Staff Gudang: Pengertian dan Tugas – Tanggung Jawabnya

Staff Gudang: Pengertian dan Tugas – Tanggung Jawabnya
staff gudang

Staff gudang adalah salah satu posisi yang harus diisi oleh orang-orang kompeten kalau ingin operasional bisnis tidak terhambat. Sebab, posisi inilah yang akan memastikan sirkulasi produk yang berasal dari produsen ke konsumen. 

Memang seorang staff gudang biasanya tidak memerlukan pekerjaan yang tinggi. Namun, posisi ini memerlukan tenaga serta keterampilan dan juga pengalaman kerja. Oleh sebab itu, posisi ini lebih cocok diisi oleh orang yang tubuhnya selalu fit dan prima. Memangnya apa sebenarnya staff gudang itu?

Staff Gudang Adalah Orang yang Melakukan Bongkar Muat Barang

Bisa dikatakan bahwa staff gudang merupakan karyawan atau pegawai atau orang yang memiliki tugas umum yang berhubungan dengan penyediaan barang ataupun logistik. 

Dalam kalimat yang lain, staff gudang adalah orang-orang yang pekerjaannya menangani persediaan, pengaturan barang, melakukan pendataan stok, memastikan bahwasanya tidak ada barang yang kadaluarsa sampai membuat laporan setiap selesai melakukan stok opname

Dengan begini, staff gudang bisa diartikan juga dengan orang yang tugas dan tanggung jawabnya adalah mengawasi kelancaran distribusi serta melakukan penataan barang dalam gudang penyimpanan bahan baku dan juga produk perusahaan. 

Tidak sampai di situ, orang tersebut juga harus memastikan bahwasanya barang-barang sudah diletakkan sesuai dengan data, daftar sekaligus melakukan pemeriksaan apakah stok opname sudah berjalan sesuai dengan yang seharusnya. 

Baca Juga: Pengertian Stock Opname

Tugas dan Tanggung Jawab Staff Gudang

Staff gudang memiliki tanggung jawab atas selurung barang yang terdapat di dalam gudang, baik itu mengenai perawatannya, pelacakan sisa inventarisnya serta proses bongkar muat barangnya. 

Sedangkan jika hendak dirinci lebih jauh lagi, maka tugas serta tanggung jawab staff gudang sebagai berikut. 

  1. Bertanggung Jawab Melakukan Bongkar Muat Barang

Staff gudang kalau ada dalam suatu perusahaan logistik yang menyediakan serta menyalurkan barang, akan bertugas untuk memeriksa bongkar muat barang. Tugas yang pertama ini akan dimulai dari pengawasan sampai dengan pencatatan setiap kali bongkar muat barang tersebut dilakukan. 

Adapun pencatatan tadi, dilakukan dengan meliputi nama barang, jenis barang, jumlah barang, pengirim barang serta penerima barang. Namun biasanya tugas ini hanya dilakukan oleh staff gudang tetap yang memang sudah ditunjuk untuk melakukan pengawasan tersebut. 

Jadi memang tugas yang diamanatkan kepada staff tetap seperti ini cukup berat. Bahkan staff ini pula yang akan mengawasi langsung alur pengiriman serta penerimaan barang. 

Staff gudang juga merupakan orang yang bekerja dengan target. Sebab, pengiriman barang harus dilakukan sesuai dengan jumlah pesanan yang disanggupi serta diterima dengan berdasarkan kesepakatan antara perusahaan dengan klien. 

  1. Mengecek Kualitas Serta Kuantitas Barang yang Ada di Gudang

Tugas lain dari staff gudang adalah melakukan pengecekan terhadap kualitas serta kuantitas barang. Pengecekan ini dilakukan baik barang itu masih berupa bahan dasar, bahan yang siap diproduksi, barang yang sudah dikemas maupun barang yang hendak dikirimkan ke tempat lain. 

Tugas kedua ini akan dilakukan oleh semua karyawan yang ada dalam gudang sesuai dengan posisi masing-masing. Sedangkan untuk staff gudang yang sudah menjadi pegawai tetap, dia akan bertugas mengawasi saja. 

Sedangkan pegawai harian dan pegawai kontrak akan mengecek kualitas dan juga kuantitas barang yang nantinya akan diproduksi, akan dikemas atau akan dikirimkan ke klien. Kualitas serta kuantitas ini memang merupakan hal yang harus diperhatikan betul oleh perusahaan logistik. 

