Resi Otomatis: Pengertian, Manfaat, Cara Mengirim, dan Bedanya dengan Resi Manual

Resi Otomatis: Pengertian, Manfaat, Cara Mengirim, dan Bedanya dengan Resi Manual
resi otomatis

Di zaman perkembangan teknologi seperti saat ini, banyak orang yang lebih nyaman berbelanja melalui marketplace. Biasanya saat belanja online Anda akan diberikan resi otomatis yang digunakan untuk melacak barang ketika proses pengiriman.

Resi juga menjadi bukti dari jasa ekspedisi yang menyatakan bahwa barang telah diterima dan akan segera dikirim ke alamat penerima. Dalam transaksi belanja online, resi menjadi hal yang penting dan wajib diberikan kepada pembeli.

Pengertian Resi Otomatis

Dalam bisnis online, penyedia jasa ekspedisi memegang peran yang sangat penting. Penjual biasanya menggunakan layanan dari ekspedisi untuk mengantar barang kepada pembeli. Sehingga barang bisa sampai tepat waktu dan kondisinya tetap terjaga.

Saat transaksi jual beli selesai dilakukan, Anda akan diberi resi yang berisi nomor kombinasi nomor unik. Resi adalah bukti yang dikeluarkan oleh penyedia jasa ekspedisi untuk memberikan kabar bahwa barang akan segera diantarkan ke alamat pembeli.

Ada dua jenis resi yang biasanya digunakan oleh jasa ekspedisi, yaitu resi dan bentuk otomatis dan manual. Resi otomatis adalah fitur yang dalam platform marketplace yang berfungsi untuk mencatat alamat dan ongkos kirim.

Fitur tersebut cocok untuk Anda yang memiliki bisnis online karena memudahkan saat input data. Bahkan sekarang resi otomatis lebih sering digunakan karena penjual tidak perlu memasukan nomor secara manual.

Baca Juga: Pengiriman Untuk Industri Farmasi

Manfaat Resi Otomatis

Penggunaan nomor resi digunakan untuk memastikan bahwa barang telah dikirim dengan Supaya memudahkan, biasanya penjual dan jasa ekspedisi lebih memilih untuk menginput nomor resi dengan fitur otomatis. Selain itu fitur ini juga memiliki berbagai manfaat, seperti:

  1. Memudahkan Saat Menginput Nomor Resi

Jika menggunakan resi otomatis, Anda tidak akan kerepotan ketika ingin memasukkan nomor resi. Dengan fitur ini, kode resi bisa langsung di input ke dalam sistem marketplace. Sehingga penjual dan pihak ekspedisi tidak perlu menginput nomor resi dengan cara manual.

Selain itu dengan fitur otomatis, Anda bisa mencegah terjadinya kesalahan saat input nomor resi. Setiap nomor resi biasanya telah masuk dalam sistem dan pihak ekspedisi bisa langsung mengirimkannya ke akun marketplace pembeli.

  1. Membantu Meringankan Pekerjaan Penjual

Resi biasanya berisi sejumlah digit angka yang sulit untuk diingat. Banyaknya angka yang digunakan untuk membuat kode resi, seringkali menyulitkan penjual untuk mencatatnya pada setiap paket. Terutama jika permintaan sedang tinggi.

Kehadiran fitur otomatis pada resi akan membantu penjual. Pasalnya dengan fitur ini, nomor akan diinput secara otomatis oleh pihak ekspedisi. Penjual tidak perlu menunggu keluarnya nomor resi dan menuliskannya secara manual.

  1. Membantu Kurir Ketika Proses Pengiriman Barang

Tak hanya menguntungkan bagi penjual, resi otomatis juga membantu kurir saat barang akan dikirim. Kurir dapat mengecek waktu penjemputan dan pengiriman sehingga barang bisa sampai ke alamat penerima tepat waktu.

Selain itu, penjual juga bisa menyiapkan barang terlebih dahulu, supaya ketika kurir datang paket dapat langsung dikirim. Baik kurir maupun penjual tidak perlu menunggu lama agar barang dapat segera sampai ke alamat penerima.

  1. Menghemat Ongkos Pengiriman

Resi yang dibuat secara otomatis juga bisa menghemat ongkos pengiriman. Penjual tidak perlu membayar ongkos kirim ke pihak ekspedisi. Seluruh ongkoso yang yang dibayar akan dipotong dari saldo yang dimiliki.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Logistik

Bagaimana Mengirim Barang dengan Resi Otomatis

Sebelum mengikuti tahapan dalam pengiriman barang, Anda perlu mengetahui tentang cara membuat resi sendiri. Contohnya jika Anda ingin menginput nomor resi melalui salah satu platform marketplace, yaitu Shopee.

