Customer Relationship Adalah Penentu Berkembangnya Bisnis, Apa Artinya?

Setiap pemilik bisnis harus tahu dan menerapkan customer relationship. Sebab, customer relationship adalah kiat penting yang berhubungan dengan customer, pelanggan atau klien yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan bisnis. 

Jadi para pemilik bisnis sebaiknya tidak selalu fokus dengan mengembangkan produk walaupun ini penting. Mereka juga harus membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan para pelanggan sebagai pengguna produk yang dikembangkan. Lalu apa itu customer relationship sebenarnya?

Customer Relationship Adalah Bagian Strategi Pemasaran

Customer relationship bisa dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran terbaik. Dalam hal ini, bisnis akan berupaya mempertahankan pelanggan serta mengelola mereka supaya tidak enggan untuk melakukan pembelian berulang dan juga tidak beralih pada kompetitor. 

Dalam kalimat yang lain, customer relationship adalah upaya untuk mempertahankan customer yang salah satunya dilakukan dengan membangun hubungan yang baik dengan mereka, dengan harapan mereka akan melakukan pembelian kembali di waktu yang akan datang. 

Pelanggan yang berpotensi melakukan repeat order seperti ini adalah pelanggan yang dikelola dengan maksimal. Hal-hal seperti ini yang juga dapat mendorong bisnis memperoleh keuntungan maksimal. Apabila hal seperti ini sampai terjadi, artinya bisnis juga sudah dikelola dengan baik. 

Fungsi dan Peran Customer Relationship 

Pemilik bisnis memang harus tahu banyak hal, termasuk salah satunya funding. Funding adalah pengumpulan dana melalui berbagai kegiatan dan biasanya dilakukan oleh perusahaan atau lembaga keuangan. Namun selain funding, harus tahu juga bagaimana customer relationship itu. 

Pengetahuan seperti ini sangat diperlukan karena memang istilah ini memiliki banyak fungsi untuk bisnis, antara lain. 

  1. Menghasilkan Peluang yang Lebih Besar

Salah satu hal yang membuat customer relationship begitu penting adalah karena customer relationship itu bisa menghasilkan peluang yang lebih besar. Bagaimana tidak, strategi ini akan membantu bisnis mengembangkan produk baru, mendapatkan pasar baru bahkan model bisnis baru. 

Tidak hanya itu, strategi customer relationship juga memungkinkan bisnis untuk dapat memahami data eksternal. Data eksternal ini nantinya akan berguna untuk melakukan identifikasi terhadap tren pembelian, demografi, dan hal-hal lainnya yang masih belum diketahui. 

Semua kombinasi tersebut dapat mengantarkan bisnis untuk mendapatkan peluang yang lebih besar lagi untuk berkembang. 

  1. Meningkatkan Penjualan

Customer relationship juga dapat meningkatkan penjualan. Sebab, melalui strategi ini, pemilik bisnis bisa melakukan analisis terhadap data yang diperoleh melalui saluran penjualan guna mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan baik itu di masa sekarang ataupun yang akan datang. 

Dengan memiliki informasi tersebut, perusahaan tentu lebih mudah menyediakan produk yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Lalu, dengan pelanggan yang melihat bahwa hanya perusahaan inilah yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, sudah tentu mereka akan melakukan pembelian produk.

  1. Biaya yang Lebih Terjangkau

Customer relationship bisa memberikan data secara realtime. Data-data yang terkumpul ini bisa langsung dikelola dan dianalisis sehingga perusahaan tidak perlu lagi bergantung dengan metode analisis konsumen yang konvensional. 

Memang hal ini masih mungkin untuk dilakukan. Namun, metode konvensional umumnya biayanya lebih mahal dan juga kurang akurat, berbeda dengan strategi customer relationship yang biayanya lebih terjangkau.

  1. Lebih Fleksibel

Lebih lanjut lagi, customer relationship lebih fleksibel. Customer relationship ini bukan mengenai menciptakan kembali hubungan dengan pelanggan. Namun lebih mengarah ke mengintegrasikannya dengan model yang telah ada dengan seoptimal mungkin. 

