Shopify vs WooCommerce? Mana yang Lebih Efektif untuk Bisnis?

Shopify vs WooCommerce? Mana yang Lebih Efektif untuk Bisnis?
Shopify vs WooCommerce

Di dalam dunia bisnis online, memilih platform E-Commerce yang tepat, dapat menjadi penentu kesuksesan usaha Anda. Shopify vs WooCommerce menjadi dua toko online besar yang sering menjadi pilihan bagi para pebisnis untuk usahanya. Namun, seringkali keunggulan keduanya membuat mereka sulit menentukan pilihan.

Maka, tidak ada salahnya kalau kita bahas kedua E-Commerce ini lebih banyak lagi, untuk menemukan yang lebih cocok dengan bisnis Anda. Mari simak hingga akhir!

Penjelasan Shopify

Shopify merupakan platform perdagangan online yang memungkinkan siapapun bisa memulai, mengelola, serta mengembangkan usahanya. Melalui layanan ini, Anda akan lebih mudah membangun toko online, menerima pembayaran, memasarkan produk, serta mengelola penjualan.

Sampai saat ini, sudah ada jutaan pemilik bisnis yang memilih Shopify untuk memperkenalkan merek dagang mereka ke kancah dunia. Shopify juga telah membangun fitur dan produk yang mampu mendukung bisnis masa kini.

Penjelasan WooCommerce

WooCommerce ialah plugin berbasis E-Commerce yang cukup banyak digunakan untuk mengubah situs Web WordPress menjadi toko online. Platform ini tidak hanya menciptakan tampilan toko online yang lengkap.

Namun, Anda bisa menemukan serangkaian fitur keren yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tarik visual toko online Anda. 

Kelebihan dan Kekurangan Shopify dan WooCommerce

Dibekali dengan kelebihan serta kekurangan masing-masing membuat Anda pasti bertanya-tanya, antara Shopify vs WooCommerce mana yang cukup baik? Berikut adalah penjelasan yang mungkin dapat Anda pertimbangkan.

Kelebihan Shopify

Shopify dikenal sebagai platform yang menarik juga lengkap. Adapun inilah beberapa keunggulan yang dimilikinya.

1. Keamanan yang Kuat

Jika Anda masih bingung memilih Shopify vs WooCommerce, coba pertimbangkan lagi keunggulan platform Shopify yang pertama ini. Pasalnya, Shopify menempatkan sistem keamanan yang kuat, dengan menggabungkan enkripsi SSL dan pengecekan secara rutin.

Dengan standar keamanan ini, Anda tak perlu khawatir data akan bocor ke kalangan publik. Selain itu, data pelanggan yang sudah masuk ke akun Anda bisa lebih terlindungi dari serangan hacker.

2. Pasar yang Lebih Luas

Keunggulan kedua ialah memiliki pasar yang lebih luas, hingga memungkinkan Anda untuk meningkatkan fungsionalitas toko online. Aplikasi ini juga mencakup berbagai aspek, termasuk analitik, pengiriman barang, pemasaran, dan SEO.

3. Tampilan yang Ramah Pengguna

Shopify juga menawarkan antarmuka atau tampilan yang ramah pengguna, dengan proses pengaturan yang mudah. Ini membuat Anda bisa lebih mudah dalam mengakses ataupun mengedit tampilannya.

4. Bisa Mengelola Hosting Sepenuhnya

Terakhir, Anda diberi kebebasan untuk mengelola hosting sepenuhnya. Tak hanya itu, pengguna juga bisa memaksimalkan pemeliharaan server ataupun pembaharuan keamanan.

Kekurangan Shopify

Meski memiliki keunggulan, Shopify juga tak terlepas dari kekurangan yang wajib Anda pikirkan. Inilah beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui.

1. Berbayar

Kekurangan Shopify yang paling kentara terletak pada biaya. Bisa dikatakan untuk memakai platform ini, butuh modal yang tidak sedikit. Mulai dari berlangganan layanan hingga biaya fungsionalitas lanjutan.

2. Pengeluaran Tema Berbiaya Tambahan

Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan budget untuk memakai tema dan template premium. Harganya tidak murah, terlebih jika Anda melakukan custom desain toko online.

Kelebihan WooCommerce

Sebagai plugin yang cukup dikenal oleh para pebisnis juga pemilik website, ternyata inilah kelebihan WooCommerce.

1. Gratis

Sudah pasti antara Shopify vs WooCommerce membawa keunggulan yang memukau. Jika Shopify mengharuskan Anda berlangganan, untuk WooCommerce tidakklah demikian. Anda bisa memakai hampir semua fiturnya secara gratis.

2. Manajemen Produk yang Fleksibel

Mampu menangani inventaris secara efektif dan menentukan varian produk dengan terstruktur, menjadikan WooCommerce begitu bermanfaat untuk bisnis Anda.  Kelebihan ini tentu tidak dimiliki oleh platform lain.

Bahkan, Anda juga bisa menyertakan atribut produk dengan mudah, untuk menjual barang digital maupun fisik.

