Omnichannel Marketplace, Solusi dari Bisnis yang Sukses?

Omnichannel Marketplace, Solusi dari Bisnis yang Sukses?
omnichannel marketplace

Menjalankan bisnis tentu tidak mungkin selamanya mulus. Tapi, bagaimana jika calon konsumen tetap tidak tertarik dengan bisnis Anda walau sudah lakukan banyak cara? Anda harus mulai menerapkan strategi omnichannel marketplace. Apa saja manfaatnya? Yuk, cari tahu ulasan lengkapnya lewat artikel berikut!

Penjelasan Omnichannel Marketplace

Perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah perilaku konsumen dalam transaksi jual beli. Mereka mulai beralih pada kenyamanan yang ditawarkan oleh platform daring ketimbang mendatangi toko fisik. Perubahan ini pun menuntut pengusaha untuk memutar otak supaya bisnis masih tetap bisa berjalan. 

Nah, salah satu strategi paling mutakhir dan efektif adalah omnichannel marketplace. Omni sendiri berarti semua atau perpaduan, sedangkan channel adalah metode untuk mengajak penggunanya memanfaatkan metode pemasaran daring dan offline secara berkesinambungan. 

Selain mengikuti zaman, presensi atau kehadiran sebuah brand di dalam pasar pun tetap kuat dan mampu menjangkau para calon konsumen di lingkup nasional bahkan internasional dengan strategi ini. Tentu, bisnis bisa berkembang dan mendapat keuntungan lebih dibandingkan hanya bergantung pada penjualan offline saja.

Namun, memberikan pengalaman konsumen dalam transaksi jual beli yang memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan tidaklah mudah. Anda perlu menginvestasikan waktu dan usaha supaya pengalaman konsumen serupa layaknya datang ke toko fisik. 

Manfaat Omnichannel Marketplace

Meskipun ada beberapa tantangan dalam memaksimalkan strategi ini, tidak sedikit manfaat-manfaat yang bisa Anda terima jika mengaplikasikannya. Apa saja? Berikut beberapa manfaatnya. 

Meningkatnya Kepuasan Konsumen

Jika kenyaman para konsumen maksimal, kesempatan untuk mereka membeli produk atau layanan Anda akan lebih tinggi. Mereka dapat melakukan transaksi jual beli tanpa harus dibatasi dengan perangkat, teknologi dan metode yang terlalu spesifik, melainkan sesuai dengan preferensi platform mereka. 

Selain itu, jika ada permasalahan yang terjadi, konsumen akan lebih menghemat waktu dan energi dengan menghubungi customer service sesuai dengan keinginan mereka. Ini jauh lebih baik dibandingkan harus mendatangi toko offline hanya untuk menyampaikan keluhan. 

Memperluas Jangkauan Pasar Bisnis

Jangkauan pasar bisnis Anda jadi terbatas jika hanya bergantung pada toko offline. Padahal, para peminat produk atau layanan Anda mungkin berada di lokasi yang berbeda dari toko fisik. Namun, strategi omnichannel marketplace akan memungkinkan Anda untuk menggapai para calon konsumen berpotensial. 

Keuntungan Menjadi Berlipat Ganda

Bisnis dengan lingkup pasar lebih luas tentu akan menguntungkan Anda. Para konsumen akan mendapat kemudahan untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan tanpa harus mendatangi lokasi di mana bisnis berada. Selain itu, pembelian ulang akan lebih cepat terjadi sehingga keuntungan Anda pun berlipat.

Consumer Experience yang Memuaskan

Consumer experience (pengalaman konsumen dalam transaksi jual beli) merupakan salah satu faktor penentu closing atau terjadinya pembelian dari pembeli. Pengalaman ini harus benar-benar menarik dan mengikat, sehingga retensi para calon pembeli bisa tinggi.

Tentu, Anda butuh bantuan dari beberapa ahli untuk membangun tampilan produk atau layanan supaya serupa layaknya para konsumen berbelanja di toko fisik. Sebagai contoh, toko daring Adidas menawarkan fitur zoom pada setiap produk sehingga para peminat dapat melihat sepatu-sepatu dengan lebih detail. 

Meminimalisir Persediaan yang Stagnan

Terkadang persediaan produk-produk terdiam di gudang karena lambatnya arus pembelian bisnis. Namun, Anda dapat menyalurkan dan menawarkan stok yang tersedia ke berbagai platform dengan strategi omnichannel marketplace sehingga pengeluaran penyimpanan bisa berkurang.

