6 Tips Efektif Mengelola Bisnis UMKM agar Cepat Berkembang Pesat

6 Tips Efektif Mengelola Bisnis UMKM agar Cepat Berkembang Pesat

Sama halnya seperti bisnis skala besar dan menengah, bisnis kecil seperti UMKM juga sangat membutuhkan strategi mengelola bisnis yang tepat dan efektif. Pengelolaan yang tepat memegang peran penting terhadap perkembangan bisnis supaya eksistensinya tetap bertahan meskipun modalnya tidak begitu besar. 

Ada banyak sekali orang mendirikan bisnis UMKM di sekitar namun beberapa dari bisnis mereka tidak berkembang dan malah mati. Ini semua karena kurangnya pemahaman tentang strategi pengelolaan bisnis yang tepat. Nah, bagaimana cara supaya bisnis berkembang pesat? Simak sampai habis!

Mengapa UMKM Butuh Strategi Mengelola Bisnis Tepat?

UMKM atau usaha mikro kecil dan menengah membutuhkan cara pengelolaan tepat supaya tetap bertahan di tengah persaingan dagang yang cukup ketat. 

UMKM adalah produk bisnis yang sangat membantu perekonomian masyarakat. Maka dari itu cara pengelolaan yang tepat diharapkan tidak hanya membuat bisnis bertahan, tapi juga memberikan keuntungan besar untuk pelaku bisnis. 

Selain itu, apa saja alasan pentingnya memahami strategi pengelolaan yang tepat? 

1. Bisnis Lebih Punya Arah yang Jelas

Kalau Anda sudah memiliki manajemen bisnis yang tepat, tentu bisnis akan lebih terarahkan dengan baik. Semua kegiatan dalam bisnis baik yang dilakukan oleh pemimpin maupun karyawannya bisa teratur dan tidak menyimpang dari tujuan dan visi misi bisnis. 

2. Lebih Punya Rencana yang Jelas

Segala keputusan termasuk membangun bisnis pasti memerlukan rencana yang jelas dan matang. Rencana yang jelas akan memudahkan Anda melakukan antisipasi jika terjadi kemungkinan buruk dan membuat Anda lebih memahami apa saja yang perlu dilakukan jika sesuatu terjadi. 

3. Kegiatan dalam Bisnis Lebih Terkontrol

Semua kegiatan bisnis yang tidak terpantau dengan baik akan menimbulkan potensi kegagalan. Ini disebabkan adanya kegiatan yang tidak terkontrol dengan baik sehingga bisa membuat kerugian bagi perusahaan, baik itu kerugian kecil ataupun  kerugian besar. 

Oleh karena itu, Anda perlu manajemen pengelolaan yang tepat supaya segala transaksi atau kegiatan lainnya mudah terkontrol, dan kerugian usaha bisa diminimalkan. 

Tips Mengelola Bisnis agar Cepat Berkembang

Setelah tahu mengapa penting mempelajari manajemen bisnis, sekarang begini cara mengelola bisnis yang tepat supaya usaha UMKM Anda bisa bersaing dan mendapatkan keuntungan lebih. 

1. Menyusun Strategi dan Deskripsi Bisnis dengan Jelas

Cara pertama Anda harus menyusun strategi yang tepat dan deskripsi bisnis yang jelas. Ini menjadi tombak awal untuk menentukan sukses atau tidaknya bisnis yang Anda bangun. 

Strategi yang tepat ini secara umum menyasar pada target konsumen, produk, pemasaran, dan pengelolaan keuangan. Jika sudah punya strategi tepat dan mampu menjalankan dengan baik, mulailah menjabarkan deskripsi usaha supaya UMKM punya identitas yang mudah dikenal banyak orang.

2. Buat Produk dan Sasar Target Konsumen yang Tepat

Ada banyak kasus kegagalan dalam berbisnis yang disebabkan oleh produk tidak laku di pasaran sebab salah menentukan target konsumen dan produk yang tepat. 

Pelaku bisnis seperti itu biasanya tidak memperhatikan betul apa kebutuhan konsumen di lapangan sehingga produk yang mereka jual tidak laku. Cara ini tentu bisa merugikan pebisnis serta membuat usaha Anda menjadi pontang panting. 

