5 Contoh Iklan Produk Simple Dari Berbagai Jenisnya dan Teknik Pembuatannya

Jaman yang sudah semakin maju, membuat berbagai jenis iklan produk kini semakin mudah dibuat. Contoh iklan produk simple lebih menarik dibandingkan contoh iklan yang terlalu panjang dan terlalu berbelit-belit. Namun porsi komponen dalam iklan yang simple juga perku diperhatikan.

Meskipun dibuat dengan simple, iklan harus menekankan nilai inti dari iklan itu sendiri secara jelas sehingga poin dari iklan produk tersebut sampai kepada konsumen. Pastikan juga membuat iklan dengan kalimat persuasif yang mengena dengan situasi dan kondisi yang berhubungan dengan produk. 

Beberapa Contoh Iklan Produk 

Tidak semua iklan produk yang simple menghasilkan nilai jual yang bagus. Namun iklan yang dibuat simple dan poin iklannya mengena akan punya hal yang menarik dan menghasilkan nilai jual yang tinggi. 

Bagi Anda yang belum pernah membuat iklan simple, simak berikut ini ada beberapa contoh iklan produk simple yang menawarkan beberapa jenis produk: 

Iklan Kopi Kenangan

Iklan kopi yang satu ini mengandalkan motto atau semboyannya dalam menyampaikan iklan produk, yaitu “kreasikan kenanganmu”. Kalimat ini menunjukkan warna semboyan yang sangat menarik dan kekinian. 

Tanpa menjelaskan rasa dan keterangan produknya, konsumen sudah bisa memahami iklan yang disampaikan dan menaruh minat hanya dengan membaca semboyan yang dipakai tersebut. 

Iklan Produk Sepatu Nike

Produk dari brand Nike tentunya sudah sangat mendunia. Meskipun sudah mendunia namun iklan yang dibuat perusahaan Nike tergolong sangat simple. Nike tidak perlu menjelaskan secara lebih detail terkait identitas produk. 

Nike hanya menunjukkan produk yang dipakai oleh model dengan teknik pengambilan gambar yang yang super HD. Model yang digunakan juga biasanya model dunia yang sudah dikenal punya pamor baik. 

Maka dengan menampilkan satu gambar yang memakai sepatu Nike, hal tersebut sudah banyak menarik perhatikan para konsumen. Hal ini terbukti dari banyaknya permintaan pesanan sepatu Nike setiap tahunnya. 

Iklan Mie Goreng Richeese 

Selanjutnya ada contoh iklan produk simple dari Richeese. Produk mie goreng Richeese yang terbaru mengusung sebuah semboyan “kemungkinan wah, pedasnya hah!”. Pada kalimat semboyan tersebut Recheese memberikan efek capslock dan bold atau tebal. 

Hal ini mengartikan bahwa Richeese memberikan penekanan pada semboyan tersebut agar lebih bisa dipahami para pelanggannya tanpa harus menjelaskan produk secara lebih detail. 

Para pelanggan yang menyukai makanan pedas dan keju, sudah pasti akan langsung tertarik meski hanya membaca sekilas semboyan produknya. 

Apalagi makanan yang dipoduksu Richeese memang identik dengan makanan pedas dan berkeju. Iklan simple ini lantas hanya perlu diberi caption terkait harga saja. 

Iklan Oreo

Anda pasti sudah sangat hafal dengan semboyan iklan Oreo bukan? Biskuit yang berwarna hitam dengan lapisan krim berbagai rasa ini sejak dulu menggunakan semboyan yang sama, yakni “diputar, dijilat, dicelupin”. 

Hanya dengan mempertahankan semboyan yang satu ini, sampai sekarang Oreo masih menjadi biskuit yang digemari berbagai kalangan, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Semboyan yang menarik dan asyik ini menjadi daya tarik utama dari pesan iklannya. 

Kebanyakan iklan yang disampaikan Oreo di media visual juga sangat simple, seperti adegan keluarga yang menikmati weekend dengan sebungkus Oreo. Meskipun mengeluarkan varian rasa berbeda, namun Oreo tetap menggunakan teknik iklan yang sama.

