4 Alasan Mengapa Maklon adalah Sistem Bisnis yang Menguntungkan

4 Alasan Mengapa Maklon adalah Sistem Bisnis yang Menguntungkan
Maklon adalah

Maklon adalah salah satu jasa yang ada dalam dunia bisnis yang memainkan peran penting dalam industri kosmetik, farmasi, makanan, hingga pakaian, sehingga membantu suatu perusahaan dalam mencapai efisiensi biaya, skala produksi, dan berkonsentrasi pada kompetensi inti. 

Apa Itu Maklon?

Manufaktur komisi atau maklon adalah suatu praktik di mana sebuah perusahaan atau produsen menyewa pihak lain untuk memproduksi produk perusahaan. Dalam bisnis maklon, si pemilik produk mempercayakan fasilitas dan keahlian produsen kontrak untuk menghasilkan produk sesuai keinginan mereka. 

Jasa maklon sering digunakan oleh suatu perusahaan karena beberapa alasan, seperti menghemat biaya produksi, memusatkan inti bisnis, memperluas kapasitas produksi, mengakses keahlian khusus, dan lain sebagainya. Jadi, perusahaan hanya fokus pada desain, pemasaran, dan distribusi produk. 

Apakah Maklon Legal?

Misi  jasa maklon adalah untuk mewujudkan suatu produk yang pebisnis atau perusahaan penyewa inginkan dengan mengeluarkan sedikit modal. 

Dasar hukum jasa maklon di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Undang-Undang Pajak Penghasilan (PPh), dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 32/PMK.010/2019, dan PMK No. 1414/PMK.03/2015. Jadi, legalitas jasa maklon sudah terjamin dan dilindungi badan hukum Indonesia. 

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat kesepakatan maklon yang diatur dalam kontrak yang berisi aturan mengenai biaya, kualitas, waktu pengiriman, dan hal kekayaan intelektual produk. Oleh sebab itu, maklon kini telah menjadi salah satu strategi dalam bisnis yang sudah umum digunakan dalam berbagai macam industri. 

Baca juga: SLA yang Efektif bagi Penyedia Layanan dan Konsumen

Produk Apa Saja yang Sering Dibuat dengan Jasa Maklon?

Terdapat berbagai macam jasa maklon yang ada dalam dunia bisnis. Beberapa jenis maklon yang banyak diminati oleh permintaan pasar berdasarkan produk yang dihasilkan ialah maklon kosmetik, makanan, minuman, konveksi, bahan herbal, hingga sepatu. 

Perlu Anda ketahui bahwa maklon konveksi dan kosmetik menjadi dua jasa maklon yang sering digunakan. Hal ini bukan tanpa sebab, maklon konveksi sendiri bisa menghasilkan banyak produk, seperti hijab printing, jersey, dan beragam jenis pakaian lainnya. 

Sementara itu, maklon kosmetik juga ramai digunakan karena kosmetik kini sudah menjadi salah satu hal yang penting bagi laki-laki maupun perempuan untuk menunjang penampilan. Jasa maklon kosmetik ini biasanya meliputi pengembangan formula hingga pengiriman produk sesuai ketentuan yang diberikan pemilik merek. 

Berapa Lama Pengerjaan Maklon dalam Membuat Produk?

Perkiraan waktu dalam mengerjakan suatu produk oleh jasa maklon tentu tidaklah sama antara maklon satu dan lainnya. Pada umumnya pihak jasa maklon akan mempertimbangkan beberapa hal, seperti pembuatan sampel produk, pendaftaran HKI, BPOM, sertifikasi halal oleh MUI, dan produksi produk. 

Apabila ditotal, perkiraan waktu dalam mengerjakan produk bisa sampai berbulan-bulan. Mungkin sekitar 3-6 bulan mengingat pendaftaran produk ke BPOM dan sertifikasi halal MUI tergantung antrean dan jumlah produk yang didaftarkan. 

Apa Keuntungan Menggunakan Jasa Maklon?

Pada dasarnya, jasa maklon memiliki tujuan utama untuk memudahkan proses produksi barang. Selain itu, keuntungan lain dari menggunakan jasa maklon adalah sebagai berikut.

