Simple dan Menarik, Ketahui 4 Contoh Storyboard untuk Konten

Simple dan Menarik, Ketahui 4 Contoh Storyboard untuk Konten
contoh storyboard

Mengusung konsep perencanaan ringkas dan jelas, contoh storyboard tampil apik dalam bentuk rangkaian gambar serta adegan yang sistematis. Selain mampu menggambarkan penyampaian gagasan dengan baik, storyboard juga dapat menghadirkan proses produksi konten yang lebih efektif. 

Adapun, kehadiran storyboard tak hanya muncul untuk pembuatan film layar lebar saja, melainkan lumrah digunakan pada iklan, film pendek, media sosial, atau video game. Artikel ini akan membahas secara detail tentang definisi, manfaat, hingga contoh dari storyboard. Tanpa berlama-lama lagi, simak artikel selengkapnya!

Apa Itu Storyboard?

Umumnya, contoh storyboard sering dipakai sebagai alat visual dalam rencana pembuatan konten untuk video, film, iklan komersial, maupun proyek kreatif yang lainnya. Secara garis besar, storyboard atau papan cerita merupakan serangkaian gambar atau ilustrasi yang menjelaskan alur cerita pada konten dari awal sampai akhir.  

Adanya rangkaian gambar pada storyboard bukanlah tanpa alasan, pasalnya karena mampu membantu menggambarkan urutan adegan dan narasi pada konten. Penggambaran dalam storyboard pun bukan hanya sekedar lewat belaka, melainkan harus terperinci antara shot demi shot. 

Ibarat kata, storyboard adalah uji coba untuk konten film atau video yang ditata sedemikian apik dalam wujud buku komik. Tujuannya, memberikan gambaran besar konten, menganalisis potensi masalah, dan melakukan perbaikan dalam proses pra-produksi.   

Baca Juga: 9 Contoh Iklan Makanan Menarik untuk Inspirasi

Mengapa Storyboard Itu Penting?

Penggunaan storyboard tak hanya terbatas pada penggambaran alur dan proses konten saja, namun juga menghadirkan banyak kemudahan sebelum memulai proses produksi konten. Apalagi, pada praktiknya, contoh storyboard mampu menjadi pedoman bagi tim produksi untuk mencapai hasil yang sesuai dengan keinginan bersama.   Berikut ini beberapa alasan pentingnya pembuatan storyboard

1. Mempermudahan Penyampaian Visi

Kerap kali merasa kesusahan dalam hal penyampaian visi pada konten? Storyboard solusinya! Menjadi cara terbaik untuk menyampaikan visi pada pembuatan film atau video, contoh storyboard akan membuat konten terkonsep dengan baik.

Dengan melakukan proses kreatif ini, sutradara atau narator dapat mengorganisir ide lebih sempurna dan menyuguhkan visi cerita secara efisien. Adanya visualisasi gambar akan mempermudah Anda untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari setiap adegan yang sesuai dalam konten. 

2. Mempercepat Proses Produksi 

Pada dasarnya, kehadiran contoh storyboard berguna untuk memudahkan sutradara atau narator dalam mempercepat proses pembuatan proyek visual, seperti animasi, video, atau film yang berdurasi pendek maupun panjang. 

Penggunaan sketsa bergambar tersebut juga memudahkan pemain, sutradara, dan produser untuk memahami naskah.     

Selain itu, storyboard juga membantu dalam meminimalisir kesalahan serta ketidakpahaman dalam perencanaan dan pelaksanaan produksi konten. Dengan begitu, proses produksi jauh lebih cepat dan dapat terhindar dari risiko kesalahan atau pengulangan adegan yang berkelanjutan.     

3. Menekan Anggaran Produksi

Persiapan produksi yang matang akan menjadikan contoh storyboard sebagai kontrol harga, dalam rangka membantu Anda untuk menghemat biaya produksi. Pada prosesnya, seorang sutradara mampu menebak dan menentukan kebutuhan properti apa saja untuk proses produksi konten dari awal hingga akhir pelaksanaan. 

Hal tersebut tentu mampu meminimalkan potensi kekurangan peralatan dalam mekanisme syuting dan menghindari dampak over budget (anggaran yang berlebihan). Dengan demikian, pengeluaran dana akan menjadi lebih ekonomis, karena rencana kebutuhan yang transparan.   

