Pengiriman Instant: Pengertian, Manfaat, dan Bedanya dengan Same Day

Pengiriman Instant: Pengertian, Manfaat, dan Bedanya dengan Same Day
pengiriman Instant

Apakah Anda tipe orang yang tidak suka menunggu lama, terutama saat memesan atau menerima barang? Jangan khawatir, saat ini sudah tersedia jasa pengiriman Instant. Dari namanya saja Anda sudah tahu bahwa layanan ini menawarkan pengiriman dalam waktu yang jauh lebih cepat.

Bahkan tidak butuh waktu lebih dari 3 jam barang yang Anda pesan atau kirim sampai ke lokasi tujuan. Pada artikel ini akan dibahas secara lebih detail tentang layanan Instant tersebut dan manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan.

Pengertian Pengiriman Instant

Jenis pengiriman ini sesuai namanya, di mana layanan tersebut bisa mengirimkan barang ke penerima dalam waktu cepat. Bahkan layanan instan termasuk layanan pengiriman yang paling cepat sejauh ini.

Adanya layanan tersebut membuat barang yang Anda kirim bisa sampai ke alamat tujuan hanya dalam waktu sekitar 2 jam. Sudah banyak yang telah memanfaatkan layanan tersebut, khususnya untuk pembeli yang memang ingin cepat-cepat menggunakan barang yang dibeli atau pesanannya.

Akan tetapi, karena waktu pengiriman barang begitu cepat maka biaya pengirimannya pun sudah pasti lebih mahal daripada biaya pengiriman pada umumnya. Meski demikian, perbedaan harga tidak menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Buktinya layanan ini malah semakin diminati.

Manfaat Menggunakan Pengiriman Instant untuk Pebisnis

Beberapa manfaat yang Anda dapatkan ketika memilih pengiriman secara instan yaitu:

1. Proses Bisnis Lebih Cepat

Perkiraan waktu pengiriman memang lebih cepat saat Anda memilih mode layanan instan sehingga proses bisnis Anda lebih efektif. Perputaran uang pun juga lebih cepat sehingga memungkinkan bisnis Anda lancar dan bahkan bisa berkembang lebih baik lagi.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kualitas produk memang faktor yang sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Akan tetapi tidak berhenti sampai di situ. Anda juga perlu mempertimbangkan estimasi pengiriman produk ke tangan konsumen.

Semakin cepat produk sampai ke pelanggan, mereka akan semakin puas. Maka dari itu, pemilihan layanan instan menjadi solusi untuk membuat mereka puas dengan layanan yang Anda berikan. Bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pelanggan loyal Anda.

Bahkan meskipun biaya pengirimannya cenderung lebih mahal dibandingkan menggunakan pengiriman biasa, umumnya pelanggan tidak mempermasalahkan hal tersebut. Kuncinya adalah bagaimana para pelanggan memperoleh barang berkualitas dalam waktu singkat.

3. Menjaga Agar Produk Tetap Aman

Seperti yang dibahas, pengiriman Instant menawarkan estimasi barang bisa sampai dalam waktu relatif lebih singkat. Produk Anda yang memerlukan penanganan khusus misalnya frozen food tentu kualitasnya harus tetap dijaga hingga sampai ke konsumen.

Anda dan pelanggan tentu tidak ingin produk tersebut butuh waktu lama dan kualitasnya malah menurun. Maka dari itu, layanan instan bisa menjadi opsi terbaik untuk membuat kualitas produk Anda tetap terjaga.

4. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Apakah Anda baru memulai bisnis? Tentu membangun kepercayaan pelanggan sangat penting. Apalagi jika masih belum banyak orang yang mengenal produk dan layanan yang Anda miliki.

Salah satu cara untuk membangun kepercayaan pelanggan adalah melalui layanan pengiriman instan. Ketika kepuasan pelanggan terbangun, mereka tak ragu untuk membeli produk di tempat Anda.

Bahkan para pelanggan tersebut juga tidak ragu menginformasikan pada orang lain untuk membeli produk Anda. Jadi secara tidak langsung ini bisa menjadi langkah promosi yang efektif untuk perkembangan bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga: Layanan Same Day: Ketentuan, Biaya, dan Cara Menggunakannya

Bagaimana dengan Pengiriman Same Day?

