6 Cara Mengirim Paket Mudah dan Aman Melalui Ekspedisi!

6 Cara Mengirim Paket Mudah dan Aman Melalui Ekspedisi!
cara mengirim paket

Cara mengirim paket dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Meski begitu, langkah ini butuh ketelitian yang mungkin membingungkan bagi para pemula.

Seiring dengan maraknya jual beli secara online, kebutuhan pengiriman barang juga semakin meningkat baik itu dilakukan oleh yang sudah berpengalam maupun yang masih pemula sekalipun. Khususnya bagi Anda yang masih pemula tentunya ingin tahu cara mengirim paket yang benar.

Sebenarnya pengiriman paket dapat dilakukan dengan mudah, tetapi harus memperhatikan setiap detail kecil agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian harinya. Anda tidak perlu khawatir karena bisa menyimak artikel berikut untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Cara Mengirim Paket

Untuk mengirim paket, berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda Lakukan,

1. Mempacking Paket Sesuai dengan SOP Ekspedisi

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengirim paket adalah mempacking paket tersebut sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh ekspedisi pengiriman. Berikut adalah tipe packing yang aman untuk pengiriman:

  • Amplop: Packing amplop biasanya digunakan untuk mengirim barang berupa dokumen yang tidak membutuhkan perlakuan khusus.
  • Kardus karton: Penggunaan kardus biasanya dibarengi dengan styrofoam di dalamnya untuk menahan tekanan pada barang pecah belah atau barang elektronik.
  • Bubble wrap: Bubble wrap juga digunakan pada barang pecah belah dan elektronik tetapi berfungsi untuk menahan getaran.
  • Peti kayu: Peti kayu digunakan sebagai pengaman ekstra yang terletak paling luar. Biasanya digunakan untuk pengiriman jarak jauh yang menggunakan jalur laut dan udara.

    2. Menulis Alamat

    Alamat dapat ditulis pada bagian paling luar pengemasan dengan dilapisi plastik atau selotip agar tidak luntur saat terkena hujan. Perlu diperhatikan bahwa penulisan alamat memiliki format sebagai berikut:

    • Nama lengkap sesuai dengan KTP dengan menambahkan sapaan agar mudah dicari.
    • Alamat ditulis secara lengkap mulai dari nomor rumah, nama jalan, gang/dusun, RT RW, desa, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi dan kode pos.
    • Nomor telepon yang bisa dihubungi untuk memudahkan kurir pengantar menemukan alamat.

    Alamat yang ditulis tidak hanya milik penerima, melainkan juga alamat pengirim. Format penulisan alamat pengirim adalah sama dengan format penulisan alamat penerima, hanya saja peletakannya dibedakan atau diberi keterangan pembeda.

    Penulisan alamat pengirim ini digunakan apabila pengiriman paket bermasalah seperti alamat penerima tidak bisa ditemukan. Apabila permasalahan seperti ini muncul, maka paket akan dikembalikan ke alamat pengirim.

    Baca Juga: Cara Menulis Alamat Paket dengan Benar 

    3. Membawa Paket ke Kantor Ekspedisi Terdekat

    Cara mengirim paket yang ketiga adalah dengan menyerahkan paket ke kantor ekspedisi terdekat untuk dilakukan pengiriman. Namun, sebelum itu pastikan terlebih dahulu bahwa packing dan penulisan alamat sudah melekat dengan kuat sehingga tidak akan terlepas.

    4. Menyerahkan Paket ke Petugas

    Setibanya di kantor ekspedisi, Anda dapat menyerahkan paket ke petugas untuk diproses. Paket akan dicek, ditimbang, dan apabila berukuran besar juga dilakukan pengukuran volume untuk menentukan ongkirnya.

    Anda akan ditawari beberapa layanan yang sesuai dengan jenis paket dan bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, Anda akan diminta untuk membayar biaya ongkir dan kemudian mendapatkan nomor resi yang berfungsi untuk melacak pengiriman.

    5. Melacak Pengiriman

    Dengan menyerahkan paket ke pihak ekspedisi, paket sudah berhasil untuk dikirim. Namun, biasanya Anda akan merasa khawatir dengan prosesnya sehingga perlu untuk melakukan pelacakan. Nomor resi yang telah didapatkan berfungsi untuk melihat status pengiriman paket.

    Anda bisa membuka website resmi ekspedisi yang digunakan lalu memasukkan nomor resi tersebut pada halaman pelacakan paket. Anda akan mendapatkan informasi mengenai riwayat perjalanan hingga lokasi terkini paket yang dikirim.

    Baca Juga: 2 Cara Mengecek Keberadaan Paket Menggunakan Nomor Resi

    6. Barang Sampai di Tujuan

    Dengan menunggu selama beberapa hari, paket akan sampai ke lokasi tujuan. Informasi ini dapat Anda ketahui melalui cek resi dengan nama. Apabila paket belum sampai sesuai estimasi waktu sampai, Anda bisa menghubungi call center ekspedisi yang digunakan.Itulah cara mengirim paket yang dapat digunakan sebagai acuan bagi Anda yang masih pertama kali mengirim barang atau bahkan baru saja memulai bisnis online. Anda dapat menentukan layanan sesuai dengan kecepatan pengiriman yang dan jenis barang yang akan dikirim.

    Punya

    Ratusan / Ribuan

    Kiriman Setiap Hari?

    Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

    Web Dashboard

    Pergudangan & Pengemasan

    Dilengkapi Kurir Instant

    Plugin Pengiriman

    Integrasi API Pengiriman

    Mendukung beragam layanan pengiriman

    GojekJNEJNTTIKI

    Terintegrasi dengan channel marketplace

    TokopediaLazadaTiktokShopee

    Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

    Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!