Resi otomatis shopee adalah kode atau nomor unik yang dapat dilacak ketika barang berada dalam proses pengiriman. Untuk membuat resi secara otomatis di Shopee, Anda bisa menggunakan aplikasi langsung atau melalui seller center.

  1. Cara Membuat Resi Menggunakan Aplikasi Shopee

Shopee merupakan marketplace yang paling populer dan sering digunakan. Selain menawarkan banyak promo dan gratis ongkir, aplikasi ini juga memudahkan penjual saat ingin membuat nomor resi. Berikut adalah cara membuat resi dengan aplikasi shopee:

  • Buka aplikasi Shopee, lalu pilih Toko Saya.
  • Tekan menu Dikemas lalu pilih pesanan yang ingin dikirim.
  • Klik Atur Pengiriman dan pilih metode yang ingin dipakai untuk pengiriman.
  • Terakhir, klik Konfirmasi dan cetak resi lalu tempelkan pada paket.
  1. Cara Membuat Resi Melalui Seller Center

Selain menggunakan aplikasi Shopee secara langsung, pihak penjual juga bisa membuat resi melalui layanan dari Seller Center. Caranya cukup mudah dan tidak memakan waktu terlalu lama. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Login ke akun Seller Center terlebih dahulu.
  • Tekan menu Pengiriman Saya
  • Klik Buat Nomor Pelacakan lalu masukkan nomor resi.
  • Jika nomor sudah jadi, tekan Kirim.

Setelah berhasil membuat resi sendiri, Anda bisa melanjutkan ke proses pengiriman. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin mengirim barang ke pembeli. Berikut adalah cara-cara yang bisa diikuti untuk mengirim barang dengan resi otomatis, yakni:

  • Pada menu pengiriman, pilih fitur resi untuk membuka pilihan Resi Otomatis.
  • Cetak dan catat nomor resi yang sudah didapatkan secara otomatis.
  • Print nomor resi dan tempel ke paket yang akan dikirim.
  • Pastikan bahwa alamat pengirim dan penerima sudah sesuai supaya nantinya paket tidak hilang.
  • Serahkan paket ke pihak ekspedisi untuk memproses pengiriman.
  • Anda bisa melakukan cek resi setelah barang dikirim untuk melacak keberadaan paket.

Baca Juga: Ekspedisi Pengiriman Ke Luar Negeri Terbaik

Perbedaan Resi Otomatis dan Manual

Saat belanja online biasanya kita akan menemukan istilah-istilah yang terdengar asing, seperti resi dan kode booking. Sebenarnya baik resi maupun kode booking sama-sama penting. Tetapi biasanya kode booking digunakan untuk mengecek apakah barang telah diserahkan ke kurir.

Sedangkan resi berisi nomor yang hanya bisa dilacak ketika barangnya sudah ada di tangan kurir dan sedang dikirim ke lokasi penerima. Ada dua jenis resi yang biasanya dipakai, yaitu resi otomatis dan resi manual.

  1. Resi Otomatis

Resi yang dibuat menggunakan fitur otomatis biasanya diperoleh dari pembelian melalui marketplace. Pihak marketplace telah melakukan kerjasama dengan pihak ekspedisi. Sehingga resi dapat diinput secara otomatis.

Dropship resi otomatis adalah merupakan cara yang digunakan dropshipper untuk membuat nomor resi dengan mudah. Nomor resi yang dibuat ini dapat dilacak langsung oleh pembeli jika barang telah dibawa oleh kurir.

  1. Resi Manual

Selain bisa dibuat secara otomatis, Anda juga bisa membuat resi dengan cara manual. Nomor resi manual biasanya didapat langsung dari konter kurir. Jadi nomor ini akan diinput oleh petugas ekspedisi dan bisa langsung dilacak meski belum dibawa kurir.

Ketika berbelanja secara online melalui marketplace, biasanya Anda akan mendapatkan nomor resi yang dibuat dengan cara otomatis. Resi otomatis dapat dicek langsung melalui aplikasi dari marketplace.

Resi yang dibuat menggunakan fitur otomatis, lebih banyak dipilih dibandingkan resi manual. Pasalnya resi ini lebih mudah untuk digunakan dan bisa mencegah kesalahan dalam menginput nomor. Sehingga paket dapat dilacak.

Baca Juga: Macam-Macam Mobil Box Dan Fungsinya

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!