Iklan Citato 

Saat mendengar nama produk Citato, konsumen pastinya sudah mengenali dengan mudah. Citato membuat iklan yang tak kalah simpel dan menarik dari beberapa snack lain. 

Hanya dengan menampilkan gambar kentang yang dipotong tipis-tipis saja sudah menjelaskan bahwa snack ini merupakan jajanan bergizi yang terbuat dari kentang asli. Selain menampilkan gambaran kentang, Cotato juga menunjukkan suara kriuk dari snack ini yang dimakan modelnya. 

Dari sini Citato menjelaskan kualitas produk snacknya yang renyah dan gurih serta lebih santai dinikmati. Citato juga punya berbagai agar varian rasa yang tidak membutuhkan iklan panjang umur tujuh sekedar menjelaskan varian rasanya tersebut. 

Teknik Pembuatan Iklan Simple dan Menarik

Dalam membuat iklan yang simple dan menarik tentu harus dilakukan dengan teknik yang baik dan benar. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini teknik yang bisa dicoba:

Memahami Hal Menonjol Dari Produk

Secara umum, setiap produk yang dibuat oleh suatu perusahaan pasti punya satu atau lebih hal yang sangat menonjol. Entah itu dari bahan produknya, semboyannya, kemasannya, atau hal-hal lainnya.  Hal yang paling menonjol tersebut bisa menjadi bahan utama iklan. 

Tampilkan hal menonjol ini sebagai informasi penting dalam iklan yang akan dibuat. Hal menonjol ini akan menjadi komponen daya tarik untuk para konsumen agar lebih memilih produk tersebut dari pada produk lain yang sama jenisnya. 

Menampilkan Gambar Untuk Definisi Produk 

Iklan yang simpel dan baik adalah iklan yang ketika hanya menampilkan satu gambar saha sudah bisa dipahami definisi produk yang sedang dipromosikan. Anda bisa tampilkan gambar produk semenarik mungkin. 

Pastikan gambaran produk diperjelas agar konsumen mengerti tanpa harus melihat keterangan produk pada caption. Beri sedikit keterangan tulisan pada gambar produk jika dirasa harus menunjukkan bagian keunggulan produk. 

Bila Perlu Gunakan Semboyan Andalan

Pada beberapa contoh iklan produk simple yang ada di atas, kebanyakan memiliki semboyan iklan yang sifatnya kekinia dan berhubungan dengan kehidupan konsumen. Buat semboyan setingkat mungkin namun maknanya mengena pada kehidupan konsumen. 

Jika tidak bisa mengaitkan dengan kondisi konsumen, Anda bisa gunakan satu kalimat pendek semboyan yang sekiranya mudah diingat dan menjadi ciri khas. Seperti contohnya adalah semboyan Oreo yang hingga kini tidak pernah berubah serta dikenal oleh konsumen. 

Mempelajari Aplikasi Desain

Dalam pembuatan iklan bergambar, aplikasi desain adalah salah satu hal paling penting yang harus dipelajari. Semakin bagus pemahaman Anda terkait aplikasi desain, semakin bagus pula hasil desain yang akan dibuat. Tentunya hal ini juga diimbangi dengan kreatifitas. 

Ketahui Target Pasar

Setiap jenis produk yang dibuat iklan, pasti punya target pasar. Target pasar biasanya didasari dari beberapa hal, yaitu umur, gender, status sosial, dan lain-lain. Orang biasanya akan melakukan riset mendalam untuk memahami target pasar. 

Memahami target pasar sendiri dilakukan agar contoh iklan produk simple yang dibuat bisa lebih sesuai dengan produk yang dipromosikan. Hingga pada akhirnya pesan iklan bisa tersampaikan dengan baik.Sebagai informasi tambahan, pengiriman produk dari berbagai ekspedisi juga bisa memakai akses dari Biteship. Biteship sudah terintegrasi dengan berbagai ekspedisi untuk menghubungkan secara langsung agar proses pengiriman bisa berjalan lebih mudah, contohnya seperti akses cara menghubungi kurir Shopee.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!