Pengertian, Tips Penulisan, dan Contoh Copywriting Menarik

Pengertian, Tips Penulisan, dan Contoh Copywriting Menarik
contoh copywriting

Ingin tahu gimana cara buat berikut contoh copywriting yang bagus dan menarik? Ini memang masih sering dianggap sebagai sesuatu yang sepele. Padahal, menerapkannya buat kebutuhan digital marketing akan beri efek yang sangat besar. Apa benar begitu? Yuk, cari tahu!

Apa Itu Copywriting?

Secara sederhana, copywriting adalah teknik penulisan dalam media digital yang bersifat persuasif dan call to action. Maksudnya, kata-kata yang tertulis tersebut dimaksudkan untuk membujuk konsumen agar melakukan transaksi pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Copywriting dikerjakan oleh penulis khusus yang memahami tentang dasar dan tekniknya dengan gelar copywriter. Adapun copywriting sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut di antaranya:

  • Direct Response Copywriting: Berupa tulisan ajakan pada konsumen untuk mengunjungi dan bertransaksi di sebuah halaman secara langsung.
  • Marketing Copywriting: Sebuah konten tulisan yang menjabarkan keunggulan suatu produk atau jasa dengan tujuan meyakinkan konsumen.
  • Brand Copywriting: Tulisan berisi sejarah atau detail suatu merek untuk membangun image dan awareness.
  • SEO Copywriting: Merupakan konten tulisan berupa artikel yang tujuannya mengejar ranking di mesin pencarian. Konten ini bertujuan untuk menjadikan halaman resmi sebuah produk menduduki peringkat pertama dalam pencarian.
  • Technical Copywriting: Sekilas mirip dengan brand copywriting, namun dengan pembahasan yang lebih mendalam dan bersifat teknis.

Baca Juga: Apa Itu Copywriting: Pengertian, Jenis, Cara Buat, dan Contohnya

Tips Membuat Copywriting yang Bagus dan Menarik

Sebelum memberi contoh copywriting yang ampuh, Anda perlu lebih dulu tahu tips dalam membuat konten tulisan iklan yang bagus dan menarik. Seperti apa sih? Ini dia tips selengkapnya:

1. Menentukan Tujuan Penulisan 

Apakah tujuan yang ingin Anda raih melalui iklan digital tersebut? Meningkatkan target penjualan, membangun dan mengembangkan brand awareness, atau sekadar edukasi konsumen? Anda harus menentukannya paling awal sebelum mulai membuat.

2. Memahami Produk / Jasa yang Ditawarkan

Waktu Anda ingin membuat tulisan copy, hal wajib yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah memahami produk atau jasanya. Spesifikasi, layanan, harga atau tarif, dan detail lain untuk mencantumkannya secara akurat dalam konten.

3. Mempelajari Target untuk Menentukan Konsep yang Sesuai

Konsumen punya preferensi yang berbeda-beda, namun mudah diklasifikasikan. Anda perlu mempelajari karakter mereka, kemudian menentukan jenis konsumen seperti apa yang dituju. Nah, baru setelah itu, Anda dapat menentukan konsep penulisan iklan digital yang sesuai.

Misalnya, generasi milenial lebih suka contoh copywriting yang semi formal tapi detail. Sedangkan generasi Z menyukai model tulisan iklan pendek dan padat. Hal sekecil itu wajib Anda sesuaikan dengan target konsumen agar lebih mudah menarik mereka.

4. Gunakan Tagline atau Headline Menarik dan Mudah Diingat

Berikutnya, Anda wajib menggunakan tagline maupun headline yang mudah untuk target konsumen ingat. Waktu berhasil melakukan point yang satu ini, target pasar yang Anda tuju akan langsung tertuju pada produk atau jasa.

5. Pilih Kata yang Sederhana Tapi Menyentuh

Tidak bisa dimungkiri kalau pemilihan diksi dalam penulisan copy memang harus selektif dan tepat. Anda nggak boleh pakai kalimat bertele-tele dan sulit dipahami. Pilih kata yang sederhana, namun bisa menyentuh langsung target konsumen.

