Checker Gudang: Berikut Pengertian dan Tugasnya

Checker Gudang: Berikut Pengertian dan Tugasnya
Checker gudang adalah

Dalam sebuah perusahaan, apapun niche bisnisnya, pasti mempunyai gudang untuk menyimpan pasokan barang. Adapun orang yang bertanggung jawab dalam menjaga dan mengelola gudang disebut checker gudang. Checker gudang adalah orang yang penting dalam sebuah perusahaan. 

Pekerjaan sebagai checker gudang sepenuhnya bertanggung jawab dalam mengoperasionalisasikan bagian gudang produksi. Lalu apa saja yang menjadi tanggung jawab dari seorang checker gudang dan bagaimana cara kerjanya? 

Pengertian Checker Gudang

Apa yang dimaksud dengan checker gudang? Checker gudang adalah orang yang bertanggung jawab untuk menimbang, mengukur, dan memeriksa bahan di gudang. 

Pekerjaan ini juga mengharuskan checker gudang untuk mengawasi gudang, memeriksa kualitas produk, menyimpan dan mengirimkan produk ke pelanggan.  

Tugas checker gudang juga menggunakan timbangan industri untuk bahan curah, mengumpulkan data pengukuran bahan, dan mencatat sampel bahan seperti yang diarahkan oleh supervisor gudang. 

Adapun secara umum tanggung jawab dari seorang checker atau helper gudang adalah memeriksa seluruh barang yang tersedia di gudang dalam sebuah perusahaan. Bukan hanya itu saja, checker gudang juga punya tugas lain yang ada kaitannya dengan operasional gudang.

Untuk menjalankan tanggung jawab yang dibebankan kepada, checker gudang, maka diperlukan berbagai macam skill untuk menunjang kinerjanya, yakni:

1. Kemampuan untuk Berpikir Kritis

Seorang checker gudang perlu untuk memiliki kemampuan dalam berpikir kritis agar bisa memecahkan masalah. Dalam mengelola operasionalisasi gudang, tentu saja akan ada masalah atau kendala yang mengiringi, di situlah checker gudang dituntut untuk bisa berpikir kritis.

Seorang checker gudang setidaknya perlu untuk mengatasi berbagai macam masalah yang dimiliki selama menangani berbagai macam operasionalisasi gudang. 

2. Keterampilan Komunikasi

Skill yang perlu dimiliki oleh checker gudang selanjutnya adalah komunikasi. Memiliki skill komunikatif terbilang penting untuk dimiliki oleh setiap divisi pekerjaan apapun, termasuk juga dengan checker gudang.

Ketika checker gudang punya keterampilan komunikasi yang bagus, maka ia bisa mengkomunikasikan pesan dengan cara yang lebih efisien baik pada rekan kerja maupun atasannya. 

Baik berkomunikasi secara langsung maupun tertulis, checker gudang dituntut untuk memiliki keduanya secara bersamaan untuk menunjang kinerjanya. 

3. Bisa Berkolaborasi dalam Tim

Dalam menjalankan proses operasionalisasi gudang, maka checker pastinya akan selalu berhubungan dengan berbagai pihak. Maka dari itu, seorang checker gudang juga perlu memiliki skill untuk bisa berkolaborasi dengan tim. 

Ketika checker gudang punya kemampuan untuk berkolaborasi dengan rekan kerjanya, maka segala macam proses kerja yang dimiliki bersama tim pastinya akan berjalan dengan  lebih optimal. Artinya, semua proses operasionalisasi dalam perusahaan akan berlangsung dengan efektif dan juga efisien. 

4. Memiliki Kemampuan Analisis dengan Baik                           

Kemampuan lain yang perlu untuk checker gudang miliki selanjutnya adalah bisa menganalisis sesuatu dengan tepat. Mengapa skill ini sangat penting dan diperlukan? 

Sebab proses operasionalisasi yang terjadi di gudang bisa mengalami berbagai kendala dan terjadi banyak perubahan sistem. Nah, dalam menghadapi kendala dan perubahan tersebut, maka kemampuan menganalisis seorang checker gudang ini sangatlah diperlukan.

Ketika checker gudang punya skill analisis yang bagus, maka segala macam kendala bisa ditangani dengan tepat dan pekerjaan yang dihasilkan berjalan dengan maksimal. Tidak heran jika gaji checker gudang lumayan besar karena skill yang dibutuhkan juga banyak.

5. Punya Pengetahuan dalam Mengoperasikan Sistem Gudang

Saat ini, gudang dalam perusahaan manapun memiliki sistem operasionalisasi yang tidak lagi dijalankan secara manual. 

Hampir semua perusahaan terutama dalam skala besar sudah menggunakan banyak tools atau teknologi canggih dalam sistem pergudangan agar semuanya menjadi lebih praktis.

