Ketahui 5 Tips Hitung Stok Barang Untuk Kelangsungan Bisnis Perusahaan

Ketahui 5 Tips Hitung Stok Barang Untuk Kelangsungan Bisnis Perusahaan

Pada artikel kali ini kita akan membahas seputar tips hitung stok barang, karena perhitungan stok barang adalah salah satu kegiatan yang perlu dilakukan pelaku bisnis untuk menjalankan bisnisnya dengan sukses. 

Meskipun menghitung stok barang terdengar sederhana, ini bukanlah tugas yang mudah, karena dalam praktiknya dibutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga. Apalagi jika Anda memiliki banyak persediaan barang untuk dijual. Ingin tahu bagaimana kelanjutannya? Simak baik-baik ya!

Apa Itu Hitung Stok Barang?

Definisi hitung stok barang adalah tindakan menghitung jumlah persediaan fisik dari persediaan barang dan mencatatnya ke catatan akuntansi perusahaan.

Pada dasarnya, kegiatan ini tidak hanya digunakan untuk menghitung stok barang yang dijual saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menghitung barang lainnya dan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan.

Selain itu, tujuan hitung stok barang adalah untuk merekonsiliasi stok barang fisik dan catatan akuntansi yang dimiliki oleh perusahaan. Pencatatan ini biasanya dilakukan pada akhir tahun, tetapi beberapa perusahaan dengan sistem kontrol yang lebih terstruktur biasanya melakukannya setiap 3-4 bulan.

Kegiatan manajemen yang merekonsiliasi kepemilikan stok barang fisik perusahaan dan catatan akuntansi sangat penting. Agar biaya operasi yang dikeluarkan tidak melampaui seharusnya dan keputusan akan perkembangan bisnis dapat dibuat dengan tepat.

5 Tips Hitung Stok Barang yang Perlu Anda Ketahui 

Berikut ini beberapa tips hitung stok barang yang bisa Anda terapkan pada bisnis: 

1. Pastikan Memiliki Tempat Penyimpanan yang Memadai 

Tips hitung stok barang pertama yakni pastikan Anda memiliki tempat yang cukup besar untuk menyimpan stok barang. Hal itu tergantung pada apa yang Anda jual. Jika Anda hanya menjual aksesori dan pakaian, ruangan kecil dengan rak dan lemari kecil mungkin sudah cukup. 

Namun, jika Anda menjalankan toko kelontong, Anda mungkin memerlukan lebih banyak ruang untuk menyimpan barang-barang, seperti tabung gas, karton mie instan, dll. Belum punya gudang sendiri, jangan berkecil hati. Anda dapat memanfaatkan ruang yang tersisa di rumah Anda. Atur semua item dengan hati-hati agar pas. 

2. Memberikan Kode barang

Tips menghitung stok barang lainnya adalah memberi kode atau memberi nomor pada setiap item. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah membedakan satu jenis item dari yang lain. 

Ini sangat penting, terutama jika Anda menjual puluhan barang. Misalnya, toko aksesoris wanita yang menyediakan kalung, cincin, dan perhiasan lainnya dalam berbagai warna dan ukuran.

Menentukan simbol atau angka, dapat memudahkan untuk menghitung jumlah stok barang yang tersedia. Jika masih bingung, Anda bisa memberikan kode barang berdasarkan jenis atau tanggal saat dipesan.

3. Lakukan Pengumpulan Data Secara Rutin

Tips hitung stok barang selanjutnya yakni jangan lupa untuk menyimpan catatan stok barang secara teratur. Catat semua pergerakan yang terjadi di dalam gudang sedetail mungkin. Mulai dari jumlah barang yang diterima, jumlah barang yang dikeluarkan, jumlah barang yang cacat atau rusak, dll. 

Hal ini untuk mengurangi terjadinya pergerakan barang yang tidak terhitung. Sebab, jika keadaan ini terus berlanjut, perusahaan Anda bisa mengalami kerugian. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk menyimpan catatan secara teratur, tetapkan salah satu karyawan Anda untuk bertanggung jawab atas departemen gudang. 