6. Memasukkan Unsur Ajakan alias Persuasif

Terakhir, Anda wajib memasukkan unsur call to action pada konsumen alias ajakan untuk melakukan sesuatu – sesuai tujuan pembuatan konten copywriting. Kata-kata persuasif atau bujukan yang mensugesti perlu dimasukkan dalam tulisan iklan digital tersebut.

Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Engagement Media Sosial untuk Bisnis Online

Deretan Contoh Copywriting Sederhana dan Menarik

Cukup lengkap bukan penjelasan tentang deskripsi hingga tips dalam membuat tulisan copy? Nah, selanjutnya, di bawah ini adalah beragam contoh copywriting yang bisa Anda pelajari biar lebih paham:

1. “Edisi TERBATAS! 30 pcs saja di seluruh Indonesia! Monbebe x Black Hole bisa didapatkan sekarang. Buruan dapatkan T-shirt limited edition ini sekarang!”

Penggunaan kata ‘khusus’, ‘terbatas’, dan ‘limited edition’ di atas sangat ampuh buat mensugesti konsumen biar segera melakukan pembelian. Sebab, mereka pasti akan merasa takut kehabisan edisi tersebut.

2. “HARGA SPESIAL berlaku hanya hari ini! Smartphone SZT A5 dengan kamera 108 MP dan kamera depan 32 MP, RAM 6/256 GB bisa Anda bawa pulang dengan harga Rp2,300,000,00,- saja. Khusus untuk 1000 pembeli pertama, selanjutnya harga normal. Check out sekarang!”

Embel-embel harga khusus selalu ampuh buat menarik minat pembeli. Terlebih buat produk yang baru rilis ke pasaran. Memberi harga diskon akan bantu mempercepat penjualan dan otomatis juga meningkatkan popularitas produk dengan mudah.

3. “Aktivitas super padat jadi badan terasa lemas kehabisan tenaga? Anda butuh pijat relaksasi untuk melenturkan otot-otot yang tegang dan membuat tubuh lebih ringan. Badan segar, pikiran pun kembali terang. Yuk, hubungi layanan homecare massage kami sekarang!”

Waktu mempromosikan jasa, pastikan Anda menonjolkan manfaat dari penggunaan layanan tersebut terhadap konsumen seperti contoh copywriting di atas. Selain itu, penawaran jasa nggak boleh terlalu berlebihan karena target justru tidak akan percaya dan memilih penyedia jasa lain.

4. “Mengalami fase usia muda tapi badan jompo? Jangan lupa sediakan X aromatherapy roll on untuk menemani Anda sepanjang waktu. Selain meredakan lelah, meringankan sakit kepala dan gejala flu, sekaligus bisa memberikan efek rileks. Dapatkan sekarang juga di apotek terdekat!”

Pakai istilah populer, misalnya muda tapi badan jompo seperti di atas juga sangat ampuh buat copywriting. Ini tidak lepas dari kondisi di lapangan yang memang banyak mengalami hal semacam itu.

5.“Mau nonton konser artis Kpop kesayangan? Pastikan booking tiketnya di TiketFlash.com yang terpercaya, mudah, dan cepat. Server anti down dan menggunakan keamanan tinggi. Say bye pada para calo!”

Contoh penulisan copy di atas berisi ajakan untuk membeli tiket secara legal di sebuah platform sekaligus pesan untuk tidak menggunakan jasa calo dengan harga mencekik. Promosi sekaligus memberikan edukasi.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Menyusunnya

Mana Contoh Copywriting Paling Menarik?

Cukup banyak bukan contoh copywriting yang tertera di atas? Penggunaan kalimat sederhana, pemberian informasi yang akurat, serta kalimat persuasif merupakan intisari dari tulisan copy. Anda bisa lakukan sendiri atau pilih buat pakai jasa copywriter untuk hasil lebih maksimal jika kurang percaya diri. 

Apa dana yang Anda keluarkan bakal sesuai dengan hasil yang diperoleh? Tentu saja, asalkan Anda bisa pilih copywriter berpengalaman dan punya rekam jejak bagus. Tulisan atau konten copy yang tepat dijamin bisa bangun dan tingkatkan brand awareness sampai tingkat penjualan produk atau jasa.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!