Branding Menjadi Lebih Kohesif dan Efektif

Menghadirkan serta memperkuat kehadiran merek bisnis di mata para konsumen merupakan hal yang tidak mudah dilakukan, apalagi jika hanya bergantung pada toko offline. Pasar pun akan sulit atau membutuhkan waktu lama untuk mengidentifikasi presence dari produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Namun, strategi satu ini akan memungkinkan Anda untuk memperkenalkan bisnis dan mempererat hubungan brand dengan para konsumen. Sehingga, loyalitas terhadap merek bisnis Anda lebih mungkin untuk terjadi. 

Menentukan Harga Tanpa Khawatir Tidak Dibeli

Loyalitas para konsumen sangatlah berharga. Karena jika ada loyalitas mereka tidak akan ragu untuk membeli produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan meskipun lebih mahal daripada merek-merek lain yang menawarkan produk serupa. 

Oleh karena itu, selama Anda menawarkan kualitas serta mutu tinggi, penentuan harga tidak perlu dipusingkan. Tentu saja, poten untuk mendapatkan keuntungan pun akan terjamin.

Baca juga: Cara Memilih Aplikasi Omnichannel Marketplace untuk Bisnis Online

Rekomendasi Omnichannel Marketplace

Ingin memulai untuk menggunakan strategi ini tapi bingung harus pilih platform yang mana? Nah, berikut adalah beberapa platform omnichannel yang bersahabat dengan pemula dan wajib untuk Anda pertimbangkan.

Jubelio

Jubelio adalah salah satu platform unggul di Indonesia yang menawarkan berbagai fitur menarik serta memudahkan para pelaku bisnis dalam mengelola usaha. Lewat sistem yang sudah terintegrasi, Jubelio akan membantu Anda mengatur persediaan barang, memantau pembaharuan stok otomatis, sampai menangani pengiriman. 

Forstok

Forstok merupakan pilihan tepat jika Anda ingin meningkatkan penjualan bisnis. Karena sistemnya juga sudah terintegrasi, platform ini memungkinkan Anda memantau stok yang paling update secara otomatis.

Selain itu, Forstok dapat mengatur pemesanan setiap konsumen dengan praktis dan memberikan kesempatan untuk Anda memperluas bisnis tanpa repot. 

Magento

Reputasi Magento sebagai sarana untuk menerapkan strategi omnichannel marketplace terkemuka memang tak bisa Anda pandang sebelah mata. Platform open-source yang pernah bernaung di bawah eBay ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan customer experience saat mengoperasikan bisnis. 

Big Commerce 

BigCommerce adalah platform populer lainnya yang menawarkan fitur-fitur menarik untuk memenuhi kebutuhan operasional bisnis online. Anda bahkan bisa membuat website dengan mudah dan sudah tersedia keranjang belanja. Tentu dengan bagian review produk dan berbagai pilihan untuk pembayaran pembelian para konsumen. 

Baca juga: Strategi Omnichannel dalam Bisnis yang Efektif dan Efisien

Biteship Bermitra dengan Jubelio dan Forstok!

Aggregator logistik terkini satu ini juga telah melebarkan sayapnya dengan bekerja sama dengan platform omnichannel marketplace terbaik, yaitu Jubelio dan Forstok. Sehingga, Biteship dapat menghubungkan berbagai marketplace dengan gudangnya.

Tentu saja, kerja sama ini juga bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan serta kemudahan para pelaku bisnis dalam mengelola usaha. Karena dengan Biteship, manajemen dan pengelolaan stok barang menjadi lebih terintegrasi.

Biteship pun mempunyai fitur layanan menarik demi kelancaran pengiriman produk-produk Anda. Contohnya seperti tracking system untuk tarif dan lokasi pengiriman barang, serta kerja sama dengan jasa-jasa pengiriman populer yang bisa konsumen pilih sesuai kebutuhan.

Sudah Tidak Sabar Menjadi Pebisnis Sukses?

Keadaan bisnis yang stagnan tentunya memusingkan. Akan tetapi, omnichannel marketplace bisa jadi jalan keluar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih serta memperkuat branding merek di mata para konsumen. Tentu saja, pengelolaan bisnis Anda akan jadi jauh lebih mudah jika bekerja sama dengan Biteship.com!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!