Mau Tahu Macam-Macam Staff Gudang? Ini Dia Kriteria Sekaligus Tugasnya

Mau Tahu Macam-Macam Staff Gudang? Ini Dia Kriteria Sekaligus Tugasnya
staff gudang

Perusahaan dalam bidang apapun mayoritas membutuhkan peranan staff gudang atau warehouse untuk membantu mengelola stok produk. Perlu Anda ketahui, ada macam-macam staff gudang dalam satu perusahaan yang masing-masing personilnya harus menjalankan tugas tertentu. 

Warehouse staff umumnya bertugas untuk mengelola barang yang diproduksi oleh perusahaan sendiri ataupun barang dari supplier lain. Untuk mencegah terjadinya kerugian, maka seorang staff gudang harus bekerja dengan teliti dan mencatat segala barang yang keluar masuk perusahaan tiap harinya. 

Pahami Tentang Staff Gudang Perusahaan

Staff gudang merupakan sekumpulan orang yang memiliki skill profesional dalam menyimpan kemudian memproses pesanan produk kepada konsumen. Tugas seorang staff gudang umumnya untuk menerima, mengawasi, dan mengelola berbagai stok produk yang dimiliki oleh perusahaan. 

Tidak hanya itu, seorang staff gudang juga mengemban tugas untuk memindai, memindahkan, serta mencatat mengenai inventarisasi produk. Bayangkan kalau staff gudang melakukan kesalahan dalam mengelola barang, maka akan berakibat fatal dan mempengaruhi laporan keuangan perusahaan.

Orang yang berperan sebagai staff gudang harus memperhatikan barang perusahaan dengan baik dari segi jumlah, perawatan, pengemasan, dan penataan yang rapi. Apabila ada masalah dengan barang yang dikirimkan, maka staff gudang akan menjadi sasaran yang dimintai keterangan. 

Bagi Anda yang ingin berkarir menjadi staff warehouse, maka diharapkan memiliki kemampuan skill tentang basis data, manajemen waktu, pengemasan, inventaris, dan lain-lain. Selain itu, pahami juga mengenai macam-macam staff gudang beserta tugas yang perlu dijalankan sesuai posisinya. 

Baca Juga: Mengenal Manajemen Inventory dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Macam-Macam Staff Gudang dan Tugasnya Dalam Perusahaan

Kalau berbicara mengenai staff gudang, sebenarnya banyak jabatan umum yang dibutuhkan dalam departemen warehouse. Setiap posisi dalam departemen warehouse memiliki tugas dan peran masing-masing, sehingga tidak semua hal dikerjakan oleh satu orang saja dalam suatu perusahaan. 

  1. Supervisor Gudang (Bagian Kepala Gudang)

Tiap perusahaan tentunya akan menunjuk satu orang berperan sebagai supervisor atau kepala gudang. Apa tugas dari supervisor gudang? Seorang supervisor bertugas untuk selalu melakukan pengawasan dalam setiap pekerjaan yang berhubungan langsung dengan manajemen gudang. 

Tidak hanya itu, supervisor gudang juga perlu melakukan perencanaan, pendistribusian, dan pengadaan barang perusahaan. Hal ini dikarenakan SPV gudang dianggap orang yang paling tahu kebutuhan bahan serta alur aktivitas barang perusahaan setiap harinya. 

  1. Bagian Operator Gudang

Dalam bisnis forecast, biasanya Anda juga akan menemui beberapa orang yang berperan sebagai warehouse staff. Salah satu posisi dalam warehouse staff yaitu berperan sebagai operator untuk memastikan alur keluar masuknya barang perusahaan kepada konsumen. 

Seorang operator gudang juga bertugas untuk menata barang yang baru datang dengan kondisi yang dijamin aman dan rapi. Melihat perannya yang cukup penting, maka Anda yang bertugas sebagai operator gudang diharapkan memiliki ketelitian tinggi dan telaten dalam kelola barang. 

  1. Posisi Admin Gudang

Sesuai dengan namanya, seorang admin gudang nantinya akan bertugas untuk mengurus segala kebutuhan administrasi pergudangan. Bagi siapapun yang berperan sebagai admin gudang, maka diharapkan bisa melakukan input, mengecek, identifikasi produk, dan memastikan barang aman. 

