Ketahui! Tips Live Streaming Bagi Pemula Agar Menarik Viewers

Ketahui! Tips Live Streaming Bagi Pemula Agar Menarik Viewers

Tahukah Anda bahwa salah satu cara untuk meningkatkan engagement dengan followers adalah dengan melakukan live streaming? Meski begitu, tidak jarang para pemula bingung bagaimana caranya agar ramai penonton saat siaran langsung.

Nah, untuk menjawab persoalan tersebut, kami akan membagikan beberapa tips untuk melakukan siarang langsung bagi pemula, agar ramai serta menarik penonton. Ingin tahu bagaimana selengkapnya? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Pengertian 

Live Streaming menurut situs web ThinkUKnow berarti konten video dan audio yang direkam secara real-time melalui internet. Karena real-time, tidak ada penundaan atau perbedaan waktu saat merekam atau menonton. 

Banyak hal dan topik yang dibahas dalam siaran langsung ini. Misalnya, acara pertandingan sepak bola langsung, kolaborasi menyanyi, mukbang, media sosial, video game, dll.

Manfaat 

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh saat melakukan siaran langsung:

1. Bisa Mendapatkan Reach dan Engagement Secara Real Time

Dengan melakukan siaran langsung, Anda dapat berkomunikasi secara interaktif dengan pemirsa yang sedang menonton siaran yang direkam. Anda dan pemirsa dapat dengan mudah terlibat dalam percakapan hingga siaran langsung berakhir, sama seperti Anda mengobrol sambil bertatap muka di dunia nyata.

2. Dapat Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Untuk bisnis, live streaming di platform media sosial, seperti yang Anda tahu, sangat menguntungkan. Ini bukan tanpa alasan. Sebab, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas melalui siaran video langsung.

Misalnya, sebuah perusahaan menyiarkan acara besar secara langsung. Penonton yang tidak bisa datang ke acara tersebut dapat dengan mudah menonton di smartphone atau laptopnya.

Bahkan, ada kemungkinan akan muncul penonton baru yang tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga berpartisipasi aktif melalui siaran langsung yang membuat siaran langsung menjadi semakin interaktif.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Terkait poin 1 dan 2, siaran langsung merupakan konten yang berpotensi besar untuk mendorong upaya brand awareness. Selain itu, konten jenis ini juga sedang diminati oleh masyarakat. Karena siaran langsung bersifat real time. Hal itu membuat interaksi dengan audiens menjadi lebih mudah dan lebih efektif.

4. Strategi Pemasaran yang Murah

Ingin meningkatkan penjualan produk tanpa merogoh kocek terlalu dalam? Live streaming bisa jadi solusinya. Anda tidak perlu membayar ekstra dan Anda dapat mempromosikan produk Anda secara gratis melalui konten semacam ini.

Tips Live Streaming Untuk Pemula

Berikut ini beberapa tips agar sukses menarik viewers saat Anda siaran langsung:

1. Merencanakan Persiapan dengan Matang

Persiapan yang matang adalah tips pertama untuk melakukan siaran langsung. Spontanitas memang memiliki nilai tersendiri saat siaran langsung, tetapi tetap ada baiknya menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu untuk hasil yang sempurna, seperti:  

a. Tetapkan Jadwal

Jika Anda akan melakukan siaran langsung dan hanya sedikit orang yang menonton, tetap lanjutkan. Pastikan untuk mulai live streaming tepat waktu, agar tidak mengecewakan penonton yang menunggu.

b. Siapkan Sesi Tanya Jawab

Selama siaran langsung, terdapat sesi tanya jawab, dimana audiens dapat mengajukan pertanyaan dan Anda menjawabnya. Tidak semua streaming langsung merupakan presentasi yang formal, tetapi Anda tetap harus meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan dan berinteraksi dengan audiens.

c. Jangan Membatasi Waktu

Jika audiens memiliki banyak pertanyaan menarik, diskusi dapat dilanjutkan. Apalagi jika pertanyaan mereka memberikan nilai lebih kepada penonton. Tingkatkan keterlibatan dengan konten yang lebih menarik dan informatif.

Baca Juga: Up Selling Adalah: Strategi, Peran Penting, dan Tipsnya

2. Pilih Platform yang Anda Butuhkan

Jika Anda ingin melakukan siaran langsung, hal penting selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah memilih platform untuk siaran langsung. Berikut beberapa platform yang kami rekomendasikan:

a. YouTube Live

Salah satu platform streaming langsung paling populer. Dengan YouTube Live, Anda juga bisa membagikan video Anda ke media sosial lainnya. YouTube Live juga tersedia baik di desktop maupun seluler.

Anda dapat menambahkan iklan ke siaran langsung, jika ingin memonetisasinya. Tetapi tidak disarankan, karena dapat mengganggu penonton saat melihat siarang langsung Anda.

b. Instagram Live

Dengan diluncurkannya Instagram Stories dan IGTV, Instagram telah menunjukkan keinginannya untuk mendominasi pasar video seluler. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa meningkatkan keterlibatan followers di aplikasi Instagram.

Jika Anda ingin melakukan live streaming melalui Instagram, Anda dapat menyimpan video atau mempostingnya langsung ke IGTV atau Instagram Story.

c. Facebook Live 

Facebook masih memegang posisi khusus pada fitur live streaming. Aplikasi ini cukup fleksibel untuk memungkinkan pengguna menggunakan opsi kamera dan audio yang berbeda. Selain itu, mereka masih memprioritaskan siaran langsung di Facebook feed, lengkap dengan peningkatan pada konten video.

d. TikTok Live

TikTok Live adalah fitur aplikasi TikTok yang dapat digunakan untuk interaksi antar pengguna dengan berbagi momen yang dibuat oleh host dengan pemirsa.

Pengguna dapat berinteraksi secara real time menggunakan fitur TikTok Live. Anda harus berusia 18 tahun ke atas untuk melakukan siarang langsung. Anda juga harus memiliki setidaknya 1.000 pengikut untuk memanfaatkan fitur ini.

Baca Juga: Cara Daftar TikTok Shop, Simpel dan Tidak Ribet

3. Promosikan Siaran Langsung Anda

Ingatlah untuk mempromosikan live streaming Anda. Selain itu, pilih juga topik yang menurut Anda ingin dilihat banyak orang. Undang seorang pembicara yang ahli dalam topik tersebut dan yang dapat menarik perhatian audiens

Undang pembicara hebat untuk menambah nilai ekstra bagi audiens Anda. Setelah itu, boleh saja melakukan iklan digital melalui media sosial untuk mencari peserta sebanyak mungkin dengan mempromosikan topik dan pembicara.

4. Tawarkan Konten Eksklusif

Salah satu cara paling populer untuk menemukan penonton siaran langsung adalah dengan menawarkan berbagai konten eksklusif. Ini memiliki bentuk:

  • Informasi dari narasumber yang tidak banyak dibahas di tempat lain.
  • Diskon khusus pembelian produk untuk penonton live stream.

Selain kedua hal tersebut, ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat orang tertarik bergabung dan menonton siaran langsung Anda.

Sudah Tahu Tips Live Streaming Bagi Pemula Agar Menarik Viewers?

Demikian penjelasan singkat mengenai tips melakukan siaran langsung, khususnya bagi pemula agar menarik para viewers, sehingga engagement semakin tinggi. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!