Mengenal Truk Engkel dan Keunggulannya dalam Membawa Muatan

Mengenal Truk Engkel dan Keunggulannya dalam Membawa Muatan

Truk kerap disebut sebagai siput jalanan karena memiliki laju yang sangat lambat. Padahal, perannya begitu penting untuk segala macam kebutuhan logistik di masyarakat. Truk sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan bobot muatan yang dibawa, salah satunya adalah truk engkel.

Jenis truk ini umumnya digunakan untuk membawa beban yang tidak begitu berat. Selain itu, banyak sekali kelebihan yang ditawarkan untuk mendukung proses dalam distribusi barang. Kelebihan inilah yang membuat populer di kalangan para pengguna truk.

Mengenal Truk Engkel

Truk Colt Diesel Engkel (CDE) atau yang biasa disebut truk engkel menjadi jenis truk yang paling populer di Indonesia. Jenis truk yang satu ini dijual dengan berbagai macam dan mempunyai konfigurasi dua sumbu roda.

Pemberian nama truk colt diesel engkel awalnya hanya digunakan untuk truk ringan yang memiliki sepasang as roda di bagian belakang. Tapi sekarang ini, pengertiannya sudah meluas untuk truk medium yang mempunyai konfigurasi dua as roda.

Bagi yang sudah tahu bentuk mobil elf yang biasa digunakan sebagai kendaraan travel, seperti inilah bentuk truk CDE yang sesungguhnya. Tapi, engkel telah digeneralisir untuk penyebutan truk yang memiliki dua as roda.

Truk CDE mampu mengangkut muatan besar hingga mencapai 2 ton. Ukuran box umumnya memiliki ukuran lebar 170 cm, panjang 350 cm, dan tingginya 160 cm. Kapasitas kubikasi atau volume yang bisa dimuat dalam truk ini mencapai 7 sampai 9 cbm per kubik.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Logistik

Kelebihan dari Truk Engkel

Dalam penggunaannya, truk CDE menawarkan banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis truk lainnya. Inilah berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh truk Colt Diesel Engkel untuk membawa muatan:

  • Dapat Menjangkau Jalanan Kecil

Ukuran truk CDE terbilang sangat kecil sehingga membuatnya mampu menjangkau pengiriman yang memiliki akses jalanan sempit. Seperti misalnya jalanan di area perkampungan atau perumahan. Penggunaannya lebih banyak untuk pengiriman berbagai barang retail atau pindahan kantor dan rumah.

Seperti yang diketahui, bahwa truk besar umumnya mengalami berbagai kendala seperti ranting pohon, kabel listrik, dan lain sebagainya. Namun, dengan truk ini maka bisa terhindar dari berbagai masalah tersebut. Ini karena memang tingginya mencapai 160 cm yang dapat melintasi jalanan tanpa khawatir.

  • Mampu Memuat Barang Mencapai 2 Ton

Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tapi nyatanya truk ini mampu membawa muatan mencapai 2 ton. Hal ini biasa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pebisnis retail ketika ingin mengirim barang.

Sebelum barang dikirim menggunakan truk ini, akan dibuat surat delivery order terlebih dahulu. Delivery order adalah dokumen yang berguna sebagai perintah untuk menyerahkan barang atau produk yang sudah dipesan oleh pembeli.

Selain itu jika dibandingkan dengan L300 atau Gran Max, truk ini lebih banyak digunakan sebagai kendaraan untuk mengangkut barang. Dilihat dari segi tonasi untuk truk Gran Max hanya mampu mengangkut muatan 700 sampai 900 kg, sedangkan L300 mampu membawa muatan 900 sampai 120 kg.

  • Terbebas dari Larangan Jam

Aturan dari Kementerian Perhubungan mengenai jam operasional truk, truk golongan II ke atas diperbolehkan beroperasi mulai pukul 22.00 hingga 05.00 WIB. Hal ini berarti, truk golongan tersebut tidak boleh beroperasi dalam kota pada pukul 05.01 hingga 21.59.

Jika ada truk yang beroperasi di jam tersebut, maka dianggap melanggar peraturan lalu lintas. Namun, peraturan tersebut tidak berlaku untuk truk engkel. Dimana kendaraan ini termasuk golongan I sehingga dibebaskan untuk melintas kapan saja dalam kota.

Tak hanya terbebas dari larangan jam saja, jenis truk engkel ini juga bebas melewati jalan tol. Namun peraturan ini hanya diberikan khusus untuk wilayah Jakarta, dimana truk golongan II dilarang keras melewati tol dalam kota.

  • Memiliki Kargo yang Luas

Truk ini mempunyai kubikasi 9 cbm/kubik sehingga mampu membuatnya membawa muatan lebih banyak ketimbang truk 4 roda yang lainnya. Ukuran box yang dimiliki juga lebih besar sehingga truk ini bisa dijadikan sebagai andalan dalam mengirim barang baik di dalam ataupun di luar kota.

Baca Juga: Macam-Macam Mobil Box Dan Fungsinya

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Truk Engkel

Sebelum mengirim barang dengan truk colt diesel engkel, ada beberapa hal yang penting diperhatikan supaya lancar dan selamat sampai tujuan. Beberapa hal penting yang dimaksud tersebut adalah seperti berikut ini:

  • Berat Muatan Barang

Pertama pastikan terlebih dahulu bahwa muatan barang tidak melebih kapasitas truk, yakni 2 ton. Tapi pada kenyataannya, banyak yang melanggar ketentuan dalam membawa barang muatan yang terlalu banyak atau overload.

Bahkan, banyak yang menggunakan truk ini untuk membawa muatan mencapai 3 ton. Jika dipaksakan, akan membuat mesin bekerja lebih ekstra sehingga membuatnya tidak awet dan bahkan berbahaya untuk penumpang.

Maka dari itu, jika ingin lebih aman sebaiknya ganti dengan jenis truk yang lainnya. Truk tersebut tentu harus memiliki ukuran yang lebih besar, misalnya truk 6 roda dan lain sebagainya.

  • Lokasi Muat atau Membokar Barang

Sebelum memulai pengiriman, sangat disarankan untuk memastikan lebih dulu mengenai lokasi muat dan bongkar barang yang ingin dituju. Tujuannya supaya perjalanan yang dilakukan menjadi lebih lancar dan terhindar dari risiko keterlambatan.

Hal ini penting sekali untuk dilakukan, sebab banyak sekali lokasi perkampungan ataupun perkotaan yang memiliki portal jalan. Portal jalan inilah yang nantinya dapat menghalangi akses truk engkel untuk lewat.

  • Kubikasi Muatan atau Barang

Kubikasi barang yang ingin dikirim harus sesuai spesifikasi truk, yakni kubikasi 9 cbm. Barang yang ingin dikirim tidak boleh melebihi panjang box yang mencapai 350 cm, tinggi 160 cm, dan lebar 170 cm.

Jika ada salah satu ukuran barang yang melebih panjang, tinggi, atau lebar truk, maka pengiriman tidak bisa dilakukan. Kelebihan ukuran barang yang dibawa hanya akan mengganggu perjalanan. Namun jika tetap ingin melakukan pengiriman, sebaiknya ganti terlebih dahulu dengan jenis truk yang lebih besar.

Truk engkel pada dasarnya menawarkan banyak keunggulan ketimbang jenis truk lainnya. Meskipun ukurannya kecil, tapi sudah mampu dibawa untuk mengangkut barang mencapai 2 ton. Penggunaannya juga terbebas dari larangan jam sehingga proses pengiriman barang bisa lebih lancar.

Baca Juga: Ekspedisi Pengiriman Ke Luar Negeri Terbaik

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!