4. Memeriksa Adegan Dialog

Agar dapat menguji kesesuaian dialog pada naskah, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan contoh storyboard. Selain menjadi salah satu sampel pengecekan dengan konsep yang terkemas rapi dalam bentuk visualisasi, storyboard dapat memeriksa seberapa kuat dialog yang ada dalam tiap adegan.

Jika ada beberapa dialog yang kurang sesuai dengan naskah, Anda dapat segera memperbaikinya, agar terlihat lebih sempurna. Pemeriksaan dialog penting untuk jenis film dengan genre komedi yang ingin memakai punchline (bagian yang lucu) dalam dialog.   

Baca Juga: Cara Download Video Instagram Story Tanpa atau Dengan Aplikasi

4 Contoh Storyboard untuk Konten 

Untuk dapat mengetahui lebih jelas mengenai penerapan storyboard, berikut ini adalah empat contohnya untuk konten iklan dan film ternama:  

1. Storyboard Iklan Ovaltine

Terkenal sebagai produk susu anak, Ovaltine, membuat contoh storyboard iklan yang dapat menyuguhkan kesan “child” untuk memikat daya tarik anak-anak. Tak lupa, Ovaltine juga sengaja mempresentasikan produknya sebagai bentuk identitas promosi yang semakin menambah impresi seru dan unik pada iklan tersebut. 

Lebih lanjut, Ovaltine kembali memperlihatkan beberapa produk andalan mereka yang seakan-akan turut menjadi unsur untuk melakukan strategi branding (merek) yang tak terduga pada akhir frame iklan. Harapannya, iklan Ovaltine mampu menarik perhatian dan meningkatkan daya ingat pada khalayak umum, terutama anak-anak. 

2. Storyboard Iklan Oreo

Identik dengan kehangatan keluarga, contoh storyboard Oreo kerap kali menampilkan wujud iklan yang menunjukkan kebersamaan dan keharmonisan dalam sebuah keluarga. Menjadi salah satu produk makanan ringan yang paling laris, produk Oreo menargetkan anak-anak dan keluarga sebagai ciri khas kelompok konsumen mereka. 

Biasanya, storyboard tersebut akan mempertontonkan setiap produk Oreo, mulai dari awal hingga akhir adegan iklan, sebagai langkah totalitas dalam hal branding.  Untuk dapat merepresentasikan alur cerita tentang “kehangatan keluarga”, Oreo juga tak lupa tampil menjadi strategi iklan yang atraktif. 

3. Storyboard Film Edge of Tomorrow (2014)

Menggaet beberapa aktor dan aktris papan atas, film Edge of Tomorrow (2014) sukses mendapatkan kategori film dengan detail contoh storyboard yang terbaik. Pasalnya, storyboad dari film tersebut mampu menjelaskan nama adegan dan penomoran yang mempermudah pengarah kamera untuk mengambil gambar berdasarkan urutan.   

Tak hanya itu, storyboard film Edge of Tomorrow (2014) juga handal dalam mencantumkan sedikit potongan dialog. Sehingga, para kru yang terlibat dengan gampang menangkap setiap elemen dalam tiap adegan. 

4. Storyboard Film Get Out (2017)

Film besutan Jordan Peele ini berhasil menang pada ajang bergengsi Oscar untuk kategori skenario asli terbaik pada tahun 2018. Pencapaian tersebut sejatinya tak terlepas dari kontribusi desain contoh storyboard film Get Out (2017) yang jelas dan bagus. 

Karena memiliki genre yang horor, film ini lebih menekankan pada ekspresi setiap karakter dan sudut pengambilan gambar yang menegangkan. Selain itu, storyboard film Get Out (2017) juga lebih menggunakan tone warna yang cenderung gelap untuk menghadirkan suasana yang mencekam dan mengerikan.    

Baca Juga: 5 Contoh Iklan Produk Simple Dari Berbagai Jenisnya dan Teknik Pembuatannya

Tertarik Membuat Storyboard yang Menarik? 

Demikian penjelasan lengkap mengenai storyboard, mulai dari pengertian, manfaat, beserta contoh penerapannya pada dunia nyata. Sebagai outline visual, contoh storyboard memegang peran krusial dalam rangka pemasaran serta ajang promosi produk yang terkemas dengan jelas dan konsisten.   

Oleh karena itu, penggunaan storyboard tak boleh terlewatkan satupun pada proses produksi konten. Tak hanya mampu menciptakan konten yang menarik dan anti-mainstream, storyboard berhasil dalam menyampaikan pesan yang lebih detail dan terstruktur. Tertarik untuk membuat storyboard?   

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!