Pengertian Paket Fragile dan Tips Mengirimnya Dengan Aman

Pengertian Paket Fragile dan Tips Mengirimnya Dengan Aman
arti fragile adalah

Fragile adalah sejenis stiker yang memberikan informasi singkat terkait sebuah barang (paket) yang sudah dibungkus atau di-packing kepada konsumen atau kurir paket. Stiker tersebut menampilkan gambar atau simbol yang memudahkan seseorang untuk memahami maksud dan informasi yang diberikan.

Pada umumnya fragile banyak ditemukan pada paket yang masuk ke dalam pengiriman logistik, terutama untuk paket yang memerlukan packing. Nantinya akan tampak beberapa simbol berisi informasi terkait tersebut. Untuk lebih jelasnya terkait fragile, silakan ikuti penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Fragile

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fragile adalah stiker yang memberikan informasi terkait sebuah paket atau barang yang dikirim secara logistik. Stiker fragile berisi simbol yang menjelaskan paket tersebut.

Simbol-simbol ini berfungsi baik dalam pelayanan pengiriman barang yang sederhana dan mudah secara door to door atau pengiriman barang yang lebih advance, misalnya port to port.

Selain itu, stiker fragile mempunyai fungsi untuk memberikan tanda bahwa barang yang berada dalam packing atau pengiriman tersebut berisi barang yang mudah pecah, rapuh dan rusak. Pada umumnya barang yang sering ditempel stiker fragile adalah barang pecah belah dan elektronik.

Maksud dari stiker fragile adalah orang yang membawa barang tersebut diminta berhati-hati saat membawa atau mengirimkan barang, karena barang tersebut adalah barang yang mudah rusak dan pecah. Jadi, pemeliharaan barang harus diperhatikan dengan baik.

Baca Juga: Penggunaan Mobil Box Dalam Pengiriman

Fungsi Stiker Fragile

Dilihat dari pengertiannya di atas, stiker fragile mempunyai fungsi utama untuk memberikan informasi terkait paket atau barang yang bersangkutan. Nah, selain fungsi tersebut stiker fragile juga mempunyai berbagai fungsi seperti yang akan diuraikan berikut ini.

1.     Memberikan Informasi Barang/Paket/Produk

Kegunaan utama dari stiker fragile adalah memberikan informasi pemeliharaan produk yang ada dalam paket atau box paket. Misalnya untuk produk makanan, barang pecah belah, dan berbagai produk yang memerlukan pengawasan dalam pengirimannya.

Dengan adanya fragile, pihak jasa pengiriman akan lebih mudah untuk waspada saat menerima paket, karena sudah ada simbol fragile yang menjelaskan kondisi dan perlakuan khusus untuk paket yang diterimanya.

2.     Membantu Proses Pengiriman Barang

Adanya stiker fragile akan membantu proses pengiriman barang, baik pengiriman yang dilakukan di dalam kota hingga ke luar kota. Selain itu, stiker fragile juga membantu mengelompokkan jenis barang yang akan di kirim.

Barang tertentu yang membutuhkan perlakuan khusus akan lebih mudah dikenali menggunakan stiker fragile. Misalnya untuk barang yang mudah pecah sebaiknya di-packing menggunakan kayu.

3.     Menentukan Tata Letak Barang

Tata letak barang bisa ditentukan stiker fragile. Apabila barang yang akan dikirim adalah produk rumah tangga yang rawan pecah, maka pihak ekspedisi akan menaruh barang tersebut di tempat yang lebih aman. Pihak jasa pengiriman akan meletakkan barang di tempat yang aman dan diberikan stiker fragile.

4.     Menjamin Keamanan Barang

Sebenarnya tujuan utama dari penggunaan stiker fragile adalah menjamin keamanan barang saat dikirim. Barang yang dikirim pastinya di-packing terlebih dahulu. Di tahap akhir proses packing tersebut stiker fragile akan ditempel di permukaan barang yang sudah di-packing.