3. Add-On dan Plugin Lengkap

WooCommerce memiliki ketersediaan beragam ekstensi dan plugin gratis maupun premium. Keunggulan ini memungkinkan Anda untuk lebih mudah dalam menggabungkan fitur-fitur toko online.

Misalnya, gateway pembayaran, opsi pengiriman produk, informasi mengenai produk, promosi menarik, dan masih banyak lainnya.

4. Pilihan Custom

Kelebihan terakhir dari WooCommerce adalah menyediakan pilihan customisasi. Beragam tema dan template sudah tersedia untuk para pengguna. Hal ini memungkinkan Anda menyesuaikan desain, supaya lebih selaras dan sempurna dengan bisnis Anda.

Kekurangan WooCommerce

Sama halnya dengan Shopify, WooCommerce juga memiliki beberapa kekurangan berikut ini.

1. Keamanan Tidak Terjamin

Selain melihat kelebihannya, kekurangan WooCommerce juga harus dipahami. Terutama dalam aspek keamanan yang kurang terjamin. Jika memilih platform ini, Anda harus mengambil tindakan untuk melindungi data pelanggan serta integritas toko online Anda, dengan memasang tools keamanan tambahan.

Jangan sampai data-data penting malah bocor ke publik atau orang yang tidak bertanggungjawab.

2. Dukungan Terbatas

Meski ada komunitas untuk dijadikan tempat bertanya, versi gratis dari WooCommerce tidak menyediakan dukungan untuk pelanggan resmi. Namun, jika memilih versi premium, Anda bisa mendapatkannya.

3. Butuh Kemahiran untuk Mengedit

Meskipun plugin ini tergabung dengan WordPress, namun untuk membuat tampilan yang bagus dan bisa terintegrasi sempurna dengan toko Anda, maka butuh kemahiran untuk melakukan editing.

Anda tidak hanya harus memahami ilmu dasar design, pengetahuan teknis coding, UI dan UX, SEO, hingga tata letak yang sempurna juga perlu Anda ketahui.

Perbandingan Shopify dan WooCommerce

Masih belum menentukan pilihan terbaik untuk Shopify vs WooCommerce? Coba perhatikan penjelasan tentang perbandingan keduanya di bawah ini!

Fitur

Pada dasarnya, antara Shopify maupun WooCommerce dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan para pengguna dalam menjalankan bisnisnya. Fitur-fitur yang dimiliki keduanya tak jauh berbeda.

Namun, yang membedakannya adalah fitur bawaan. Baik milik Shopify maupun WooCommerce, tidak bisa saling meniru maupun memilikinya. Fitur bawaan hanya dimiliki oleh masing-masing platform.

Desain

Menjadi platform untuk toko online, menjadikan Shopify vs WooCommerce membawa tampilan yang menarik dan bisa dikustomisasi dengan tema. Saat ini, Shopify menyediakan 64 tema premium dan 8 tema gratis. Variasi tema tersebut sangatlah beragam. Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Sementara itu, WooCommerce telah mendukung semua tema WordPress. Jadi, Anda bebas menentukan pilihan.

Kemudahan Pemakaian

Perbandingan terakhir dari Shopify vs WooCommerce terletak pada kemudahan pemakaian. Pasalnya, Shopify hanya memberikan dua tahap yang harus Anda lewati. Sementara WooCommerce melewati lebih banyak tahapan, supaya bisa terkustom dengan toko online Anda.

Sebenarnya, keduanya sama-sama mudah. Dengan tampilan dan pengaturan yang mudah dipahami, tentu Anda tak akan kesulitan untuk memasukkan data-datanya. Oleh karena itu, Anda perlu praktik, supaya bisa membuktikan sistematisnya.

Biteship Memiliki Plugin Pengiriman untuk Shopify dan WooCommerce

Setelah memahami tentang keunggulan, kekurangan, dan perbandingan Shopify vs WooCommerce, pilihan akhir tergantung dari prioritas bisnis Anda. Apapun platformnya, pastikan memanfaatkannya secara optimal.

Demi mempermudah pengelolaan pengiriman barang dan ongkir di toko online Anda, Biteship menawarkan plugin pengiriman yang kompatibel dengan Shopify dan WooCommerce. Pilihan jenis ekspedisi yang bisa Anda tambahkan pun sangat banyak, mulai dari JNE, SiCepat, hingga ekspedisi luar negeri.

Tidak hanya jenis ekspedisi yang beragam, jenis pengiriman pun juga sangat variatif, yakni mulai dari instant hingga kargo. Jadi, Anda bisa mengatur proses pengiriman serta biaya ongkir pesanan pelanggan langsung dari toko online Anda dan pelanggan pun nantinya akan mendapatkan resi secara otomatis saat checkout.

Nikmati semua keunggulan tersebut dengan berlangganan plugin ongkir dan pengiriman Biteship dengan biaya mulai dari Rp99.000,00 saja serta dapatkan fitur penjemputan kurir ke lokasi Anda setelah customer melakukan checkout!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!