4 Jasa Pengiriman Hewan Antar Pulau Terbaik

4 Jasa Pengiriman Hewan Antar Pulau Terbaik
jasa kirim hewan

Bagi pecinta hewan yang ingin membawa peliharaan kesayangan karena ingin pindah ke luar pulau maupun hendak membeli hewan dari daerah lain, tentu pusing memikirkan cara mengirimnya, bukan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman hewan terbaik dan terpercaya.

Keberadaan ekspedisi tersebut tentu sangat melegakan para pecinta hewan karena sekarang bisa mengirimkan hewan peliharaan bahkan hingga ke luar pulau. Jadi, tidak perlu merasa sedih lagi sebab harus meninggalkan hewan tersebut tanpa kepastian bagaimana nasibnya.

Apakah Hewan Bisa Dikirim dan Apa Saja Syaratnya?

Tentu saja bisa. Di era modern saat ini, jasa pengangkutan hewan juga semakin populer digunakan oleh berbagai kalangan. Apalagi, sejak maraknya kegiatan jual-beli hewan secara online yang membuat ekspedisi penyedia layanan pengiriman hewan menjadi semakin kebanjiran order.

Jenis hewan yang dapat dikirim ke luar kota atau pulau juga beragam, mulai dari kucing, anjing, ayam, burung, hingga cacing. Tarifnya juga bervariasi, karena pihak ekspedisi akan menyesuaikan dengan jenis hewan, bobot paket, tujuan pengiriman, serta layanan yang digunakan.

Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui hewan apa saja yang bisa dikirimkan dan syarat yang harus dilengkapi pengirim.

1. Anjing

Anjing bisa dikirimkan menggunakan jasa pengiriman. Biasanya, hal ini dilakukan oleh para breeder yang ingin mengirimkan anjing kepada pembeli atau pengadopsi yang ada di luar kota. Untuk mengirimkan anjing, ada beberapa persyaratan dokumen yang wajib dilengkapi, antara lain:

  • Surat Keterangan Kesehatan Hewan atau SKKH yang bisa didapatkan melalui dokter hewan terdekat.
  • Surat keterangan bahwa anjing tersebut tidak menderita rabies
  • Surat rekomendasi dari Dinas Peternakan tempat tujuan pengiriman. Di dalam surat ini terdapat pernyataan bahwa daerah tersebut menerima kiriman anjing dari daerah lain.
  • Surat pengeluaran hewan yang bisa didapatkan dari Dinas Peternakan daerah asal.
  • Surat karantina yang dapat diterbitkan oleh Dinas Karantina setempat.

2. Kucing

Selain anjing, kucing juga termasuk hewan piaraan yang umum untuk dikirimkan menggunakan jasa pengiriman khusus. Namun pengiriman tentu tidak bisa dilakukan begitu saja. Terdapat beberapa surat yang harus dilengkapi oleh pengirim, antara lain:

  • Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Surat ini bisa didapatkan melalui dokter hewan yang ada di sekitar Anda.
  • Surat keterangan bahwa kucing sudah divaksin yang bisa diterbitkan oleh dokter hewan. Vaksinasi kucing wajib dilakukan minimal 3 bulan sebelum pengiriman.
  • Surat rekomendasi yang diterbitkan oleh Dinas Peternakan kota/kabupaten tujuan pengiriman. Surat ini menyatakan bahwa daerahnya menerima pengiriman binatang dari luar wilayahnya.
  • Surat keterangan pengeluaran hewan yang diterbitkan oleh Dinas Peternakan setempat. Daerah ini disesuaikan dengan alamat KTP pengirim.
  • Surat karantina yang diterbitkan oleh Dinas Karantina daerah setempat.

3. Cacing

Selain hewan piaraan seperti kucing dan anjing, cacing juga dapat dikirim. Syarat yang berlaku untuk hewan ini juga lebih sedikit dibandingkan dua hewan sebelumnya. Pengirim hanya membutuhkan surat pengeluaran hewan dari Dinas Peternakan dan surat karantina dari Dinas Karantina.

4. Burung

Hewan selanjutnya yang bisa dikirimkan adalah burung. Semua jenis burung bisa dikirimkan kecuali yang dilindungi oleh negara karena langka. Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk pengiriman burung dapat dilihat di bawah ini.

  • Surat rekomendasi Dinas Peternakan daerah tujuan pengiriman yang menerangkan bahwa wilayahnya dapat menerima kiriman hewan burung dari wilayah lain.
  • Surat pengeluaran hewan yang diterbitkan oleh Dinas Peternakan.
  • Surat karantina.

Baca Juga: Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri

Rekomendasi Jasa Pengiriman Hewan Terpercaya dan Tarifnya

Tidak semua jasa ekspedisi melayani pengiriman hewan hidup. Anda yang merupakan Blibli Merchant atau penjual hewan online tentu paham akan hal ini. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati karena faktanya ada banyak sekali referensi jasa pengiriman yang bisa dijadikan pertimbangan.

Bagi Anda yang ingin mengirim atau membeli hewan dari luar daerah, maka beberapa rekomendasi jasa angkut hewan terbaik dan terpercaya di bawah ini wajib masuk dalam daftar Anda:

1.     MITRALOGISTICS

Jasa pengiriman yang berbasis di Kota Medan, Sumatera Utara ini melayani pengiriman hewan ke area Surabaya dan sekitarnya. Untuk memastikan keselamatan hewan, MITRALOGISTICS menerapkan beberapa ketentuan berlaku, termasuk pemeriksaan kesehatan hewan.

MITRALOGISTICS mengaplikasikan layanan door to door, sehingga Anda tidak perlu bersusah-payah mengantar hewan ke jasa ekspedisi. Selain itu, tarif pengiriman yang ditawarkan juga cukup kompetitif sehingga sangat layak untuk Anda pertimbangkan.