Jika Anda membeli barang melalui website dan aplikasi penghasil uang ataupun marketplace, maka Anda bisa ajukan proteksi tambahan stiker fragile untuk menjamin keamanan barang atau produk yang dibeli. Pihak website atau marketplace pastinya akan membantu hal tersebut.

5.     Memberika Rasa Aman Bagi Pelanggan

Banyaknya platform belanja online membuat jumlah pengiriman barang semakin meningkat. Oleh karena itu, akan banyak pula konsumen yang bertanya apakah paket atau produk yang dibeli sudah diberi stiker fragile atau belum.

Apabila sudah diberi stiker fragile, maka pelanggan akan lebih tenang dan merasa aman bahwa produk yang dibeli bisa selamat sampai tujuan dan sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, penjual juga tidak akan membuat pelanggan menjadi kecewa dan selalu berminat untuk berbelanja di toko tersebut.

Baca Juga: Mengenal Truk Engkel dan Penggunaannya Dalam Logistik

Beberapa Simbol Stiker Fragile

Stiker fragile biasanya terdiri dari beberapa simbol yang harus dipahami oleh pelanggan maupun pihak pengirim barang. Arti dari simbol pada stiker fragile sangat mudah dipahami. Arti dari simbol pada stiker fragile adalah sebagai berikut.

1.     FRAGILE – DO NOT BEND

Biasanya simbol fragile yang satu ini diikuti dengan gambar gelas retak. Stiker fragile dengan simbol ini biasanya digunakan untuk produk yang mudah pecah atau rapuh. Produk yang termasuk dalam kategori simbol ini adalah produk pecah belah terbuat dari kaca, produk lampu dan masih banyak lagi.

Dengan melihat gambarnya saja pasti setiap orang sudah paham bahwa produk yang ada di dalam paket merupakan barang yang mudah pecah dan perlu hati-hati dalam membawanya. Selain itu, simbol ini juga berfungsi sebagai tanda bagi pihak pengiriman agar memberi perlakuan khusus untuk produk tersebut.

2.     FRAGILE – KEEP DRY

Simbol selanjutnya dari stiker fragile adalah keep dry. Makna dari simbol ini adalah barang yang ada dalam kemasan paket merupakan barang yang harus disimpan ditempat yang kering atau tempat yang sejuk. Banyak terdapat pada produk makanan dan minuman yang harus disimpan pada suhu maksimal 30oC.

Produk tersebut akan mudah rusak jika dibiarkan di tempat yang lembab atau berair, sehingga sangat perlu diperhatikan penyimpanannya. Selain itu, produk ini juga tidak bisa terkena sinar matahari langsung meskipun sudah diletakkan di ruangan yang kering.

3.     FRAGILE – HANDLE WITH CARE

Maksud dari simbol fragile yang satu ini adalah barang yang ada dalam kemasan paket harus dibawa dengan hati-hati sehingga barang tidak jatuh dan rusak. Hampir sama dengan simbol fragile pertama, untuk simbol ini juga bisa digunakan sebagai pelindung produk yang mudah pecah.

4.     FRAGILE – THIS SIDE UP

Simbol ini berisi garis dengan dua anak panah menghadap ke atas. Arti dari simbol pada stiker fragile ini adalah menunjukkan bahwa posisi atas dan bawah dari sebuah kemasan produk, sehingga saat ditumpuk bisa diketahui mana bagian atas dan bawahnya. Jadi produk tidak dalam posisi dibalik.

Penjelasan di atas dapat membantu memahami bahwa fragile adalah stiker yang memberikan informasi produk yang ada di dalam kemasan paket. Stiker fragile juga mempunyai beberapa fungsi dan berbagai simbol untuk menjaga keamanan dan keutuhan produk selama pengiriman.

Baca Juga: Packing Kayu J&T, Kenali Manfaat dan Biayanya

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!