2 Cara Mengecek Keberadaan Paket Menggunakan Nomor Resi

2 Cara Mengecek Keberadaan Paket Menggunakan Nomor Resi
Cara mengecek keberadaan paket

Di era bisnis online sedang menjamur ini, pastinya Anda pernah berbelanja online, bukan? Saat berbelanja online Anda perlu mengetahui cara mengecek keberadaan paket untuk mengetahui proses pengiriman sudah sampai tahap mana dan kapan paket tersebut diperkirakan akan datang.

Tiap ekspedisi memiliki caranya sendiri dalam menyediakan layanan pelacakan paket untuk pelanggannya. Namun, apabila Anda memiliki banyak paket yang dikirimkan secara bersamaan melalui ekspedisi berbeda pasti akan sangat merepotkan untuk mengecek satu per satu.

Proses Pelacakan Paket

Pelacakan paket merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memonitor barang kiriman melalui platform online. Kegiatan ini banyak digunakan pada proses jual beli secara online untuk mengetahui status dan keberadaan barang yang telah dibeli.

Cara mengecek keberadaan paket akan berbeda tiap-tiap ekspedisi yang digunakan, bisa melalui website resmi, aplikasi mobile, atau bahkan keduanya. Namun, apabila Anda memiliki banyak paket yang dikirimkan secara bersamaan pasti akan memakan banyak waktu untuk mengeceknya.

Oleh karena itu, Biteship hadir dengan memberikan kemudahan yang berupa fitur untuk melacak banyak paket dari ekspedisi yang berbeda hanya dengan satu kali klik. Seluruh status paket Anda akan muncul secara lengkap dan real time.

Cara mengirim paket dan proses pelacakannya dapat dilakukan dengan menggunakan nomor resi yang diperoleh setelah paket berhasil diproses oleh ekspedisi pengiriman.

Tentang Nomor Resi

Resi merupakan sebuah rangkaian nomor unik yang diperoleh dari ekspedisi ketika paket sudah diproses untuk dikirimkan. Nomor ini berfungsi sebagai kode paket yang bisa dikenali saat melakukan pelacakan paket.

Tiap-tiap nomor resi yang diberikan oleh pihak ekspedisi akan mengandung informasi, sebagai berikut:

  • Nama dan deskripsi barang
  • Nama, alamat lengkap, dan nomor telepon penerima
  • Nama, alamat lengkap, dan nomor telepon pengirim

Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket dengan Benar 

Cara Mengecek Keberadaan Paket Menggunakan Nomor Resi

Berikut ini adalah cara-cara melacak paket menggunakan nomor resi:

1. Buka Website atau Aplikasi Ekspedisi

Langkah pertama adalah dengan membuka website ekspedisi yang digunakan untuk mengirim paket. Selain menggunakan situs resmi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi mobile aplikasi maupun website seperti Biteship.

2. Copy Paste Nomor Resi

Setelah menentukan platform yang digunakan untuk melacak paket, Anda bisa mengcopy nomor resi dan mempastenya ke kolom pelacakan. Dengan melakukan pelacakan ini, Anda dapat menemukan beberapa informasi seperti lokasi terkini, estimasi waktu tiba, hingga kontak kurir yang membawanya.

Fungsi Nomor Resi

Selain untuk proses pelacakan, nomor resi memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Tanda Bukti Barang Sudah Dikirim

Nomor resi akan langsung diberikan kepada pengirim setelah paket diserahkan ke pihak ekspedisi untuk dilakukan proses pengiriman. Nomor ini dapat dikirimkan kepada pembeli sebagai bukti barang telah dikirim dan agar pembeli dapat melacak barang dibelinya.

2. Melacak Paket

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa nomor resi dapat digunakan pembeli untuk melacak paket barang yang dibelinya. Selain itu, nomor resi juga memberikan informasi mengenai estimasi waktu paket akan sampai.

3. Identitas Paket

Dalam beberapa kasus, alamat yang tertera pada paket tidak dapat ditemukan sehingga pihak ekspedisi akan menyimpanya di kantor terdekat dengan alamat yang tertera.

Dengan begitu, penerima yang merasa paketnya belum sampai bisa mengambilnya dengan menunjukkan bukti berupa nomor resi dan dokumen pendukung lainnya, seperti fotocopy KTP atau bisa juga dengan menggunakan identitas lain.

Baca Juga: Cara Lacak Paket Luar Negeri Shopee Dengan Cepat dan Mudah

Lacak Paketmu Secara Real-Time dengan Biteship

Cara mengecek keberadaan paket di atas akan sangat membantu untuk mengatasi rasa was-was mengenai kondisi paket yang sedang berada dalam perjalanan. Dengan melakukan pelacakan, segala kendala yang terjadi dalam proses pengiriman akan segera diketahui dan dicarikan solusinya.

Selain mengecek resi melalui laman cek resi Biteship, Anda juga bisa mengintegrasikannya langsung di website Anda dengan API tracking Biteship. Selain itu, Biteship juga memiiki fitur baru yaitu Whatsapp Notification. Fitur ini akan memberikan update keberadaan paket secara real-time melalui pesan Whatsapp. Dengan pemberitahuan mengenai lokasi paket, pembeli akan merasa lebih aman serta kepuasan pembeli pun akan meningkat.

Ingin tahu lebih lanjut tentang integrasi API Biteship? Hubungi tim kami di nomor berikut:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!