Pengiriman Same Day merupakan jenis layanan pengiriman di mana barang yang Anda kirim akan diterima pada hari yang sama oleh penerima. Bahkan untuk durasi pengirimannya sampai ke lokasi penerima sekitar 6 jam sejak dari Anda menyerahkan barang tersebut ke kurir.

Saat Anda ingin menggunakan pengiriman Same Day, yang harus Anda perhatikan yaitu waktu kapan Anda memesan barang. Ini merupakan waktu yang berkaitan kapan pesanan Anda akan diproses dan dikirim. Artinya, agar barang yang Anda kirim diterima pada hari yang sama, jangan sampai melebihi waktu pemesanan barang tersebut.

Terkait waktu pemesanan barang yang tersedia di Same Day yaitu sebelum 12.00 siang hingga 15.00. Ini penting agar barang yang Anda kirim nanti tidak sampai diproses keesokan harinya. Selain itu, beberapa hal lain untuk Anda perhatikan yaitu:

  • Layanan Same Day biasanya melayani pengiriman hingga pukul 16.00 atau 4 sore. Ketika melebihi jam tersebut, kemungkinan besar barang tidak bisa diambil kurir sehingga akan mulai dikirim besok
  • Sebaiknya Anda tidak melakukan pemesanan barang ketika weekend atau Libur Nasional. Alasannya karena toko maupun penjual biasanya juga libur. Jadi ketika ada pesanan masuk pada hari tersebut, tentunya akan diproses pada saat hari kerja.

Perbedaan Pengiriman Instant dan Same Day

Terdapat beberapa perbedaan ketika Anda memanfaatkan layanan Same Day dan Instant. Beberapa perbedaannya yaitu:

1. Layanan Same Day

  • Untuk estimasi barang sampai ke alamat penerima sekitar 6 jam.
  • Rute pengirimannya mempunyai batas maksimal mencapai 40 km.
  • Batas waktu pemesanan dengan menggunakan layanan Same Day yaitu 16:00 WIB (jam 4 sore). Jika ternyata lewat jam tersebut, pengiriman akan dilakukan keesokan harinya.
  • Barang yang dikirim mempunyai volume relatif kecil, kurang lebih 40 cm x 40 cm x 17 cm.
  • Sementara untuk berat pengiriman barang tidak melebihi 5 kg.
  • Adapun terkait biaya pengirimannya, dikenakan ongkir atau ongkos kirim Rp15.000,00 pada kilometer pertama. Lalu ditambah biaya hingga menjadi Rp20.000,00.

2. Layanan Instant

  • Untuk estimasi barang sampai ke lokasi penerima tidak lebih dari 2 sampai 3 jam.
  • Rute pengirimannya mempunyai batas maksimal 40 km.
  • Batas waktu pemesanannya adalah jam 16.00 WIB (4 sore). Jika ternyata lewat jam tersebut, pengiriman dilakukan pada esok hari.
  • Volume barang yang dikirim relatif besar, kurang lebih 70 cm x 50 cm x 50 cm.
  • Kemudian untuk berat barang yang dikirimkan tidak melebihi 20 kg.
  • Terkait biaya pengirimannya akan dihitung dengan menyesuaikan jarak. Artinya, biaya ongkir atau ongkos kirimnya nanti sesuai kilometer jarak tempuh dari pengambilan sampai ke lokasi tujuan.

Berdasarkan perbedaan keduanya sudah jelas terletak pada biaya kirim serta durasi pengirimannya. Bahkan untuk ongkir saat memakai layanan pengiriman Instant bisa saja lebih mahal dikarenakan beberapa hal berikut:

  • Pengiriman dengan maksud agar lebih cepat sampai ke penerima serta tanpa perlu transit menuju port logistik yang lain. Jadi barang tersebut langsung dikirim penjual ke alamat penerima atau pembeli
  • Pengiriman secara instan dilakukan melalui armada transportasi motor serta mobil yang berukuran kecil. Misalnya mobil van maupun mobil box
  • Volume barang mempunyai kapasitas jauh lebih besar daripada Same Day

Baca juga: Butuh Layanan Pick Up Barang? Paxel Terdekat Solusinya!

Paham Pengiriman Instant dan Bedanya dengan Same Day?

Sekian informasi seputar layanan pengiriman Instant. Jadi, bagi yang memanfaatkan layanan tersebut perlu Anda perhatikan bahwa biaya pengiriman yang harus Anda bayarkan jauh lebih besar. Meskipun demikian, barang Anda dijamin cepat sampai setidaknya tidak lebih dari 3 jam.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!