Memang tugasnya terlihat hampir sama dengan operator gudang, namun admin gudang disini banyak bekerja untuk mengatur masalah administrasi pengiriman barang. Admin gudang tidak terlalu berperan besar dalam mengatur posisi barang, metode penyimpanan, dan bongkar muat. 

  1. Helper Gudang

Macam-macam staff gudang terakhir yaitu helper. Posisi tersebut bertugas untuk membantu memindahkan barang ketika akan keluar masuk perusahaan. Helper gudang ada yang berperan sebagai supir, pengemasan produksi, bongkar barang, pemberian label, dan masih banyak lagi. 

Anda yang ingin bekerja sebagai helper gudang biasanya dituntut memiliki kondisi kesehatan yang baik, sehingga bisa optimal dalam menjalankan tugas. Kebanyakan perusahaan yang ingin merekrut helper gudang juga memberikan persyaratan berupa jenis kelamin laki-laki. 

Helper gudang yang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan juga dibekali dengan alat software inventory untuk melacak sisa inventaris barang. Kalau ditemukan ada masalah, maka Anda yang bertugas bisa langsung melapor pada bagian supervisor gudang.

Baca Juga: Pengertian Staff Gudang dan Manfaatnya

Peran Staff Gudang Dalam Suatu Pengembangan Bisnis

Apa saja tugas dan tanggung jawab dari staff gudang? Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, staff gudang memiliki tanggung jawab penuh dalam mengelola barang-barang perusahaan. Lebih detailnya. pahami beberapa tugas konkret yang harus dilakukan oleh seorang staff gudang berikut ini. 

  • Tanda Tangan Surat Terima Barang

Sebelum mengetahui jenis-jenis staff gudang dan fungsinya, maka Anda harus paham tentang salah satu perannya untuk menandatangani surat terima barang. Seorang staff gudang harus memastikan bahwa kondisi barang akan aman sampai pengiriman konsumen. 

Biasanya memang dalam pengelolaan barang, staff gudang berhak untuk tanda tangan atas pengiriman barang ke perusahaan dari eksportir, produsen, dan pihak lainnya. Baru setelah itu, mereka fokus untuk melakukan pengawasan bongkar muat barang. 

  • Membongkar Muat Barang yang Masuk Perusahaan

Seorang staff gudang memiliki tanggung jawab penuh untuk mengurus masalah pendistribusian barang. Nantinya staff gudang harus teliti dalam melakukan pencatatan jenis barang, jumlah barang, pengirim, waktu pengiriman barang, dan pengawasan saat barang akan dibongkar. 

  • Mengecek Barang Gudang Secara Rutin

Setelah produk perusahaan dibongkar, maka seorang staff gudang bertugas untuk menyiapkan tempat penyimpanan yang aman. Anda perlu memastikan bahwa barang tidak akan mengalami kerusakan dan kotor ketika sedang disimpan dalam gudang. 

Baca Juga: Stock Opname: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Pelaksanaan

Seorang staff gudang perlu sering-sering mengecek barang yang ada di gudang, mencatat barang yang keluar masuk, dan memberikan laporan aktivitas barang tiap harinya. Selain itu, staff gudang juga akan diminta untuk berkomunikasi langsung kepada divisi lain terkait produk perusahaan. 
Macam-macam staff gudang memiliki peran dan tanggung jawab sendiri dalam perusahaan. Posisi tertinggi dalam department warehouse diduduki oleh bagian supervisor gudang. Staff gudang bertugas untuk mengatur alur keluar masuk barang, penyimpanan, dan memastikan barang tetap aman.

Konsultasikan penyewaan gudang lengkap dengan layanan fulfillment bersama tim Biteship ke nomor di bawah ini:

[maxbutton id=”2″ url=”https://api.whatsapp.com/send?phone=6281399045077&text=Halo+admin,+saya+ingin+konsultasi+mengenai+produk+dari+Biteship+untuk+bisnis+saya” text=”” ]

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut: 

[maxbutton id=”1″ url=”https://biteship.com/id/hubungi-sales?utm_source=blog&utm_medium=article&utm_campaign=demo&utm_content=macamstaffgudang” text=”Jadwalkan Pertemuan” ] 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!