5 Cara Memilih Mitra Logistik untuk Pengiriman Bisnis Pakaian

5 Cara Memilih Mitra Logistik untuk Pengiriman Bisnis Pakaian
pengiriman bisnis pakaian

Pengiriman bisnis pakaian merupakan salah satu aspek penting dalam membangun brand dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini sejalan dengan usaha pakaian yang menunjukkan pertumbuhan signifikan, terutama dalam penjualan online. Demi kelancaran perdagangan, berikut poin penting untuk memilih mitra logistik yang tepat.

Jenis-jenis Perusahaan Logistik

Logistik berperan penting dalam memastikan kelancaran bisnis e-commerce, mulai dari penyimpanan produk, pengemasan, hingga pengiriman. Setiap perusahaan pengiriman memiliki spesialisasi bervariatif, tergantung mode transportasi yang mereka sediakan. Adapun jenis penyedia jasa distribusi barang di Indonesia antara lain:

1. Perusahaan Logistik Jalur Darat

Distribusi menggunakan angkutan darat menjadi penggerak di balik kelancaran arus barang. Umumnya, penyedia logistik menggunakan berbagai macam armada, seperti truk, kereta api, dan kendaraan komersial lainnya. Kendaraan jalur darat mampu merancang rute yang efisien sehingga dapat mengatur pengiriman tepat waktu.

Lebih dari sekadar mengantarkan barang, perusahaan pengiriman juga menawarkan solusi terintegrasi. Mereka akan membantu Anda dalam memilih moda transportasi yang tepat, mengurus dokumen, dan melacak pergerakan barang secara real-time.

2. Perusahaan Logistik Jalur Laut

Pengiriman bisnis pakaian melalui jalur laut tidak hanya memperluas jangkauan distribusi, tetapi juga mendukung transaksi internasional. Transportasi air menjadi jembatan vital yang menghubungkan perdagangan antar negara, sehingga memungkinkan kegiatan jual beli berlangsung optimal.

Dalam menjalankan perannya, perusahaan logistik bekerjasama dengan pihak pelayaran dan agen pengiriman via laut. Mereka menyediakan layanan pengangkutan peti kemas hingga mengurus dokumen bea cukai. Dengan demikian, aliran barang akan terjadi secara efisien dan efektif di pasar global.

3. Perusahaan Logistik Jalur Udara

Pengangkutan barang via udara menjadi pilihan utama bagi Anda yang membutuhkan pengiriman cepat dan aman. Fokus mereka adalah transportasi barang melalui pesawat dengan melibatkan peran maskapai penerbangan dan agen kargo. 

Bukan hanya bertanggung jawab mengantarkan barang, perusahaan logistik juga memastikan setiap barang terkirim sesuai regulasi. Sistem logistik via udara juga mampu menjangkau seluruh penjuru dunia. Dengan begitu, transaksi antara produsen dan konsumen antar negara sangat mungkin terjadi.

4. Perusahaan Logistik Penyimpanan dan Distribusi

Selain menyediakan tempat penyimpanan dan pengiriman barang, perusahaan logistik jenis ini menjadi garda terdepan dalam kelancaran rantai pasok. Gudang penyimpanan yang canggih dan manajemen inventaris terintegrasi mampu memastikan ketersediaan barang tepat waktu sehingga cocok untuk pengiriman bisnis pakaian.

Dalam lingkup lebih luas, perusahaan ini dapat menangani permintaan khusus seperti produk dengan persyaratan suhu terkendali. Anda tidak perlu khawatir sebab mereka berkomitmen mengemas produk dengan cermat dan menangani proses pendistribusian dengan profesional.

Baca juga: Biteship dan Kemana Jalin Kemitraan Strategis untuk Mengubah Logistik E-commerce

Cara Memilih Mitra Logistik untuk Pengiriman Bisnis Pakaian

Manajemen rantai pasokan dalam usaha pakaian online berkaitan erat dengan peran logistik. Sementara tantangan logistik dalam e-commerce meliputi kenaikan volume pesanan dan tuntutan konsumen yang semakin tinggi. Untuk mengatasinya, Anda perlu bekerjasama dengan penyedia logistik yang mumpuni. Begini cara memilihnya!

