Biar Bisnis Makin Praktis, Ini Manfaat Aplikasi Pembayaran Online

Biar Bisnis Makin Praktis, Ini Manfaat Aplikasi Pembayaran Online
aplikasi pembayan online

Makin hari dunia bisnis semakin kompleks, yang artinya kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi menjadi sangat penting. Kini, aplikasi pembayaran online sudah menjadi tonggak penting dalam dunia bisnis modern.

Misalnya saja, penggunaan dompet digital atau E-Wallet, menurut laporan E-Wallet Industry Outlook 2023 dari Insight Asia via Databoks, terdapat sekitar 74% sudah pernah menggunakan E-Wallet dari 1,300 warga perkotaan yang disurvei.

Hal tersebut menunjukkan, bahwa aplikasi pembayaran online bukan hanya sekadar alat transaksi modern, melainkan jadi peluang besar yang perlu kamu manfaatkan sebagai pebisnis untuk mendapatkan keuntungan lebih. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak di sini.

4 Manfaat Aplikasi Pembayaran Online untuk Bisnis

Kecepatan dan Efisiensi Transaksi

Efficiency is everything, termasuk dalam bisnis yang semakin kompetitif. Proses pembayaran yang dulunya harus memakan waktu berjam-jam, kini bisa diselesaikan dengan cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik, lho.

Artinya, dengan aplikasi pembayaran online, kamu bisa menghemat waktu yang sebelumnya harus terbuang untuk kepentingan lainnya. Dengan hanya beberapa klik, pembayaran bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, cash flow bisnis kamu jadi makin lancar, deh!

Berikut ini ada perbandingan kecepatan antara penggunaan aplikasi pembayaran online vs. metode pembayaran konvensional:

Kriteria Online Konvensional (uang tunai/cek)
Kecepatan Transaksi Transaksi instan, dalam hitungan detik Memerlukan waktu untuk antrian, pengecekan, dan kliring cek
Konfirmasi Transaksi Konfirmasi segera melalui notifikasi atau email Konfirmasi manual, mungkin memerlukan waktu lebih lama
Kemudahan Pengulangan Detail pembayaran tersimpan untuk pembayaran ulang yang cepat Persiapan manual ulang, terutama untuk cek yang habis berlaku
Fleksibilitas Pengguna dapat membayar kapan saja, di mana saja Terbatas pada jam operasional bank atau lokasi fisik

Baca juga: Cash Flow: Definisi, Jenis, Contoh, dan Pentingnya Untuk Bisnis

Pengelolaan Keuangan Jadi Lebih Akurat

Tidak hanya memudahkan transaksi, aplikasi pembayaran online juga biasanya dibekali dengan penyajian data keuangan secara real-time. Kecanggihan ini bisa kamu manfaatkan untuk melacak setiap transaksi dengan detail dan membantu membuat keputusan bisnis berdasarkan informasi yang akurat.

Misalnya, kamu menggunakan berbagai metode pembayaran online dan kamu bisa dengan mudah melihat riwayat pembayaran dari customer-customer kamu. Data ini tidak hanya mencakup tanggal dan jumlah pembayaran, tetapi memberikan gambaran yang jelas tentang tren pembelian, preferensi customer, dan produk atau layanan yang paling diminati.

Dengan informasi tersebut, kami bisa dengan mudah mengidentifikasi pola-pola customer, seperti preferensi produk tertentu pada waktu-waktu tertentu atau kecenderungan membeli dalam jumlah besar pada saat ada promo hingga bisa merencanakan strategi marketing yang lebih efektif.

Customer Experience Menjadi Lebih Baik

cara kerja aplikasi pembayaran online
cara kerja aplikasi pembayaran online

Cara Kerja Aplikasi Pembayaran Online (Sumber: Rapyd.net)

Aplikasi pembayaran online juga bisa lho membuat customer experience menjadi lebih baik, apalagi jika kamu menawarkan terima pembayaran lewat berbagai metode, termasuk kartu transfer bank, kartu kredit, Virtual Account, dan sebagainya.

Hal tersebut karena kamu memberikan kebebasan atau fleksibilitas kepada customer untuk memilih cara pembayaran yang paling nyaman bagi mereka sendiri. Bukan hanya untuk hubungan yang kuat, pengalaman customer juga menjadi peluang kamu mendapatkan ulasan positif dari mereka.

Lebih Aman Dibandingkan Cara Manual

Biasanya, aplikasi pembayaran online dibekali dengan sistem keamanan yang canggih, termasuk enkripsi data, otentikasi dua faktor, dan pemantauan transaksi secara real time. Tentu, hal ini penting demi kepercayaan customer bahwa setiap transaksi dilakukan dengan aman.

Dibandingkan dengan metode pembayaran manual seperti menggunakan uang tunai atau cek, risiko kehilangan selalu ada, terutama dalam situasi yang ramai di tempat-tempat umum atau selama pengiriman barang. 

Baca juga: 6 Aplikasi Pembayaran Digital Terbaik! Bisa Kalian Pakai GRATIS!

Itu dia manfaat aplikasi pembayaran online untuk bisnis kamu. Bukan hanya untuk alat transaksi, aplikasi ini juga menjadi salah satu kunci menuju bisnis yang lebih praktis, efisien, dan tentunya sukses.

Dengan mengintegrasikan teknologi ini ke dalam operasional bisnis kamu, bukan hanya menghemat waktu dan upaya, tetapi juga membuka peluang baru untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis kamu ke depannya

Yuk, jangan biarkan bisnis kamu tertinggal dalam era digital ini. Manfaatkan kecanggihan aplikasi pembayaran online dan coba lihat perubahaan bisnis kamu berkembang dengan pesat di dunia yang semakin terhubung ini.

*Artikel ini hasil kerja sama antara Paper.id dan Biteship

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!