Minta dia untuk menulis buku catatan atau laporan khusus. Hal ini memungkinkan Anda untuk memeriksa catatan pengiriman masuk dan keluar setiap saat dengan mudah.

4. Hitung Semua Platform Penjualan

Tips ini cocok bagi Anda yang memiliki keinginan untuk menjual produk melalui marketplace. Jika Anda ingin menghitung stok barang, pastikan untuk memasukkan stok pada semua toko di berbagai marketplace yang Anda miliki. 

Karena toko online juga memiliki akun stok sendiri. Bahkan, beberapa platform marketplace tidak mengizinkan Anda menjual barang, kecuali stok barang Anda memenuhi jumlah minimum.

Jadi, pastikan catatan stok barang di akun marketplace Anda sesuai dengan jumlah barang yang ada di gudang. Pastikan juga untuk mengurangi catatan stok barang yang Anda buat di gudang, setiap kali penjualan dilakukan di platform marketplace

5. Lakukan Analisa Laporan Perhitungan Stok Barang Secara Menyeluruh 

Setelah Anda membuat catatan stok barang dengan rapi, lakukan analisis secara menyeluruh. Perhatikan baik-baik, berapa banyak penjualan setiap bulannya. Kemudian, pastikan juga kapan gudang akan kehabisan stok barang. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi kapan harus memproduksi kembali barang yang akan dijual.

Ingat, bahwa Anda tidak bisa menimbun produk terlalu banyak. Hal ini tidak efisien secara fisik dan menghambat perputaran modal, karena digunakan untuk membeli komoditas yang sulit dijual. Di sini Anda dapat melihat betapa pentingnya pelaporan stok barang yang akurat untuk menciptakan bisnis yang sukses dan kuat.

Baca Juga: Buku Stok Barang: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya Terlengkap

Manfaat Adanya Hitung Stok Barang

Setelah mengetahui tips hitung stok barang, Anda juga perlu tahu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan saat rutin menghitung stok barang.

1. Dapat Mengetahui Secara Pasti Jumlah Barang

Ketika Anda menghitung stok barang secara berkala, tentunya Anda akan lebih mengetahui berapa jumlah pasti stok barang yang Anda miliki. Sehingga, terhindar dari manipulasi jumlah barang secara fiktif.

2. Mengurangi Kesalahan

Salah satu manfaat yang harus Anda ketahui dengan memiliki laporan perhitungan stok barang yakni mampu mengurangi kesalahan. Ini karena laporan tersebut mengkonfirmasi apakah barang tersebut keluar atau masuk. Oleh karena itu, setiap kesalahan bisa segera diperbaiki.

3. Sarana dalam Kecepatan Pengambilan Keputusan

Salah satu manfaat memiliki laporan perhitungan stok barang adalah bisa menjadi sarana untuk mengambil keputusan yang lebih cepat. Misalnya, jika suatu produk diketahui sudah tidak laku dijual, Anda dapat memutuskan untuk tidak memproduksinya lagi dan memproduksi barang baru.

4. Untuk Analisis Perkembangan Bisnis 

Laporan perhitungan stok barang juga memungkinkan Anda menganalisis perkembangan bisnis. Anda dapat melihat apakah ada perbedaan jumlah stok barang pada saat ini dan sebelumnya.

5. Dapat Mengetahui Arus Masuk dan Keluar

Manfaat terakhir yang perlu Anda ketahui adalah bisa memahami alur keluar masuk barang. Anda dapat melihat ini di laporan perhitungan stok barang harian atau bulanan. Dari laporan tersebut, Anda juga bisa merencanakan rencana selanjutnya untuk perkembangan bisnis Anda.

Sudah Tahu Bagaimana Tips Hitung Stok Barang?

Demikian penjelasan secara lengkap bagaimana tips menghitung stok barang yang mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan bagi kelangsungan persediaan barang di gudang perusahaan Anda. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!