Oleh sebab itu, checker gudang juga dituntut untuk punya kemampuan yang bagus dalam menangani sistem operasi gudang. Berapa gaji checker gudang? Rata-rata gaji untuk pekerjaan ini bisa mencapai angka 4 jutaan rupiah. Cukup fantastis bukan gaji checker warehouse?

Baca Juga: Cara Manajemen Stok Barang untuk Bisnis Anda

Apa Saja Tugas Checker Gudang?

Setelah tahu checker gudang merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan sistem warehouse dalam sebuah perusahaan, inilah sejumlah tugas yang umumnya dimiliki dan dijalankan:

1. Melakukan Manajemen Inventaris

Apa saja pekerjaan checker gudang? Pekerjaan yang harus dimiliki oleh seorang checker gudang sendiri adalah harus mengelola inventaris yang ada di dalam gudang. 

Sebagai pekerjaan utamanya menjaga gudang maka warehouse checker harus selalu mengecek dengan detail segala macam stok barang yang dimiliki di dalam warehouse.

Ia juga dituntut untuk perlu memahami bagaimana dan seperti apa jalur keluar masuk stok produk dan barang yang ada beserta sisanya. 

2. Menjaga Kualitas dari Stok Barang

Selain memiliki tanggung jawab dalam memeriksa dan mengelola berbagai macam stok barang, seorang checker gudang juga memiliki tugas untuk menjaga dengan baik kualitas inventaris yang dimiliki oleh gudang perusahaan tersebut. 

Seorang checker gudang juga perlu memastikan bahwa seluruh barang yang keluar dan juga masuk dari atau ke gudang benar-benar terjaga kualitasnya. 

Checker gudang adalah pekerjaan yang menuntut ketelitian. Ia harus teliti dan sepenuhnya bertanggung jawab pada stok barang yang ada di gudang supaya tidak mudah rusak dan berujung pada kerugian perusahaan.

3. Membuat Laporan Pengelolaan Gudang

Tanggung jawab dan tugas terakhir yang dimiliki oleh seorang checker gudang yang terakhir adalah membuat laporan stok. Jadi, setiap kali checker gudang memeriksa stok dan inventaris yang ada di gudang, maka ia harus menyusun laporannya sesuai dengan hasil pengecekan. 

Laporan yang disusun juga harus detail dan akurat berisikan penjelasan mengenai semua agenda kerja yang ia jalankan selama memeriksa gudang.

Checker gudang juga perlu mengetahui berapa total barang yang keluar dan masuknya di gudang dengan penjelasan yang mendetail. 

Melalui laporan yang disusun oleh checker gudang itulah, maka pihak manajemen inventaris beserta dengan jajaran tim lainnya di dalam perusahaan akan terbantu. 

Melalui laporan yang akurat juga, maka bisnis pun juga bisa mengambil keputusan apakah perlu mengambil stok barang lagi atau tidak. Perusahaan jadi bisa menyusun jadwal pengisian ulang stok dari supplier ataupun vendor. 

Tempat penyimpanan yang tersedia di dalam gudang juga bisa seimbang. Artinya, gudang tidak akan terlalu penuh namun juga tidak terlalu luang ruangnya sehingga perusahaan lebih mudah dalam mengelola inventaris yang ada. 

Baca Juga: Mengenal Manajemen Inventory, Fungsi, Tujuan dan Manfaat

Bagaimana Cara Kerja Checker Gudang?

Pada dasarnya cara kerja checker gudang sendiri tidak jauh berbeda dengan tanggung jawab dan tugas utama yang sudah dijabarkan sebelumnya. Berikut adalah cara kerja yang dimiliki oleh seorang checker gudang:

1. Menerima produk, bahan baku atau barang lain yang relevan dari supplier sesuai jumlah dalam dokumen tanpa merusak produk.

2. Menyimpan produk yang diterima dari supplier di area gudang yang ditunjuk berdasarkan kategori produk.

3. Menghitung dan periksa stok, inventaris, dan memeriksa kualitas produk secara detail di gudang.

4. Mengawasi penyiapan produk untuk pengisian karyawan perusahaan dan perwakilan perusahaan.

5. Berkoordinasi dengan supplier dan vendor untuk mendukung pengiriman tanda terima produk.

6. Mengelola dengan baik semua produk di gudang dan melakukan tugas yang diberikan oleh supervisor.

Baca Juga: Stock Opname Adalah: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Cara Pelaksanaan

Checker gudang adalah pekerjaan yang memang membutuhkan ketelitian dalam mengelola dan menjaga kualitas stok. Diperlukan ketelitian untuk bisa bekerja di bidang ini mengingat tugas kerja utamanya yang begitu besar.

Eksplor mengenai layanan gudang dan fulfillment Biteship dengan kontak tim biteship atau langsung jadwalkan pertemuan dengan klik link di bawah ini

Kontak Tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut: 

Jadwalkan Pertemuan 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!