3PL: Pengertian, Jenis Layanan, dan Manfaatnya

3PL: Pengertian, Jenis Layanan, dan Manfaatnya
3pl adalah

Jika Anda memiliki bisnis online pasti sudah tidak asing dengan istilah 3PL atau Third Party Logistics. 3PL adalah ekspedisi atau jasa pengiriman yang membantu berbagai pengiriman barang hingga ke pelosok daerah dan sekarang semakin banyak ekspedisi di Indonesia.

Setiap jasa pengiriman menawarkan harga yang terjangkau, layanan lengkap dan kecepatan dalam mengirimkan barang. Apapun itu, Anda harus mengenal terlebih dahulu apa itu 3PL sebelum menggunakannya sebagai salah satu bagian dalam menjalankan bisnis online. 

Pengertian 3PL Adalah?

3PL sering diartikan sebagai sebuah perusahaan logistik yang membantu perusahaan logistik, seperti perusahaan manufaktur untuk melakukan beberapa tugas di manajemen supply chain. Tugas utama dari 3PL adalah pengiriman barang dari trucking sampai keperluan gudang. 

Tugas logistik pasti akan memakan biaya, waktu dan tenaga untuk mengelolanya sehingga keberadaan 3PL dapat membantu perusahaan dalam mengelola logistik ataupun penyimpanan barang. 

Beberapa vendor pengiriman atau ekspedisi juga memerlukan 3PL untuk membantu pengiriman ke daerah terpencil atau melebihi kapasitas karena perusahaan 3PL memiliki teknologi canggih yang bisa dimanfaatkan untuk live tracking atau layanan lainnya. 

Secara garis besar, perusahaan 3PL di Indonesia sudah semakin berkembang dan terbagi menjadi logistik teknologi, penyedia gudang, perusahaan kurir, perusahaan logistik hingga freight forwarder

Baca Juga: Ketahui Manfaat Pengiriman Instant Untuk Bisnis Anda

Fungsi 3PL

Sebagai perusahaan pendukung logistik, 3PL mampu memenuhi kebutuhan logistik dengan baik. Selain itu, masih ada beberapa fungsi lain yang dimiliki 3PL, yakni:

  • Manajemen logistik
  • Menyimpan unit perusahaan pada penyimpanan aman
  • Label
  • Bekerja sama dengan lembaga pemerintahan di Indonesia
  • Memiliki SDM yang terampil untuk logistik
  • Melakukan pengemasan dan pengiriman barang ke lokasi tujuan
  • Memberikan layanan logistik hingga ke pelosok daerah
  • Bekerja sama mendapatkan pelanggan
  • Melakukan retur barang yang rusak.

Manfaat Layanan 3PL

1. Menghemat Pengeluaran

Manfaat pertama dari layanan 3PL adalah mampu mengurangi pengeluaran perusahaan. Perusahaan harus memiliki penyimpanan, pengiriman, transportasi darat, software manajemen inventaris hingga SDA untuk mengelola bagian logistik sehingga biayanya besar.

Meski perusahaan benar-benar membutuhkan bagian tersebut, tapi Anda harus anggaran biaya yang dibutuhkan untuk melengkapi bagian tersebut. Diperlukan biaya yang sangat tinggi untuk pembangunan yang terbilang masif dalam mencapai logistik berkualitas. 

Belum lagi fokus yang terbelah karena Anda harus membuat fungsi logistik sendiri dan hal ini bisa menghambat bisnis. Itulah mengapa keberadaan 3PL sangat membantu perusahaan dalam memenuhi fungsi logistik sekaligus dapat menghemat biaya yang dikeluarkan. 

2. Menghemat Waktu dan Pengiriman Lebih Profesional

Bukan hanya masalah biaya, bagian logistik juga akan menyita banyak waktu dalam pembuatan maupun pengelolaannya. Ada baiknya Anda menggunakan layanan 3PL untuk mengelola bagian logistik, apalagi mereka sudah berpengalaman dan memahami aturan. 

Menariknya, 3PL bisa mengurus penjualan yang dimulai dari pabrik, pengawasan sampai pengiriman ke pelanggan sehingga waktu Anda bisa lebih fokus pada pekerjaan lain. Belum lagi dengan SDM 3PL yang berpengalaman jadi pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Pengalaman yang dimiliki 3PL dalam mengelola bagian logistik akan membuat perusahaan Anda ke tingkat yang lebih tinggi atau profesional. Dengan begitu, kredibilitas perusahaan akan semakin dipercaya karena manajemen service yang unggul.

