Pengertian Forklift, Jenis, dan Bagian-bagiannya

Pengertian Forklift, Jenis, dan Bagian-bagiannya
Forklift

Dalam dunia industri, khususnya bagian pergudangan pastinya mengenal kendaraan bernama forklift atau truk garpu. Ini merupakan kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting di dalam proses pemindahan barang yang mempunyai bobot besar. Adanya truk garpu membuat pemindahan barang menjadi lebih praktis.

Aktivitas di dalam gudang pun menjadi lebih efektif dan efisien. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak jenis truk garpu dengan fungsi yang cukup berbeda? Berikut pembahasan selengkapnya.

Pengertian Forklift

Sebenarnya alat ini punya nama yang cukup beragam. Selain ada yang menyebutnya sebagai truk garpu, truk tersebut juga ada yang menyebutnya fork hoist, fork truck, jitney, lift truck, dan lain-lain.

Truk ini mempunyai fungsi utama yakni mengangkat serta menata barang-barang yang bobotnya berat. Banyak industri, khususnya di bagian warehouse yang sudah menggunakannya untuk memindahkan barang yang tidak dapat diangkat oleh tenaga manusia.

Pengoperasian truk garpu juga bisa Anda lakukan baik indoor maupun outdoor. Contohnya untuk menata barang-barang di rak gudang, bongkar muat di pelabuhan, dan sebagainya.

Jenis-jenis Forklift

Desain truk garpu yang compatible memungkinkan alat berat tersebut meringankan pekerjaan industri dan perusahaan. Setidaknya terdapat 4 truk garpu yang sering Anda temukan, di antaranya:

1. Berdasarkan Pasarannya

a. Counter Balance

Truk garpu jenis counter balance merupakan jenis yang paling sering dipakai untuk kebutuhan industri. Truk garpu tersebut mempunyai bobot pemberat yang fungsinya sebagai penyeimbang. Letaknya pada belakang dan biasanya dinamakan counterweight.

Fitur ini berfungsi sebagai penyeimbang barang-barang yang hendak diangkat oleh truk garpu tersebut. Dengan begitu, keseimbangan truk garpu tetap terjaga dan tidak sampai terbalik saat mengangkat beban.

b. Forklift Diesel

Jenis yang satu ini cukup canggih serta mempunyai kualitas terbaik. Truk garpu tersebut berfungsi mengangkat dan melakukan bongkar muat berbagai barang produksi.

Performa yang terdapat pada truk garpu diesel cenderung lebih tinggi daripada jenis lift truck lainnya. Selain itu, karena menggunakan diesel membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat untuk menghemat biaya pengeluaran BBM.

Penggunaan truk garpu diesel cocok untuk beragam aktivitas outdoor. Alasannya karena bentuk truk garpu yang sangat memungkinkan untuk Anda operasikan pada ruangan terbuka.

c. Forklift Reach Truck

Kemudian ada truk garpu reach truck yang punya kapasitas sampai 2 ton serta tinggi angka mencapai 11 meter. Alat ini berfungsi memindahkan barang-barang produksi yang kapasitasnya sangat besar. Umumnya, truk garpu ini untuk memindahkan barang yang akan ditata pada atas rak gudang.

Selain itu, reach truck mempunyai bodi ramping sehingga memudahkan dalam bermanuver pada tempat sempit. Berdasarkan karakteristiknya, alat tersebut sangat cocok ketika Anda menggunakannya untuk warehouse.

d. Forklift Gasoline/LPG

Selanjutnya ada truk garpu yang mempunyai kapasitas lebih besar daripada jenis yang kedua. Untuk life truck LGP mempunyai kapasitas mencapai 10 ton dengan tinggi angkatnya 2 meter.

Fungsi utamanya yaitu memudahkan proses bongkar muat atau memindahkan barang serta menatanya kembali pada rak tinggi. Pemilihan truk garpu gasoline cocok untuk kebutuhan mobilitas luar ruangan.

e. Pallet Stacker

Jenis truk garpu yang sekaligus versi lebih kecil dari reach truck. Untuk level ketinggiannya pun juga lebih rendah. Alat ini berfungsi untuk memindahkan barang dari lokasi yang tak bisa dijangkau saat Anda memakai reach truck.