Dengan cara seperti ini, perusahaan tentunya lebih bisa menjawab kebutuhan dan keperluan konsumen dari kalangan mana saja. Apalagi kalau perusahaan tersebut bersifat terbuka terhadap tren belanja online yang banyak digunakan oleh masyarakat masa kini. 

  1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Tidak jarang pelanggan mengajukan kelujan terhadap sebuah bisnis. Keluhan ini biasanya muncul karena kebutuhan serta keinginan mereka yang tidak terpenuhi serta tidak ditangani dengan baik. 

Dengan menerapkan customer relationship, hubungan antara perusahaan dengan pelanggan bisa lebih intim. Dengan hubungan ini, pihak perusahaan memiliki peluang lebih besar untuk bisa memahami apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan tersebut. 

Data atau jawaban yang diberikan oleh pelanggan tadi bisa dijadikan bahan evaluasi untuk mengembangkan produk dengan tujuan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Cara Membangun Customer Relationship yang Baik

Sudah seharusnya pemilik bisnis menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama dan membangun hubungan yang baik dengan mereka adalah hal yang harus dilakukan. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membangun customer relationship yang baik itu?

  1. Tingkatkan Komunikasi dengan Pelanggan

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membangun customer relationship yang baik ialah dengan meningkatkan komunikasi dengan mereka. Tentunya, pada saat Anda melakukan komunikasi dengan pelanggan, Anda harus menjangkau mereka melalui saluran yang disukai oleh mereka. 

Dengan demikian, Anda memang memerlukan sistem yang dapat mempermudah bisnis berkomunikasi dengan pelanggan dari aneka macam saluran komunikasi yang dimiliki oleh bisnis Anda. 

  1. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Memang, cara paling penting untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan ialah dengan memberikan mereka pelayanan terbaik yang bisa diberikan oleh bisnis Anda. Tidak peduli sesepele apapun pelayanan itu, tetap utamakan kepuasan mereka. 

Misalnya dengan membalas pesan yang mereka kirimkan secepat mungkin, memberikan mereka jawaban atas pertanyaan yang diajukan, memberikan solusi terbaik saat mereka kebingungan dan tentunya semuanya harus dilakukan dengan gestur tubuh dan tutur kata yang sopan. 

  1. Berikan Hadiah Kepada Mereka yang Setia Menggunakan Produk

Penting disadari bahwasanya pelanggan tetap itu sudah menghabiskan lebih banyak uang dibandingkan dengan pelanggan baru. Jadi, usahakan untuk Anda membuat program loyalitas terhadap pelanggan tetap ini, salah satu contohnya adalah dengan memberikan mereka hadiah. 

Anda tidak akan rugi hanya karena mengeluarkan sedikit dana untuk mereka. Sebaliknya, pendapatan bisnis tetap berpotensi masih akan terus meningkat secara signifikan. Sebab, kiat ini akan membuat mereka merasa dihargai sebagai pelanggan. 

Bahkan tidak menutup kemungkinan dengan melakukan hal ini, mereka terdorong untuk melakukan pembelian lebih banyak lagi. Contoh hadiah yang bisa ditawarkan seperti voucher diskon atau mengadakan acara gasthering bersama mereka juga boleh. 

  1. Selalu Terhubungan Dengan Pelanggan

Hubungan itu adalah sesuatu yang perlu dijaga, termasuk hubungan dengan pelanggan. Oleh sebab itu, usahakan agar Anda selalu terhubungan dengan mereka. Misalnya dengan mengirimkan mereka kartu ucapan selamat hari nasional, hamper hari raya atau bahkan email seputar produk dan diskon terbaru. 
Customer relationship adalah strategi pemasaran yang memang sudah terbuki manfaatnya. Strategi ini memperlebar peluang bisnis untuk berkembang bahkan dapat menciptakan loyalitas di dalam benak mereka sehingga mereka tidak akan beralih ke kompetitor.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!