RFID: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat dalam Dunia Logistik

RFID adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi dengan instan. Radio Frequency Identification biasanya terdiri dari dua yaitu alat untuk mendeteksi dan juga tag yang nantinya akan ditempelkan pada produk.

Penggunaan dari alat ini bisa dilakukan di berbagai sektor. Umumnya digunakan pada sektor keamanan seperti dimanfaatkan sebagai kunci. Selain itu, dalam dunia logistik juga digunakan untuk melakukan pengelolaan.

Apa Itu RFID?

RFID adalah alat yang biasa digunakan untuk mendeteksi suatu informasi dari barang. Apabila barang standar, biasanya akan memiliki informasi dalam bentuk barcode atau QR code.

Namun, cara itu dianggap tidak bisa digunakan secara maksimal apalagi jika bagian pada kode rusak. Sebagai alternatif, dibuatlah cara yang lain yaitu dengan memanfaatkan frekuensi gelombang radio sebagai identitas.

Sebenarnya teknologi ini sudah sering digunakan tetapi beberapa orang tidak memahaminya. Salah satunya adalah teknologi yang biasanya digunakan sebagai kartu untuk membuka kunci di hotel.

Bisa dari atau tidak ternyata itu juga merupakan teknologi RFID. Teknologi ini akan tag sehingga bisa memproses informasi dengan cepat. Untuk mengenali juga cukup mudah yaitu cukup memasukkan atau mendekatkan tag ke penerima.

Cara Kerja RFID Adalah?

Cara kerja yang dimiliki oleh RFID ternyata bisa dilakukan dengan cukup mudah. Secara umum konsep dari penggunaannya bisa disimak di bawah ini.

  1. Alat Penerima Informasi

Alat penerima informasi biasanya akan berbentuk kotak yang sedikit lebih besar. Alat ini biasanya akan tersambung dengan database. Jadi, apabila ada informasi yang ditempelkan, akan langsung dideteksi dan dikenali dengan baik.

Alat penerima informasi ini bisa dalam bentuk portable atau bisa juga dalam bentuk tanam. Apabila dalam bentuk portable biasanya akan dibawa kemana-mana dan dimanfaatkan untuk melakukan proses pengecekan.

Apabila bentuknya tertanam, berarti benda ataupun alat yang nantinya dikenali akan didekatkan. Setelah itu, bisa langsung dilakukan proses pengecekan secara akurat.

  1. Tag Berisi Informasi

Selain alat yang digunakan untuk penerima informasi rumah ada satu lagi alat yang biasanya digunakan. Alat itu sering disebut tag. Dalam alat ini sudah terdapat informasi yang berhubungan dengan produk.

Karena berisi informasi, biasanya alat ini akan berbentuk portable ataupun ditempelkan pada produk. Dalam dunia logistik biasanya akan ditempelkan pada beberapa bagian produk yang memudahkan proses scanning.

Begitu didekatkan dengan alat yang melakukan proses scan, informasi terkait produk itu akan langsung muncul. Selanjutnya, produk itu bisa langsung dikenali dan bisa dilanjutkan untuk proses selanjutnya.

  1. Layar untuk Menampilkan Informasi dan proses Lainnya

Selanjutnya setelah melakukan proses pendeteksian data-data akan ditampilkan secara langsung di bagian layar. Nantinya, orang yang melakukan itu bisa mengeluarkan produk dari gudang ataupun memasukkannya.

Intinya informasi ini akan dilakukan proses manipulasi. Setelah itu, bisa langsung dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Lebih lanjut, informasi ini bisa digunakan juga untuk analisis ataupun pengecekan di kemudian.

Manfaat RFID dalam Logistik

Menggunakan alat ini ternyata bisa memberikan cukup banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat yang akan diberikan oleh para pengguna RFID.

  1. Mudah Mencari Barang

Salah satu manfaat terbesar dari memanfaatkan RFID dalam logistik adalah untuk melakukan proses pencarian. Ini dilakukan dengan cara melakukan pencarian secara langsung atau memanfaatkan gelombang radio.

Normalnya proses pencarian memang akan dilakukan dengan mendekatkan alat deteksi ke beberapa barang. Namun, teknologi ini juga bisa menangkap sinyal gelombang radio dengan jarak maksimal 6 meter.

  1. Mendeteksi Ruang Penyimpanan

Adanya proses keluar masuk pada barang akan mendeteksi adanya ruangan yang penuh ataupun ruangan yang longgar. Dalam gudang yang cukup luas, kemungkinan besar akan sulit untuk mendeteksi adanya ruangan.

Dengan sistem ini gudang ataupun Warehouse bisa dimanfaatkan secara maksimal. Karena bisa mendeteksi mana saja ruangan yang mungkin kosong. Jadi, bisa menghemat waktu untuk melakukan proses pencarian dan penataan.

  1. Percepat Manajemen dan Stok Opname

Proses manajemen pada gudang ataupun warehouse biasanya sedikit sulit untuk dilakukan. Apalagi jika gudang itu memang sangat luas dan menyimpan banyak sekali barang. Risiko untuk mengalami masalah dalam hal stock opname akan semakin tinggi.

Dengan adanya sistem ini maka pengecekan bisa dilakukan secara online atau melalui sistem. Manajemen bisa dilakukan dengan cepat sehingga proses pembuatan laporan juga bisa berjalan dengan lancar.

Kalaupun ada penghitungan manual, biasanya tidak akan memakan waktu yang terlalu lama. Karena yang diperlukan hanya untuk melakukan verifikasi saja karena data yang nantinya tercatat biasanya lebih akurat.

  1. Mudah Diaplikasikan

Pengaplikasian dari RFID ini cukup mudah dilakukan. Bahkan, hanya perlu membeli alat sederhana saja yang mudah ditemukan pada marketplace.

Setelah itu bisa langsung ditempelkan pada beberapa barang. Selanjutnya apabila ada arus keluar masuk barang bisa langsung dilakukan proses pengecekan serta penyortiran secara langsung.

Selain pada dunia logistik, ternyata juga bisa diaplikasikan di berbagai tempat. Intinya apapun yang membutuhkan identitas bisa ditempeli alat ini untuk dicek di kemudian hari.

RFID adalah salah satu metode terbaik yang bisa dilakukan untuk melakukan proses identifikasi. Apalagi prosesnya juga sangat cepat dan bisa memberikan informasi yang sangat akurat. Jadi, bisa digunakan sebagai alternatif barcode.

Dalam dunia logistik, penggunaan dari RFID banyak dimanfaatkan untuk melakukan manajemen pada gudang atau warehouse. Jadi, bisa mengetahui berapa banyak barang yang tersimpan beserta informasi terkait dengan ketersediaan ruang.Ini sangat bermanfaat dalam bidang logistik serta bisa dimaksimalkan lagi apabila menggunakan manajemen pengiriman. Salah satunya adalah dengan menggunakan dashboard dari Biteship. Jadi, proses pengiriman dan pengelolaan bisa berjalan dengan cepat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!