Arti Shipping dan Rekomendasi Platform Shipping

Mungkin masih ada diantara Anda yang belum mengetahui shipping artinya apa, meskipun pernah mendengar istilah tersebut. Ya, istilah ini sebenarnya cukup familiar, terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam bisnis online.

Secara umum, shipping diartikan sebagai aktivitas pengiriman barang yang sering dilakukan dalam bisnis online. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu shipping serta bagaimana cara melakukannya, silakan simak informasi berikut.

Shipping Artinya dalam Bahasa Indonesia

Sekilas telah disinggung mengenai arti shipping yang berhubungan erat dengan aktivitas pengiriman barang. Terutama pada bisnis online shop yang dalam proses penjualannya membutuhkan jasa pengiriman barang sehingga bisa sampai di tangan pembeli.

Dalam hal ini shipping dilakukan untuk memudahkan pengiriman barang dari online shop ke tempat pembeli, baik pada sistem dropship maupun reseller. Perbedaan dropship dan reseller sendiri bisa terlihat dari proses pengirimannya.

Jika diartikan lebih jauh, shipping merupakan sebuah proses persiapan untuk pengiriman barang secara fisik dari lokasi penyimpanan atau gudang menuju ke alamat tujuan. Tentunya sesuai dengan dokumen pemesanan, pengiriman serta syarat penanganan barang.

Meskipun saat ini shipping lebih dikenal sebagai istilah yang menunjukkan aktivitas pengiriman secara umum, namun pada awalnya istilah ini hanya mengacu pada pengiriman barang lewat jalur laut. Dengan perluasan makna yang ada, shipping juga mencakup pengiriman lewat jalur darat dan udara.

Definisi Shipping dalam Berbagai Bisnis

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa shipping artinya kegiatan yang berhubungan dengan pengiriman barang. Dalam hal ini ada pula beberapa definisi shipping yang bisa dijelaskan sesuai dengan bisnisnya, seperti berikut:

  1. Shipping dalam Bisnis Online Shop

Saat ini istilah shipping sering digunakan dalam bisnis online shop dan bisa didefinisikan sebagai proses pengiriman barang yang telah dipesan dari penjual ke pembeli. Istilah ini menjadi lebih spesifik dan sederhana sehingga mudah untuk dipahami.

  1. Shipping dalam Bisnis Ekspor Impor

Pada awalnya istilah shipping memang digunakan untuk kegiatan ekspor dan impor. Meski begitu makna shipping saat ini sudah mengalami pergeseran sehingga penggunaannya pun jadi lebih umum.

Pada kegiatan ekspor dan impor, shipping didefinisikan sebagai pengiriman barang melalui jalur laut, udara, dan darat. Penggunaan jalur laut sendiri dianggap lebih efektif karena bisa memuat barang dalam kapasitas yang cukup besar jika dibandingkan jalur udara dan darat.

Rekomendasi Platform Shipping Terbaik

Setelah mengetahui bahwa shipping artinya adalah proses dan kegiatan pengiriman barang, maka yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah memilih platform shipping terbaik. Hal ini sangat penting agar pengiriman barang berjalan lancar dan sampai di tempat tujuan dengan aman.

Untuk mendapatkan layanan shipping terbaik, Anda bisa mengakses Biteship yang memiliki tampilan user friendly sehingga sangat mudah digunakan. 

Layanan ini menyediakan berbagai macam pilihan kurir yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Mulai dari pengiriman instan, reguler, hingga internasional.

Tentunya ada banyak keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan layanan ini. Salah satunya adalah bisa membuat perbandingan tarif pengiriman sehingga mendapatkan layanan yang paling tepat sesuai kebutuhan.

Melalui platform shipping ini Anda juga bisa menikmati beragam fitur menarik yang tersedia, diantaranya adalah seperti berikut:

Fitur PendukungFungsi
Tracking PengirimanMemungkinkan untuk memantau status pengiriman secara real time.
Simpan AlamatMembantu mempercepat proses input pengiriman.
Prioritaskan Kurir PilihanMemungkinkan untuk memprioritaskan kurir yang diinginkan.
Lihat Semua PengirimanMemudahkan dalam memantau semua pengiriman hanya melalui 1 dasbor saja.

Dengan mengetahui shipping artinya adalah proses pengiriman untuk berbagai jenis barang, maka sudah seharusnya Anda menggunakan layanan yang terpercaya dan terbaik.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!