Mengenal Estimated Time Departure Dalam Dunia Logistik

Mengenal Estimated Time Departure Dalam Dunia Logistik
etd adalah

Bagi masyarakat awam, istilah Estimated Time Departure atau ETD mungkin masih asing. Namun istilah ETD ini sudah familiar bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia logistik atau pengiriman. Istilah ini memang sering dipakai dalam dunia ekspedisi pengiriman. 

Orang-orang yang akan atau sedang bekerja di bidang ekspedisi, sudah seharusnya tahu apa itu Estimated Time Departure. Istilah lain yang juga berkaitan dengan ETD ini adalah ETA atau Estimated Time Arrival yang merupakan kebaikan dari ETD. 

Definisi Estimated Time Departure Menurut Bahasa

Sebelum membahas definisi ETD, perlu diketahui bahwa istilah ETD ini biasanya memang digunakan dalam dunia logistik atau ekspedisi pengiriman. Namun selain itu istilah ini juga kerap digunakan dalam dunia penerbangan. 

Agar tidak salah dalam penggunaannya, maka sangat penting untuk mengetahui makna ETD dalam dunia logistik. Jika diartikan secara bahasa, ETD memiliki arti perkiraan waktu keberangkatan penerbangan. Istilah ini berasal dari bahasa Inggris, yaitu Estimated Time of Departure. 

Untuk memahami makna yang sebenarnya, tidak cukup bagi Anda hanya mengetahui arti secara bahasa saja. Anda perlu tahu juga makna secara istilahnya sehingga dalam penggunaannya nanti bisa sesuai dengan situasi dan kondisi. 

Arti Estimated Time of Departure Secara Istilah

Secara istilah, Estimated Time Departure ini punya makna perkiraan waktu yang ditetapkan untuk keberangkatan barang yang akan dikirim ke alamat tujuan. Penerapan istilah ini umumnya berupa waktu atau tanggal perkiraan barang dikirim. 

Informasi terkait perkiraan waktu pengiriman ini sangat penting bagi pihak pengirim yang terkait. Jika sudah mengetahui ETD-nya, maka biasanya pihak terkait bisa memutuskan langkah kelanjutan dari kegiatan pengiriman barang tersebut. 

Estimasi keberangkatan paket pengiriman ini bisa diminat secara langsung oleh pihak yang mengirim paket, namun juga bisa secara otomatis diberikan oleh pihak kurir kepada pihak yang mengirim. 

Mengenal Perbedaan ETD dan ETA

Pada pembahasan awal, telah disinggung sekilas tentang keterkaitan istilah ETD dan ETA (Estimated Time Arrival). Sebelum membahas perbedaan kedua istilah ini, pahami dulu istilah dari Departure dan Arrival itu sendiri. 

Sebagaimana yang sudah dijelaskan, Departure memiliki arti keberangkatan. Istilah ini berkaitan dengan waktu, kepergian, sarana, dan lain sebagainya. Sedangkan menurut bahasa Arrival adakah kedatangan yang juga berkaitan dengan waktu sampai atau tibanya paket di tempat tujuan. 

Peran ETA atau Estimated Time Arrival ini juga cukup penting bagi pihak terkait untuk memastikan bahwa barang yang dikirim sudah sampai ke alamat tujuan dengan baik. Dari sini sudah bisa dilihat bahwa ETD dan ETA punya perbedaan yang sangat signifikan. 

ETD berfokus pada perkiraan waktu keberangkatan, sedangkan ETA berfokus pada perkiraan waktu kedatangan atau tibanya paket di tempat tujuan pengiriman. 

Baca Juga: Cara Mengirim Paket Berbagai Ekspedisi

Mengecek Status Pengiriman 

Hampir semua ekspedisi pengiriman pasti menggunakan istilah Estimated Time Departure ini. Salah satunya adalah ekspedisi Fedex. Saat mengecek status pengiriman barang, biasanya tertera waktu perkiraan keberangkatan paket. 

Sebagai tambahan informasi, Fedex merupakan salah satu ekspedisi pengiriman terbesar di dunia. Jadi Anda bisa mengurim paket hingga ke luar negeri sekalipun. 