Oleh karena itu, cobalah membuat sasaran target yang jelas dan keluarkan produk yang memang dibutuhkan konsumen. Lakukan riset mendalam tentang kebutuhan konsumen. Dengan begitu produk UMKM Anda bisa cepat laku dan bisnis berkembang. 

3.  Perhatikan Kualitas dan Kuantitas Produk

Mungkin dalam menjalankan bisnis Anda pernah mengalami dilema antara kualitas atau kuantitas produk yang jadi unggulan. Kebingungan ini biasanya hadir ketika modal yang ada sangat terbatas dan sebagai pemilik bisnis, Anda kesulitan untuk memilih dua-duanya. 

Nah, sekilas dua pilihan itu memang membingungkan. Namun jika Anda pikir baik-baik lagi, meskipun modal sangat terbatas, UMKM yang Anda bangun tetap bisa memprioritaskan keduanya. 

Bagaimana caranya? Cobalah membuat produk dengan jumlah yang cukup banyak, dengan catatan sebelum mengeluarkan produk, Anda harus sudah melakukan riset terlebih dahulu supaya lebih mengenal apa kebutuhan masyarakat.

Setelah produk selesai, buatlah tampilan produk yang berkualitas dan unggul. Maksudnya produk berkualitas ini bukan berarti harus nomor satu pada semua aspek, namun setidaknya ada beberapa aspek yang bisa Anda unggulkan dari produk tersebut. 

Dengan cara itu, pembeli akan lebih tertarik membeli produk karena kualitasnya bagus dan sesuai dengan kebutuhan mereka. 

4. Pelajari Pengelolaan Keuangan yang Benar

Masalah keuangan juga menjadi hal krusial dalam mengelola bisnis. Kalau pengelolaan keuangan UMKM masih belum benar, maka akan sulit mendeteksi keuntungan dan kerugian, serta membuat mitigasi risiko jika bisnis mengalami hal yang tak diinginkan. 

Nah, agar keuangan bisnis terkelola dengan baik, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan, yaitu:

  • Belajar memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Ini penting sekali Anda lakukan supaya keuangan tidak tercampur jadi satu dan membuat bingung saat menyusun laporan keuangan.
  • Membuat anggaran pengeluaran dengan bijak. Usahakan hindari pengeluaran tidak penting bagi kemajuan bisnis. Caranya dengan membuat daftar prioritas kebutuhan serta anggaran yang jelas.
  • Catatlah semua transaksi keuangan bisnis. Anda perlu menyiapkan buku keuangan khusus untuk mencatat setiap transaksi dan aliran keuangan bisnis.
  • Awasi dan kontrol selalu arus kas bisnis.
  • Sediakan dana cadangan/darurat untuk persiapan jika seandainya ada apa-apa pada bisnis Anda. Dana darurat ini akan sangat membantu untuk mengurangi dampak dari masalah yang datang tak terduga. 

5. Perhatikan Strategi Pemasaran

Jika Anda memiliki produk bagus dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat namun pemasarannya kurang bagus, maka kemungkinan besar produk akan susah laku keras. Oleh karena itu penting sekali memperhatikan strategi pemasarannya. 

Strategi pemasaran yang tepat tidak hanya memberikan pengaruh besar terhadap brand awareness, namun juga membuat konsumen mengerti kualitas produk dan meluaskan jangkauan pasar. 

Nah, dari sini Anda bisa menggunakan media sosial untuk pemasaran efektif. Karena media sosial saat ini sangat berpengaruh besar terhadap meningkatnya perkembangan bisnis. 

6. Fokus dan Disiplin Menjalankan Strategi

Kunci sukses sebuah bisnis dan semua usaha lainnya adalah fokus dan disiplin. Meski terlihat mudah, namun nyatanya menerapkan kedua poin ini terbilang sulit. Ini karena terkadang masih tergoda untuk berleha-leha atau tidak fokus dengan apa yang sedang Anda usahakan. 

Baca Juga: Trusted Seller: Tips Menjadi Penjual Terpercaya

Sudah Tahu Cara Mengelola Bisnis yang Efektif Ini?

Itulah beberapa tips tentang cara mengelola bisnis yang efektif. Cobalah menerapkan satu per satu secara konsisten supaya bisnis UMKM yang sudah berdiri semakin berkembang pesat. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!