Mobil Box Untuk Ekspedisi: Jenis, Fungsi, Keunggulan, dan Tips Memilih

Mobil Box Untuk Ekspedisi: Jenis, Fungsi, Keunggulan, dan Tips Memilih
jenis mobil box ekspedisi

Bergelut di dunia ekspedisi, sangat berhubungan dengan armada mobil box. Berbagai jenis mobil dengan bagian belakang digunakan untuk menempatkan barang kiriman itu, tersedia dan memiliki karakteristiknya masing-masing.

Buat Anda yang mau memulai usaha ekspedisi, tentu perlu tahu rekomendasi armada yang tepat bukan? Berikut ini beberapa referensinya, lengkap dengan tips memilih supaya bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Jenis Mobil Box

Setidaknya ada enam jenis mobil yang banyak digunakan untuk bisnis ekspedisi, tentunya dengan box di bagian belakangnya. Apa sajakah jenisnya tersebut?

  • Tronton Wingbox

Bisa dibilang kalau mobil yang satu ini adalah yang paling besar, dengan ukuran panjang 9,4 meter x 2,4 meter x 2,4 meter. Berat maksimal yang bisa ditampungnya mencapai 20 ton dengan penataan yang baik.

Mobil ini memiliki tiga pintu di bagian box belakangnya, dua di samping kiri dan kanan yang akan terbuka ke atas menyerupai sayap. Satu lagi pintu di bagian belakang seperti pintu pada umumnya.

  • Fuso Box

Ada lagi jenis fuso, dengan ukuran panjang 5,5 meter, lebar 2,2 meter, dan tinggi mencapai 2,4 meter. Kapasitas beban yang bisa diangkut oleh mobil ini adalah, 7 ton dengan dimensi muatan 25 cubic meter (CBM).

Dapat digunakan untuk mengangkut barang jenis apapun, asalkan memiliki ukuran yang tidak melebihi dimensi box belakangnya.

  • Colt Diesel Double (CDD)

Ini adalah kendaraan wajib dari kebanyakan cargo atau jasa ekspedisi, dengan muatan maksimal bisa mencapai 5 ton. Pengiriman yang dilakukan dengan kendaraan ini, kebanyakan adalah untuk rute dalam kota atau dalam provinsi.

Tapi, jika kondisinya baik dan dirawat maksimal maka tidak masalah jika dipakai untuk pengiriman luar provinsi asalkan muatannya tidak berlebih.

  • Colt Diesel Engkel (CDE)

Lebih kecil dari CDD, ada Colt Diesel Engkel yang memiliki kapasitas muatan 2,5 ton. Ukuran panjangnya 3 meter, dengan lebar 1,6 meter dan tinggi 1,6 meter. Memiliki empat ban dengan dua sumbu konfigurasi 2-2.

Berbagai jenis barang, juga bisa dimuat dan dikirim menggunakan armada mobil box ini. Sama halnya dengan mobil ekspedisi lain, Anda harus memastikan bahwa berat barang tidak melebihi kapasitasnya.

Biasanya CDE dipilih untuk ekspedisi yang baru merintis, dimana jumlah pengiriman masih sangat terbatas dan rute pengiriman juga belum terlalu luas.

  • Pick Up Box

Buat pebisnis ekspedisi baru, mobil pick up bisa menjadi pilihan utama, dari segi harga lebih murah dibandingkan jenis sebelumnya. Ukurannya memang masih sangat standar dan tergolong kecil.

Panjangnya 3,4 meter, lebar 1,4 meter, dan tinggi 1,24 meter, bisa dipakai untuk memuat barang jenis apapun. Selama pengemasannya bagus dan tidak masalah, jika ditumpuk dengan barang lainnya.

  • Freezer Box

Kendaraan yang satu ini, dibutuhkan ketika Anda memiliki layanan pengiriman barang yang harus dijaga dalam kondisi dingin seperti frozen food. Ukurannya sangat variatif, namun memang pada bagian box belakangnya dilengkapi dengan ruang pendingin.

Suhu pada bagian dalam box bisa diatur sesuai dengan kebutuhan dan kondisi barang, rute perjalanan yang bisa ditempuh sangat variatif. Ada yang hanya bisa digunakan antar kota dalam provinsi, antar provinsi, atau antar pulau.

  • Kontainer

Khusus untuk mobil jenis kontainer, biasanya digunakan untuk mengangkut kontainer berisi barang yang akan dikirim menggunakan kapal laut. Dipakai oleh ekspedisi yang menyediakan layanan peti kemas.