1. Kebutuhan Bisnis

Sebelum menjalin kerjasama, penting untuk memahami kebutuhan bisnis secara menyeluruh. Pertimbangkan volume pengiriman bulanan, destinasi pengiriman, dan jenis layanan yang dibutuhkan. Apakah Anda memerlukan pengiriman standar, ekspres, atau COD (cash on delivery).

Beragam jenis perusahaan logistik di Indonesia menawarkan layanan yang berbeda-beda. Pemahaman yang jelas tentang kebutuhan usaha akan membantu Anda memilih mitra logistik yang sesuai dengan karakteristik dan tujuan.

Mitra logistik yang tepat akan mendistribusikan produk dengan efisien dan efektif. Kondisi ini yang berlangsung dalam jangka panjang mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dan memacu pertumbuhan usaha Anda.

2. Pengalaman dan Reputasi

Demi kelancaran pengiriman bisnis pakaian, poin selanjutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu meneliti reputasi mitra logistik. Gali informasi mendalam dengan membaca ulasan, testimoni, dan cerita dari pedagang pakaian lain yang telah menggunakan layanan mereka. 

Penyedia logistik yang berpengalaman dalam menangani pengiriman pakaian lebih memahami tantangan dan kebutuhan spesifik industri. Mereka kompeten dalam menangani berbagai jenis bahan pakaian, termasuk pakaian yang mudah rusak atau memerlukan penanganan khusus. 

Memilih jasa logistik yang tepat dapat membantu Anda memastikan pesanan pelanggan sampai dengan aman dan tepat waktu. Dengan begitu, kepuasan akan meningkat sehingga siklus usaha semakin lancar. 

3. Bandingkan Biaya dan Layanan

Tidak dapat dipungkiri bahwa beban biaya dalam pengiriman bisnis pakaian menjadi salah satu faktor penting. Anda harus pintar memilih harga yang kompetitif tanpa mengorbankan kualitas layanan.

Anda tidak perlu sungkan untuk meminta detail struktur biaya dari calon mitra logistik, termasuk biaya tambahan lainnya. Transparansi biaya sangat penting untuk menghindari loncatan harga yang tidak sesuai kesepakatan di kemudian hari. 

Selain biaya, pastikan bahwa mereka menawarkan layanan tracking. Hal ini juga tidak kalah penting agar Anda dan pelanggan dapat memantau status pengiriman secara real-time.

4. Jangkauan Lokasi dan Kecepatan

Poin penting dalam pengiriman bisnis pakaian selanjutnya yaitu jangkauan dan kecepatan. Kedua hal ini merupakan aspek yang saling berkaitan. Mitra logistik yang memiliki jaringan luas membuka peluang jual beli ke berbagai wilayah, baik domestik maupun internasional. 

Kecepatan pendistribusian juga penting untuk Anda perhatikan. Mitra logistik yang mampu mengantarkan pesanan dengan cepat menjadi nilai tambah, terlebih bagi pembeli online.

Memilih mitra logistik yang tepat ibarat menemukan sayap untuk usaha Anda. Jangkauan luas dan kecepatan pengantaran produk akan menjadi faktor pendorong dalam menembus pasar dan meningkatkan omzet penjualan.

5. Pelayanan Pelanggan dan Keamanan

Dalam memastikan kelancaran pengiriman bisnis pakaian, layanan pelanggan dan keamanan menjadi poin krusial yang harus terpenuhi. Anda perlu memastikan bahwa mitra logistik bersedia menangani segala macam kendala pendistribusian barang yang mungkin terjadi. 

Lebih dari itu, carilah mitra logistik yang menawarkan keamanan terpercaya. Periksa dengan cermat kesadaran keselamatan dari penyedia logistik. Lakukan audit terhadap fasilitas mereka, termasuk gudang dan armada yang digunakan. Pastikan mereka memiliki program pelatihan keselamatan bagi seluruh karyawan.

Baca juga: Menuju Logistik Berkelanjutan, DHL Express Tambah 24 Kendaraan Listrik

Pengiriman Bisnis Pakaian Lancar dengan Logistik yang Tepat

Keberadaan mitra logistik sangat berperan dalam meningkatkan kelancaran bisnis Anda. Bahkan tingkat kepuasan pelanggan juga dapat dipengaruhi oleh faktor logistik. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih penyedia jasa distribusi barang.

Sebelum menandatangani kontrak kerjasama, pastikan pihak mitra logistik telah sejalan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa dokumen legalitas perusahaan logistik untuk menghindari hal buruk di masa depan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!