3. Membantu Menemukan Shipper Vendor Pengiriman 

Tidak mudah untuk menemukan jasa pengiriman yang berpengalaman, profesional dan sesuai kebutuhan bisnis, apalagi untuk muatan barang besar atau sedang. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada 3PL yang bisa mengatasi masalah tersebut. 

Layanan 3PL membuat pengiriman semakin mudah karena mereka memiliki transporter sendiri sehingga Anda bisa mendapatkan muatan tiap hari dengan mudah. Pengiriman barang dengan muatan besar tidak lagi menjadi masalah jika Anda menggunakan 3PL.

Bukan hanya itu saja, 3PL biasanya juga memberikan penawaran dana dan fitur layanan terintegrasi dengan aplikasi sehingga Anda bisa mendapatkan pelayanan secara cepat melalui smartphone, khususnya bagi perusahaan yang sering melakukan safety stock.

Baca Juga: Rekomendasi Mitra Logistik Bisnis Pakaian

Jenis Layanan 3PL

1. Service Developer

Sebagian perusahaan 3PL menyediakan layanan service developer yang meliputi berbagai layanan kompleks, seperti Special Case Delivery, Tracking Service, Escort untuk keamanan barang hingga Cross Docking yang membuat bagian logistik di perusahaan Anda.

Layanan ini menggunakan sistem IT yang sudah solid sehingga layanan bisa fokus pada ruang lingkup dan ekonomi yang lebih besar dibanding standar 3PL provider yang biasa digunakan. Dengan begitu, perusahaan bisa memberikan pelayanan logistik lebih baik. 

Biasanya, perusahaan yang melakukan kerja sama dengan 3PL adalah perusahaan manufaktur yang sudah besar karena dibutuhkan keahlian khusus, mulai dari pengiriman, pergudangan hingga penjagaan khusus yang memang diperlukan perusahaan besar. 

2. Customer Developer

3PL sering disebut sebagai tingkat paling tinggi penyedia logistik karena layanan yang diberikan sudah terintegrasi dengan pengguna jasa 3PL. Seluruh fungsi logistik di perusahaan akan dialihkan ke 3PL yang lebih profesional dan berpengalaman di bidang ini. 

Layanan ini mampu melakukan berbagai fungsi logistik secara terperinci sesuai kebutuhan perusahaan yang menggunakannya. 3PL memegang satu kontrak pelanggan dalam kontraknya lalu jasa ini melakukan sourcing kontrak pada berbagai vendor di lingkup mereka.

Umumnya, perusahaan manufaktur akan memberikan tugas untuk mengelola urusan logistik pada 3PL secara penuh. Banyak keuntungan yang akan mereka dapatkan dengan mengandalkan 3PL, seperti hemat tempat, biaya, waktu dan sumber daya lebih profesional.

3. Customer Adapter

Layanan terakhir dari 3PL adalah customer adapter yang mengerjakan pelayanan sesuai permintaan perusahaan. Pada dasarnya, 3PL bertugas sebagai kontrol dalam kegiatan logistik perusahaan untuk meningkatkan kinerja logistik secara dramatis tanpa adanya layanan baru. 

Tanpa layanan 3PL, perusahaan harus mengembangkan layanan baru yang berperan dalam mengelola bagian logistik sehingga perlu adanya anggaran tersendiri yang relatif lebih besar. Itulah mengapa banyak perusahaan lebih memilih menggunakan layanan 3PL ini.

Dibanding kedua layanan yang sudah dibahas sebelumnya, pengguna layanan customer adapter terbilang cukup kecil. Meski begitu, layanan ini tetap memberikan keuntungan tersendiri jika sesuai dengan kebutuhan perusahaan, khususnya di bagian logistik.Pemilihan perusahaan 3PL adalah bagian penting yang harus dipertimbangkan. Jika Anda sedang mencari perusahaan 3PL dengan layanan dan fitur lengkap, percayakan saja pada kami, Biteship untuk mengelola bagian logistik secara profesional dan berpengalaman.

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Pengiriman Untuk Bisnis dan Pengiriman Pribadi

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!