Apa Saja Fungsi dari Mobil Box

Secara umum fungsi dari sebuah mobil box adalah, untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Mulai dari jumlah dan ukuran barang kecil hingga ekstra besar.

Selain itu, juga berfungsi untuk mengirimkan barang ekspedisi dari gudang pengiriman ke lokasi pengantaran. 

Bagi barang dengan perlakuan tertentu misalnya barang pecah belah, elektronik, dan yang gampang rusak akan berfungsi untuk mengirim dan menjaga kondisi barang tetap aman sampai di tujuan.

Sedangkan di luar dunia ekspedisi, fungsinya membawa barang untuk berbagai acara dengan lebih praktis dan ekonomis.

Keunggulan Menggunakan Mobil Box

Jika dibandingkan dengan mobil truk tanpa box, yang sebenarnya juga bisa digunakan untuk armada ekspedisi. Mobil dengan bagian belakang tertutup ini, akan lebih banyak keunggulannya seperti:

  • Menjaga Keamanan Barang

Keamanan barang ketika dibawa menggunakan mobil jenis box akan lebih terjaga. Baik dari perubahan cuaca dari hujan ke panas dan sebaliknya, hingga dari tangan usil orang-orang di perjalanan.

Salah satu alasan utamanya, box di bagian belakang mobil memiliki kunci khusus. Jadi setelah barang dibuat, bagian box dikunci dan semua barang tidak akan terlihat dari luar. Kemungkinan jatuh saat berada di jalan yang buruk, juga sangat minim.

  • Ukuran Box Dapat Dipilih

Dari penjelasan berbagai jenis mobil box sebelumnya, Anda bisa memilih mau menggunakan dan membeli mobil ukuran berapa dan dimensi CBM berapa. Dengan begitu, nantinya mobil tersebut bisa benar-benar berfungsi dengan baik untuk pengiriman barang.

  • Kabin Menjadi Lebih Luas

Kalau dibandingkan lagi dengan mobil bak terbuka, kabin dari mobil dilengkapi box ini tentu lebih luas. Bahkan bisa dua kali lipat karena ukuran box lebih besar dari bak terbuka.

Barang yang dimuat, menjadi lebih banyak dan bisa diatur sedemikian rupa sehingga tidak rentan jatuh dan tercecer. Jadi, ketika ingin menyesuaikan fungsi barcode pada kemasan produk dengan barang yang ada di dalam mobil juga akan sangat mudah.

  • Bahan Bakar Lebih Irit

Akan sangat irit bahan bakar, ketika mobil digunakan dengan cara yang benar dan dipakai untuk rute yang jelas. 

  • Mesin Mobil Termasuk Awet

Penggunaan mobil dengan kapasitas sesuai dan telaten dirawat, akan membuat mesinnya tahan sangat lama. Anda hanya perlu membeli sekali saja, untuk penggunaan bertahun-tahun.

Tips Memilih Armada Mobil Box untuk Ekspedisi

Anda mau membeli mobil box? pastikan untuk tahu beberapa tips berikut. Supaya nantinya mobil yang dibeli tidak salah dan bisa berfungsi sesuai yang diinginkan.

  • Apa Guna Mobil Tersebut

Pastikan terlebih dahulu apa guna dari mobil tersebut setelah dibeli, apakah untuk mengirim barang jarak dekat atau jarak jauh. Akan beda jenis yang cocok, jika dipakai di perjalanan dekat dan jauh.

  • Tentukan Kapasitas yang Tepat

Berapa kapasitas maksimal barang, yang bisa ditampung oleh mobil tersebut. Untuk pebisnis ekspedisi baru, mungkin bisa memilih mobil dengan kapasitas standar terlebih dahulu.

  • Berapa Anggaran Pembeliannya

Pastikan juga berapa dana yang Anda miliki untuk membeli kendaraan tersebut, sehingga nantinya bisa dijadikan acuan untuk menentukan mana mobil yang sesuai dan bisa dibeli.

  • Cari Mobil Baru atau Bekas?

Kalau mencari mobil baru, lebih mudah karena pastinya kondisinya baru dan belum pernah digunakan. Tapi, kalau dana terbatas mana Anda bisa memilih versi bekas saja dengan kondisi yang baik.
Tertarik untuk memiliki sebuah mobil box untuk kebutuhan bisnis ekspedisi Anda? Jangan lupa memahami jenisnya terlebih dahulu, lalu ikuti tips saat memilih yang tepat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!