Cara Mengirim Paket J&T Mudah dan Cepat. Pemula Wajib Tahu!

Cara Mengirim Paket J&T Mudah dan Cepat. Pemula Wajib Tahu!

Saat berjualan secara online, Anda pastinya harus mengetahui langkah mengirim paket melalui ekspedisi pengiriman. Salah satunya adalah cara mengirim paket J&T. Dengan mengetahui bagaimana paket dikirimkan, dapat membantu kelancaran bisnis Anda.

J&T sendiri salah satu perusahaan ekspedisi yang populer di Indonesia berkat layanan serta ongkos kirim yang ditawarkan sangat terjangkau. Jadi banyak orang yang menyukai menggunakan layanan pengiriman menggunakan ekspedisi ini.

Syarat & Ketentuan Mengirim Paket J&T Express

Setiap ekspedisi memiliki peraturan dalam mengirimkan barang pelanggan. Hal ini berguna untuk menjaga kelancaran proses pengiriman dan harus dipatuhi oleh semua pihak. Berikut adalah ketentuan yang berlaku pada J&T Express:

  • Pengemasan barang harus sesuai dengan standar pengiriman j&T untuk menghindari kerusakan yang mungkin terjadi selama pengiriman.
  • Berat yang dihitung adalah berat asli atau menggunakan dimensi apabila barangnya terlalu besar. Berat yang dihitung adalah berat paket setelah dikemas.
  • Pihak pengirim bertanggung jawab atas data isi dan data barang di dalam paket apabila tidak sesuai yang dilaporkan pada pihak ekspedisi.
  • Pengirim harus menyadari bahwa terdapat kondisi force majeure (di luar kendali manusia) yang menyebabkan proses pengiriman pada J&T terganggu atau bahkan kerusakan barang.
  • Pengirim dapat mengklaim ganti rugi senilai barang hingga maksimal Rp1 juta atau sebesar maksimal 10x ongkos kirim apabila terjadi kerusakan barang akibat kelalaian kurir. Apabila menggunakan asuransi maka klaim bernilai hingga maksimal Rp20 juta.
  • Tidak ada ganti rugi apabila kerusakan terjadi karena force majeure.
  • Apabila tidak ada komplain hingga barang tiba di lokasi tujuan maka dianggap pengiriman selesai.

Baca Juga: Tutorial Lengkap dan Mudah Cek Ongkir J&T Via Aplikasi dan Website

Cara Mengirim Paket J&T Express

J&T Express memiliki banyak layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Proses persiapan pengirimannya pun sangat mudah, yaitu:

Memeriksa Ongkos Kirim

Sebelum mengirim paket, sebaiknya Anda mengetahui ongkos kirim yang akan dikeluarkan. Anda bisa memperkirakan besaran ongkos kirim melalui website resmi J&T Express melalui alamat https://www.jet.co.id/rates.

Melalui laman tersebut, Anda bisa memperoleh informasi ongkos kirim dengan memasukkan data paket yang berupa kota tujuan, kota asal, berat, dan dimensi serta asuransi. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan uangnya terlebih dahulu sebelum berangkat ke drop point terdekat.

Melakukan Packing Paket Sesuai Standar

Packing termasuk ke dalam syarat dan ketentuan yang wajib dipatuhi pengguna. Mengenai peraturan yang lebih jelasnya, Anda dapat melihatnya pada website resmi J&T pada alamat https://www.jet.co.id/information/packaging.

Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket dengan Benar 

Mengantar Paket Ke Drop Point Terdekat

Kantor cabang J&T biasa disebut dengan J&T. Oleh karena itu agar paket dapat segera diproses untuk pengiriman Anda harus membawanya ke kantor cabang terdekat yang dapat diketahui melalui Google Maps dengan mengetikkan “J&T terdekat”.

Anda juga memperoleh informasi mengenai kantor cabang melalui website resmi mereka pada alamat https://www.jet.co.id/finddroppoint. Masukkan lokasi Anda saat ini seperti nama kota dan kecamatan lalu klik tombol Cari.

Memilih Layanan Pengiriman

Cara mengirim paket J&T setelah menemukan drop point terdekat adalah langsung mengunjunginya dengan menemui petugas bagian customer service. Katakan bahwa Anda ingin mengirimkan paket dan serahkan paket yang sudah dipacking dengan baik.

Petugas akan mendata paket seperti berat, alamat penerima dan pengirim serta layanan yang akan Anda gunakan. Berikut adalah beberapa layanan pengiriman J&T yang bisa anda gunakan:

  • J&T EZ (Reguler): Merupakan layanan pengiriman reguler dengan waktu estimasi sampai 2 hingga 3 hari dan ongkir yang terjangkau.
  • J&T ECO (Ekonomi): Merupakan layanan ekonomi dengan waktu estimasi sampai 5 hingga 14 dan hanya berlaku untuk pengiriman dari Pulau Jawa ke Pulau Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.
  • J&T Super (Express): Merupakan layanan pengiriman cepat dengan estimasi waktu sampai 1 hingga 2 hari saja. Namun sayangnya, layanan ini hanya untuk wilayah Jabodetabek.

Anda bisa membayar ongkos kirim sesuai layanan yang dipilih. Setelah proses selesai, Anda akan mendapatkan nota serta resi pengiriman. Resi ini nantinya dapat digunakan penerima sebagai bukti bahwa paket sudah dikirimkan dan sebagai cara mengecek keberadaan paket.

Baca Juga: 5 Cara Cek Resi J&T Secara Online dan Offline dengan Mudah

Melacak Paket

Pelacakan paket dapat dilakukan setelah 1×24 jam setelah paket diserahkan. Hal ini dikarenakan pihak ekspedisi membutuhkan waktu untuk menginput data pengiriman. Pelacakan dapat dilakukan secara online melalui situs resmi J&T Express, yaitu https://www.jet.co.id/track.

Anda bisa langsung memasukkan nomor resi pada kolom pencarian yang tersedia. Menariknya, Anda bisa melacak maksimal 10 nomor resi sekaligus dengan memisahkan satu sama lain menggunakan tanda koma (,).

Sampai disini paket sudah berhasil dikirim dan Anda hanya perlu menunggu paket sampai ke lokasi tujuan.

Cara mengirim paket J&T terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, J&T Express juga memberikan dukungan layanan yang beragam sehingga pengguna dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!