Artinya, pallet stacker ini merupakan alat untuk menjangkau lokasi yang sempit. Biasanya dipakai untuk kebutuhan indoor.

f. Forklift Elektrik

Lalu ada life truck untuk proses pemindahan barang berkapasitas besar. Adapun penggunaannya sangat direkomendasikan bagi indoor atau outdoor. Untuk kapasitasnya, truk garpu ini mempunyai kapasitas mencapai 8 ton serta ketinggian angkat bisa mencapai 6 meter.

Biasanya penggunaan truk garpu elektrik untuk kebutuhan industri farmasi karena mesinnya tidak keluar asap berbahaya. Selain itu, karena jenisnya elektrik, maka sumber energinya berasal dari baterai.

Baca Juga: 3 Jenis Hand Stacker untuk Memudahkan Pengangkutan

2. Berdasarkan Transmisinya

a. AT Forklift/Truk Garpu Matic

Sesuai namanya, truk garpu ini memakai automatic transmission alias transmisi otomatis (matic). Karena matic, maka tidak heran jika mengoperasikannya cenderung lebih mudah daripada jenis manual. Untuk perbedaannya terdapat pada tuas handle-nya.

Lift truck matic hanya mempunyai 3 tuas handle yakni maju mundur, naik turun, serta tilt mast. Untuk pedal berfungsi sebagai rem.

Ketika Anda ingin mengoperasikannya, Anda hanya perlu menggerakkan handle ke arah maju/mundur. Kemudian menginjak gas maupun rem seperti ketika mengemudikan mobil matic.

b. Manual Transmission Forklift

Lalu ada truk garpu menggunakan transmisi manual dengan cara mengoperasikannya cenderung lebih sulit. Hanya saja, untuk mengoperasikan truk garpu tersebut tak jauh berbeda saat Anda mengemudikan mobil manual.

Ada 3 komponen penting yakni pedal gas, rem, serta clutch atau kopling. Selain itu, truk garpu manual tidak mempunyai tuas handle untuk maju mundur. Lalu kendaraan ini juga dilengkapi gigi serta tuas handle turun naik dan tilt mast.

Bagian-bagian Truk Garpu

Truk garpu juga mempunyai bagian-bagian yang fungsinya saling berkaitan, seperti:

  • Load back-rest: bagian yang berfungsi menjaga beban sehingga tidak sampai geser ke belakang
  • Carriage: komponen yang terpasang di rel tiang dan memudahkan truk garpu untuk bergerak ke bawah dan ke atas
  • Overhead guard: bagian ini berfungsi melindungi operator dari kejatuhan benda/barang-barang di gudang
  • Tiang mast: tiang menurunkan dan menaikkan beban. Terdapat rel dan menyediakan kontrol horizontal
  • Garpu/fork: bagian pada forklift yang tugasnya membawa beban
  • Counterweight: komponen yang berfungsi menstabilkan truk garpu serta menjaganya untuk tidak terbalik
  • Sumber daya: komponen yang berfungsi sebagai tenaga/pemberi daya agar life truck bisa dioperasikan. Sumber daya tersebut berupa mesin diesel, bensin, maupun baterai
  • Frame: kerangka mesin serta semua bagian yang terpasang padanya
  • Ban: truk garpu yang memakai ban pneumatic. Jenis ban ini biasanya untuk jenis luar ruangan. Ada juga ban padat yang umumnya dipakai dalam ruangan serta dipakai pada lokasi kerja dengan permukaan yang rata

Sudah Paham tentang Forklift Beserta Jenis dan Fungsinya?

Jadi, peran truk garpu sangat penting dalam industri maupun perusahaan. Selain itu, terdapat beberapa jenis life truck yang penggunaannya menyesuaikan kondisi lingkungan kerja.

Adanya alat tersebut memungkinkan proses pemindahan barang yang tidak bisa dilakukan oleh tenaga manusia berlangsung lebih mudah dan efisien. Semoga bermanfaat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!