Apabila ternyata barang yang sudah diproduksi tidak lulu uji, maka barang ini akan dipisahkan. Nantinya, barang tersebut akan memasuki tahap sortir selanjutnya dan akan diberikan perlakuan khusus. 

  1. Melakukan Persiapan Pengiriman Serta Penyimpanan Barang

Barang-barang yang sudah pasti kualitasnya akan segera diproduksi di pabrik. Terkait dengan hal ini, nantinya masing-masing staff gudang akan melakukan tugas yang berbeda sesuai dengan posisi yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Namun secara umum, mereka akan menyiapkan bahan dasar yang akan dijadikan bahan produksi sekaligus melakukan packing. Packing artinya pengemasan dan selain pengemasan, juga akan dilakukan uji kelayakan barang. Baru setelah itu akan dilakukan pengangkutan dan pengiriman barang. 

Sementara untuk staff gudang yang tetap, akan mengawasi serta bertanggung jawab atas seluruh proses yang terjadi di gudang. Selain itu, mereka juga harus menguji kelayakan serta melakukan penghitungan jumlah barang. 

Baca Juga: Pengertian Packing

  1. Membuat Laporan Mengenai Aktivitas Barang di Dalam Gudang

Lebih lanjut lagi, staff gudang juga bertugas untuk membuat laporan atau seluruh aktivitas yang terjadi pada barang di dalam gudang. Sekali lagi, tugas ini umumnya diemban oleh staff yang sudah berstatus tetap. 

Laporan ini mencakup seluruh barang. Mulai dari jumlah barang yang sudah diproduksi, banyaknya barang yang rusak serta banyaknya barang yang dikirimkan. Semua itu harus dicatat dengan detail dan sesuai dengan standar pelaporan yang telah ditetapkan. 

  1. Menandatangani Surat Penerimaan Barang

Staff gudang juga akan ikut memberikan tanda tangan atas surat masuk yang berhubungan dengan penerimaan barang. Dengan adanya tugas ini, maka staff gudang harus tahu betul dengan masalah persuratan agar tidak mudah terjebak dalam kasus penggelapan dan penipuan. 

  1. Melakukan Koordinasi dengan Klien dan Dengan Divisi Lain

Lebih lanjut lagi, menjadi staff gudang juga harus bisa melakukan koordinasi dengan divisi lain maupun dengan klien. Hal ini tentunya berhubungan dengan upaya untuk menyiapkan jumlah produk yang telah dipesan. 

Staff gudang harus bisa berkoordinasi dengan divisi lain karena memang ini nanti berkaitan dengan keberlangsungan produksi barang. Sedangkan soal hubungan dengan klien, dapat dilakukan dengan menjaga kualitas serta kuantitas produk dan melakukan pengiriman dengan tepat dan baik.

Menjadi staff gudang memang lebih berhubungan dengan aktivitas fisik sehingga mereka yang berada di posisi ini sebaiknya memiliki tubuh yang prima. Meskipun demikian, staff gudang adalah posisi penting sehingga juga tidak bisa sembarangan merekrut orang untuk menempati posisi ini. 

Biasanya mereka yang memahami supply chain, mampu melakukan administrasi gudang, memahami Matematika dasar, teliti serta mampu berkomunikasi dengan baik adalah yang diterima untuk mengisi posisi ini. 

Staff Gudang Untuk Membantu Proses Order Anda

Staff gudang bertugas untuk mengerjakan semua proses operasional di gudang, salah satunya adalah untuk memproses order Anda untuk dikemas dan dikirim ke ekspedisi agar sampai ke tangan customer dengan waktu yang lebih singkat.

Untuk dapat menikmati layanan tersebut, Anda hanya perlu membayarkan mulai dari Rp 1.000/order. Layanan tersebut adalah layanan fulfillment yang mengerjakan mulai dari merapikan stock Anda, melakukan pengemasan saat ada pesanan, dan pengiriman. 

Layanan ini biasanya digunakan oleh para pebisnis online yang memiliki order dengan jumlah besar, karena sudah cukup kewalahan untuk melakukan semuanya sendiri. Selain harganya terjangkau, layanan ini dapat menghemat waktu semua pemilik bisnis, dan dapat lebih fokus untuk mengembangkan strategi bisnis dan networking bersama pebisnis lain.

Konsultasikan pengiriman barang skala perorangan atau skala bisnis bersama tim Biteship ke Nomor berikut ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!