2.     Caesar Jac’O Pet Delivery

Jasa pengiriman hewan yang berbasis di Kota Jakarta Barat ini menawarkan berbagai macam jenis layanan, termasuk perawatan, penitipan, pelatihan, dan pengiriman hewan peliharaan. Melalui ekspedisi ini, Anda bisa mengirimkan berbagai jenis hewan, termasuk anjing, burung, dan reptil.

Dengan menggunakan layanan Caesar Jac’O Pet Delivery, Anda tidak perlu lagi sibuk mengurus berbagai prosedur, seperti membuat dokumen persyaratan. Sebab semua prosedur sudah termasuk dalam fasilitas layanan yang Anda gunakan. Meskipun begitu, tarif pengirimannya cukup bersahabat.

3.     Jasa Kirim Hewan (Jakiwan)

Jakiwan melayani pengiriman berbagai jenis hewan, termasuk hewan eksotis ke berbagai penjuru Indonesia maupun ekspor hewan ke luar negeri. Layanan yang ditawarkan juga cukup lengkap, mulai dari antar jemput hewan, pengurusan proses administrasi dan dokumen, hingga karantina hewan.

Untuk memanjakan pengguna jasanya, Jakiwan menghadirkan berbagai opsi transportasi untuk mengirim hewan, mulai dari darat, laut, hingga udara. Anda bisa pilih salah satu yang sesuai budget dan kebutuhan.

4.     KI8 Express

Jasa pengiriman ekspedisi dengan moda transportasi kereta api ini juga melayani pengangkutan hewan ke berbagai kota di Indonesia. Hanya saja, jangkauannya memang masih terbatas.

Anda bisa mengirimkan berbagai hewan dari jenis unggas dan mamalia dalam jumlah banyak melalui KI8 Express. Estimasi waktu pengirimannya juga cukup singkat, yakni 1-2 hari saja. Hal tersebut sebenarnya sangat wajar, mengingat jangkauan KI8 Express hanya sebatas pulau Jawa.

Setiap perusahaan penyedia jasa pengiriman hewan memiliki kebijakan sendiri mengenai tarif. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tarif pengiriman ini, tidak hanya ukuran atau bobot seperti pengiriman barang.

Untuk mendapatkan informasi mengenai tarifnya, Anda bisa langsung bertanya ke perusahaan pengiriman terkait. Nantinya, Anda akan dimintai informasi detail tentang hewan yang akan dikirimkan dan tujuan pengirimannya.

Baca Juga: Tarif Kirim Motor Berbagai Ekspedisi di Indonesia

Perhatikan Ini saat Mengirimkan Hewan

Di atas sudah dijelaskan tentang syarat-syarat pengiriman hewan dan ekspedisi yang menawarkan jasa tersebut. Sebelum memutuskan untuk mengirimkan hewan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Perhatikan Packing

Saat mengirimkan hewan, sangat disarankan untuk menggunakan kandang. Hindari penggunaan packing menggunakan kardus atau kemasan lain yang mudah rusak.

Untuk ukurannya sendiri bisa disesuaikan dengan ukuran hewannya. Jangan terlalu longgar, tapi jangan terlalu sempit agar hewan tetap bisa bergerak dengan leluasa. Pastikan packing kandang tidak mudah terbuka untuk mencegah hewan lepas selama pengiriman.

2. Sediakan Makanan yang Cukup

Selama perjalanan, hewan pasti butuh makan dan minum. Oleh karena itu, jangan lupa menyediakannya dalam jumlah yang cukup. Letakkan makanan dan minuman di dalam kandang. Untuk makanannya, usahakan yang berbentuk padat agar memudahkan dalam pengiriman.

Pastikan makanan dan minuman yang tersedia cukup. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar hewan tidak kelaparan atau mengalami dehidrasi. 

3. Pastikan Hewan Dalam Keadaan Sehat

Sebelum memutuskan untuk mengirimkan hewan, sangat penting untuk memastikan bahwa kesehatannya dalam kondisi yang prima. Untuk memastikannya, sebaiknya datang ke dokter hewan terlebih dahulu.

4. Lengkapi Persyaratan

Di atas sudah disebutkan tentang persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengirimkan hewan. Setiap hewan memang membutuhkan dokumen yang berbeda.

Untuk memastikan, sebaiknya tanyakan kepada penyedia jasa pengiriman mengenai dokumen apa saja yang harus disertakan. 

5. Pilih Pengiriman dengan Durasi Tercepat

Jika memungkinkan, pilihlah durasi pengiriman hewan yang paling cepat misalnya pengiriman melalui jalur udara. Semakin cepat hewan sampai di tujuan akan semakin baik. Pasalnya, kondisi lingkungan selama pengiriman bisa membuat hewan stress.

Memilih jasa pengiriman hewan hidup terbaik memang sangat penting sebab Anda perlu memastikan keamanan dan kenyamanan hewan peliharaan selama masa pengiriman. Selain itu dengan menggunakan ekspedisi terbaik, Anda tidak perlu repot mengurus berbagai prosedur lagi.

Jasa Pengiriman Barang Terbaik Ke Seluruh Indonesia

Biteship melayani pengiriman barang apapun bersama dengan ekspedisi terbaik di seluruh Indonesia. Bersama dengan JNE, J&T, Sicepat, SAP Express, dan ekspedisi lainnya, Biteship mempunyai visi untuk dapat membantu semua bentuk pengiriman khususnya e-commerce agar dapat tersentralisasi dalam satu platform dan memberikan kemudahan pengoperasian pengiriman. Konsultasikan pengiriman barang skala perorangan atau skala bisnis bersama tim Biteship ke Nomor berikut ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!