua nomor yang tertera di bukti pengiriman tersebut untuk tahu manusia yang merupakan nomor resi.

Biasanya, perusahaan ekspedisi mengkombinasikan nomor resi dengan huruf dan angka, namun ada juga yang format resi berupa angka saja. Lalu berapa digit nomor resi? Jumlah digitnya sendiri berbeda-beda, ada yang terdiri dari 6 sampai 10, tergantung pada perusahaan ekspedisinya.

4. Nomor Resi Palsu

No resi yang tidak valid juga bisa terjadi jika Anda merupakan korban penipuan. Apakah ada resi palsu? Tentu saja ada. Jika Anda jadi korban penipu, maka sudah jelas bahwa resi yang diberikan palsu sehingga akan sulit untuk dilacak.

Nah, kalau Anda ingin terhindar dari yang namanya penipuan, maka pastikan bahwa Anda belanjanya hanya di toko online yang memang benar-benar kredibel dan terpercaya. Anda perlu berhati-hati ketika belanja online, terutama jika tahu toko itu dari sosial media.

Jangan pernah tergiur dengan harganya yang murah atau diskon besar karena itu adalah trik yang digunakan oleh penipu untuk mendapatkan mangsa. Lebih aman jika Anda belanja di marketplace.

Nah, kalau belanjanya di marketplace atau e-commerce, pastikan bahwa toko tersebut memang terpercaya.

5. Kesalahan dari Pihak Pengirim

Penyebab terakhir kenapa no resi tidak valid adalah kesalahan dari pihak pengirim atau seller. Jika Anda mencoba untuk melakukan tracking dan gagal sampai berkali-kali, maka Anda bisa tanyakan kepada pihak ekspedisi pengiriman.

Cobalah menanyakan perihal nomor resi yang ada, apakah memang benar digit nomornya sudah sesuai dengan bukti pengiriman dari perusahaan pengiriman.

Jika ternyata nomor resi yang seller berikan benar dan sesuai dengan bukti pengiriman dari perusahaan ekspedisinya, bisa jadi situs tracking paketnya memang sedang ada kendala.

Cara Mengatasi No Resi Tidak Valid

Ada beberapa solusi atau cara mengatasi no resi tidak valid agar Anda tidak panik atau overthinking. Di antaranya adalah:

1. Cobalah untuk menunggu sampai 1 hari atau 24 jam sejak Anda menerima kode resi. Bisa jadi metode pencatatan agen pengirimannya masih manual sehingga belum diinput ke sistem secara online.

2. Cobalah untuk lebih teliti lagi ketika memasukkan kode resi karena bisa jadi angka yang Anda input ke sistem itu salah sehingga sulit ditracking.

3. Kenapa no resi di Shopee tidak bisa dilacak? Hubungi seller untuk memastikan bahwa nomor resi yang Anda terima memang sudah sesuai dan tidak terjadi kesalahan. Jika seller memberikan resi palsu, maka bisa protes ke contact center Shopee, jika Anda belanja di Shopee.

4. Usahakan untuk belanja di toko online yang memang sudah terpercaya sehingga Anda tidak akan ditipu dengan nomor resi yang palsu. Tentu saja resi palsu tidak akan bisa dicek dan statusnya akan selalu invalid.

Kenapa no resi tidak valid memang menjadi masalah bagi banyak orang, terutama ketika berbelanja online. Tapi tidak perlu panik karena Anda bisa mengatasinya dengan solusi di atas.

Termasuk juga ketika Anda hendak membangun sebuah bisnis online dan mencari solusi ekspedisi terbaik untuk digunakan. Ada Biteship, agregator pengiriman logistik profesional yang bisa menjadi solusi Anda menemukan layanan ekspedisi terbaik untuk bisnis online Anda

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!