1. Mengefisiensi Biaya Produksi 

Menggunakan jasa maklon diharapkan mampu mengurangi biaya pengeluaran dalam memproduksi suatu produk. Perusahaan yang menggunakan jasa mereka tidak perlu mengeluarkan investasi pada infrastruktur produksi, sehingga mengirit biaya modal dan operasional.

2. Memberikan Skalabilitas Produksi 

Maksud dari skalabilitas ini ialah kemampuan produsen dalam meningkatkan atau menurunkan produksi sesuai dengan permintaan perusahaan tanpa menganggu efisiensi produksi. 

Kontrak jasa maklon salah satunya berisi fleksibilitas produsen mengenai penyesuaian kapasitas produksi dengan cepat tanpa investasi besar pada alat dan fasilitas baru.  

Fungsi dari skalabilitas  adalah memungkinkan perusahaan beradaptasi dengan fluktuasi pasar (perubahan harga pasar) dan permintaan tanpa menanggung risiko produksi barang berlebih atau kekurangan barang. 

3. Fokus pada Core Competencies

Core competencies merupakan kemampuan dalam memberikan keunggulan pada strategi bisnis. Fokus pada core competencies yang ada dalam jasa maklon mengacu pada keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan memusatkan inti bisnis, sementara produksi diserahkan kepada pihak lainnya. 

Oleh sebab itu, perusahaan mampu mengarahkan sumber daya dan energi yang mereka miliki pada inovasi, pengembangan, dan strategi pemasaran produk apabila menggunakan jasa maklon. 

4. Mengurus Izin dan Sertifikasi Lebih Gampang 

Pada umumnya, produsen jasa maklon yang terpercaya telah memiliki izin produksi sehingga produk yang dihasilkan telah terjamin legalitas dan keamanannya. Produsen juga akan membantu Anda dalam mengurus proses registrasi BPOM dan sertifikasi keamanan produk yang lain, seperti sertifikat Halal oleh MUI. 

Baca juga: Cara Daftar Online Bantuan UMKM Lengkap dengan Syaratnya

Bagaimana Cara Menggunakan Jasa Maklon?

Dalam mengimplementasikan sistem maklon, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda ambil. Poin-poin yang perlu Anda garis bawahi untuk menggunakan jasa maklon adalah sebagai berikut.

1. Mengidentifikasi Kebutuhan dalam Produksi 

Poin penting pertama yang perlu Anda garis bawahi apabila ingin menggunakan jasa maklon adalah dengan mengidentifikasi terlebih dahulu kebutuhan produksi Anda. Identifikasi ini terdiri dari menentukan jumlah, jenis, dan spesifikasi teknis yang harus terpenuhi. 

Tujuan dari identifikasi ini ialah untuk memastikan harapan perusahaan dan kemampuan produsen maklon selaras dan menghindari ketidakcocokan produksi. Selain itu, identifikasi juga berguna untuk memastikan kualitas dan konsistensi produk, sehingga proses maklon berjalan lancar dan efisien. 

2. Memilih Pemilik Jasa Maklon yang Tepat 

Memilih jasa maklon atau produsen menjadi salah satu tahapan yang krusial dalam menerapkan sistem maklon ini. Oleh sebab itu, diperlukan evaluasi yang teliti pada kemampuan, reputasi, dan kecocokan produsen dengan kebutuhan perusahaan. 

Dengan memilih produsen yang tepat, perusahaan akan meminimalisir adanya risiko potensial seperti penurunan kualitas, penundaan, dan masalah lainnya dalam proses produksi. 

3. Menyusun Perjanjian untuk Bekerja Sama 

Perjanjian kerja sama menjadi salah satu kunci penting dalam menggunakan jasa maklon. Isi dari perjanjian penggunakan jasa maklon adalah uraian mengenai seluruh aspek kerja sama antara produsen dan perusahaan. 

Detail yang ada dalam perjanjian mencakup spesifikasi dan volume produk, jadwal, standar kualitas yang ditentukan, hak serta tanggung jawab kedua belah pihak, dan sebab-sebab yang menjadikan penghentian atau perubahan kontrak. 

Sistem Jasa Maklon Memberi Pengaruh pada Industri Bisnis

Berdasarkan uraian di atas, adanya sistem jasa maklon ini memberikan pengaruh positif pada industri bisnis atau manufaktur. Dengan adanya maklon, kedua belah pihak antara produsen dan perusahaan sama-sama diuntungkan. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!