Value Proposition Adalah, Tutorial Membuat, dan Elemen Terkaitnya

Dalam menjalankan bisnis, strategi menjadi dasar arah yang digunakan untuk menjual produk. Value proposition adalah elemen penting dalam proses pemasaran yang harus diperhatikan perusahaan agar produk dan layanan yang dimiliki dapat dipilih oleh para pelanggan.

Value proposition menunjukkan kelebihan produk, alasan mengapa harus memilih produk, perbedaan dengan produk pesaing dan lain sebagainya. Untuk itu elemen ini harus dibuat secara menarik agar dapat menonjolkan produk secara lebih optimal.

Apa Itu Value Proposition

Value proposition adalah kesan yang diberikan oleh sebuah produk kepada pelanggan. Setiap produk yang dibuat oleh perusahaan tentu memiliki nilai tersendiri yang nantinya akan dijadikan sebagai keunggulan yang membuatnya terlihat berbeda dengan produk lainnya.

Meskipun produk yang dihasilkan berjenis sama, namun nilai yang terkandung didalamnya tentu akan berbeda. Hal inilah yang nantinya akan menjadi karakteristik sebuah produk agar bisa menarik perhatian pelanggan dan dipilih.

Penjabaran akan nilai yang ditawarkan perusahaan perlu didefinisikan secara jelas agar pelanggan bisa memiliki keyakinan terhadap produk tersebut. Dengan begitu, pelanggan tidak merasa ragu untuk melakukan pembelian. 

Fungsi dan Peranan Penting Value Proposition

Fungsi value proposition adalah untuk memberikan edukasi kepada pelanggan terkait alasan mengapa calon pelanggan harus memilih produk yang dipasarkan. 

Untuk itulah mengapa value proposition memiliki peranan yang penting untuk dapat ditonjolkan dalam sebuah promosi yang akan dilakukan. 

Contoh value proposition adalah menyisipkan pesan menarik yang jelas pada video iklan, mencantumkan informasi produk pada brosur, menampilkannya pada bagian headline website dan lainnya.

Value proposition perlu dibuat secara jelas, mencolok, dan mempunyai touch point yang tepat. Semakin mudah pelanggan untuk memahami value proposition, maka akan semakin tinggi juga peluang keberhasilan yang bisa didapatkan.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membuat Value Proposition

Value propostion mempunyai manfaat yang penting untuk kelangsungan bisnis sehingga harus dapat disusun dengan baik sehingga pelanggan bisa memiliki minat untuk dapat melakukan pembelian. Hal ini bisa menjadi modal bagi Anda yang ingin membuat toko online di WooCommerce.

Apabila berbagai persiapan dilakukan dengan baik, maka bisnis toko online bisa berjalan secara lebih efektif dan menguntungkan. Hal inilah yang membuat pembuatan value proposition perlu disusun dengan menggunakan bahasa formal yang menarik dan tepat.

Informasi terkait keunikan, keunggulan, dan berbagai komponen terkait produk harus didefinisikan secara jelas agar mampu memberikan pemahaman untuk semua pelanggan.

Tutorial Membuat Value Proposition

Bisnis perlu dikelola dengan menerapkan strategi yang matang. Value proposition adalah hal penting yang menjadi bagian dari strategi tersebut. Untuk itu pembuatannya perlu dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Dengan begitu pelanggan bisa langsung tertarik untuk mencoba atau membeli produk tertentu. Seperti inilah cara membuatnya.

  1. Tetapkan Misi dan Visi Perusahaan

Perhatikan target serta tujuan yang ingin diraih oleh perusahaan. Melalui hal tersebut, Anda bisa mendefinisikan nilai produk yang dibuat secara lebih tepat dan mendetail. Hal ini dapat membantu Anda menemukan nilai produk.

  1. Riset Calon Pelanggan 

Agar dapat memahami kebutuhan dan selera pelanggan, lakukan riset terlebih dahulu. Dengan begitu target pelanggan yang ditentukan bisa lebih jelas sehingga strategi yang disusun dapat berjalan baik.

  1. Analisis Kompetitor

Value menjadi salah satu kekuatan yang membuat bisnis dapat berkembang dan bertahan. Untuk bisa memiliki nilai yang unik, Anda perlu melakukan analisis terhadap kompetitor terlebih dahulu. Pahami apa komponen yang membuat produk Anda berbeda.

Ketahui apa keunggulan dan kelemahan yang dimiliki kompetitor agar Anda bisa menciptakan inovasi yang lebih disukai oleh pasar. Hal ini dapat menjadi modal bagi Anda untuk menghadapi persaingan pasar dan terhindar dari rasa takut.

  1. Tunjukkan Value

Apabila sudah mengetahui apa nilai yang ingin ditonjolkan, Anda perlu menunjukkannya secara detail. Hal tersebut dilakukan untuk dapat menarik perhatian dan hati pelanggan untuk dapat melakukan transaksi.

Informasi perlu dijabarkan secara terperinci dan sederhana sehingga dapat dipahami oleh pelanggan dengan baik.

Elemen yang Menyusun Value Proposition

Elemen value proposition adalah bagian yang memiliki peranan untuk dapat menyalurkan gagasan tentang nilai yang ingin diinformasikan kepada pelanggan. Adanya elemen tersebut dapat memberikan penjelasan yang lebih mendetail. Berikut uraiannya.

  1. Design

Visualisasi dapat membuat pandangan pelanggan menjadi tertarik akan sebuah produk. Untuk itulah value proposition perlu didesain dengan modern, trendy, dan mampu memiliki fungsional yang efektif. 

Dengan begitu pelanggan bisa merasa tertarik dan bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait detail dan manfaat produk.

  1. Menyelesaikan masalah

Elemen ini memiliki peranan yang penting, karena mampu memberikan informasi kepada pelanggan terkait kemampuan produk dalam menyelesaikan masalah yang dimiliki oleh pelanggan. Dengan begitu fungsional dari sebuah produk dapat lebih dipahami.

  1. Newness

Pembaruan perlu ditawarkan oleh perusahaan agar pelanggan dapat mengetahui keunggulan dari produk yang ditawarkan. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri yang dapat membuat pelanggan memilih produk Anda.

  1. Aksesibilitas

Produk perlu menawarkan kemudahan akses untuk banyak orang. Dengan begitu kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi secara optimal.

  1. Performance

Kinerja produk tentu menjadi elemen penting. Informasi yang berkaitan tentang kinerja produk juga perlu disampaikan agar pelanggan dapat mengetahui bagaimana produk yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhannya.

  1. Harga

Harga menjadi elemen penting yang dapat menarik perhatian pelanggan secara signifikan. Untuk itu penentuan harga perlu dilakukan secara cermat. Semakin rendah harga produk, umumnya dapat menarik pasar yang lebih mudah.

Namun terdapat hal lain yang akan menjadi pertimbangan, yaitu kualitas. Untuk itu perusahaan harus dapat menyeimbangkan kualitas dengan harga agar bisa menawarkan produk terbaik untuk pelanggan.

  1. Brand

Value proposition perlu memiliki elemen brand yang dapat dirasakan oleh pelanggan saat mereka menggunakan produk tersebut. Seperti diantaranya mampu meningkatkan status sosialnya, dan lainnya. Dengan begitu pelanggan akan merasa eksklusif.Value proposition adalah kunci agar sebuah produk bisa diminati oleh calon pelanggan. Untuk itu, perlu dibuat dengan baik agar dapat berfungsi secara efektif. Hal ini dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang mampu mendukung bisnis Anda agar dapat berkembang.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!