Sudah barang tentu ekspedisi sejenis Fedex ini punya perkiraan waktu keberangkatan penerbangan paket yang akan dikirim ke alamat tujuan pengiriman. Biasanya informasi ETD dari Fedex bisa diketahui langsung saat pengirim menanyakan informasi ke pihak Fedex. Lantas bagaimana cara cek resi Fedex?

Gunakan Situs CekPengiriman.com

Salah satu situs yang bisa digunakan untuk mengecek resi dari ekspedisi Fedex adalah CekPengiriman.com. Situs ini bisa juga digunakan untuk mengecek status pengiriman ekspedisi lain yang umumnya digunakan di Indonesia. Ini dia cara cek pengiriman Fedex:

  • Buka browser dan ketik alamat situs CekPengiriman.com
  • Setelah berhasil masuk, akan ada kolom khusus untuk memasukkan nomor resi. Masukkan nomor resi paket yang bisa diketahui dari bukti pengiriman Fedex. 
  • Anda akan diminta untuk memilih kurir atau ekspedisi yang digunakan. Pilih kurir Fedex. 
  • Klik tombol yang bertuliskan ‘cek resi’. 
  • Tunggu beberapa saat dan lihat hasilnya akan ditampilkan mulai keberangkatan paket hingga status lokasi paket saat ini. Jika paket baru saja diserahkan pada kurir, biasanya akan muncul informasi Estimated Time Departure paket tersebut. 

Cek Resi di Agogopost

Selain menggunakan situs CekPengiriman.com, Anda juga bisa mengandalkan Agogopost sebagai media cek status pengiriman terbaik untuk ekspedisi Fedex. Caranya juga sangat mudah, berikut di bawah ini langkah mudah cek status pengiriman Fedex di Agogopost:

  • Donwload dan instal aplikasi Agogopost pada perangkat yang digunakan. Anda bisa mengunduhnya di Playstore. 
  • Setelah terinstall, buka halaman yang mengaitkan pada cek resi Fedex Indonesia dalam aplikasi Agogopost. 
  • Di sana Anda akan menemukan kolom untuk mengisi nomor resi dari paket yang sedang atau akan dikirim. 
  • Ketik nomor resi paket yang akan dikirim. Pastikan semua nomor sudah masuk secara benar dan berurutan agar hasil yang ditampilkan pun valid. 
  • Setelah memasukkan nomor resi dengan benar, klik tombol track yang ada di samping kolom pengisian resi paket. 
  • Tunggu hingga hasil ditampilkan. Anda akan melihat status pengiriman paket, termasuk ETD dan ETA yang kemungkinan juga tercantum dalam informasi paketnya. 

Baca Juga: Pengertian Airwaybill dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Gunakan Situs Resmi Fedex

Menggunakan situs Fedex sendiri tentu sudah menjadi cara atau jalan utama untuk mengecek status pengiriman paket. Cara cek status pengirimannya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke situs resmi Fedex di https://www.fedex.com/id-id/home.html
  • Anda akan secara langsung dihadapkan pada 3 pilihan menu, yakni tarif dan waktu transit, lacak, dan kirim. Untuk melacak status paket, pilihlah menu lacak. 
  • Situs akan menampilkan satu kolom utama pengisian ID paket, dan satu tombol untuk melacak paket dari ID paket yang sudah diisi. 
  • Isikan dulu ID paket atau nomor resi yang diberikan oleh kurir saat menyerahkan paket. Bagi penerima paket juga bisa mengecek sesuai ID yang diberikan jasa kirim. 
  • Klik tombol lacak dan situs akan menampilkan secara lengkap status pengiriman barang sudah sampai mana. Informasi ETD dan ETA nya mungkin juga akan ditampilkan karena pengiriman ke atau dari luar negeri. 

Jika informasi ETD dan ETA tidak tersedia, Anda bisa langsung hubungi customer service Fedex untuk menanyakan hal terkait secara langsung. 

Pengiriman dengan Fedex umumnya bisa berjalan lebih cepat. Namun jika Anda Anda mengalami kendala saat ingin mengirim paket atau butuh informasi Estimated Time Departure, Anda menggunakan partner kerja Biteship yang juga telah bekerja sama dengan beberapa jasa ekspedisi. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!