Arti Shipment Forwarded to Destination dan 7 Istilah JNE Lainnya

Arti Shipment Forwarded to Destination dan 7 Istilah JNE Lainnya

Jumlah toko online yang terus bertambah juga membuat jasa pengiriman barang semakin banyak nih di negeri ini, salah satunya JNE. Bagi Anda yang baru pertama menggunakan ekspedisi ini, mungkin belum tahu mengenai arti dari shipment forwarded to destination.

Istilah ini selalu ada dalam proses pengiriman JNE lho, jadi jika Anda berlangganan JNE, maka cukup penting nih untuk tahu artinya. Selain shipment forwarded to destination, JNE juga memiliki beberapa istilah asing lainnya. Agar selalu bisa memahami status pengiriman barang, cek artinya di bawah ini ya.

Apa Itu Shipment Forwarded Destination?

JNE merupakan salah satu perusahaan pengiriman barang yang area pengirimnya bukan hanya antar pulau tapi juga bisa ke luar negeri lho. Inilah salah satu alasan mengapa JNE menggunakan istilah berbahasa Inggris pada bagian status pengirimannya.

JNE juga bisa mengirim apa saja selama tidak membahayakan termasuk bahan makanan beku. Nah, cold storage adalah tempat terbaik untuk menyimpan bahan beku tadi, misalnya ikan segar.

Lalu untuk istilah JNE shipment forwarded to destination sendiri jika ditranslate ke bahasa Indonesia maka artinya adalah “pengiriman diteruskan ke tujuan”. Maksud dari status ini adalah barang / paket Anda sedang dalam perjalanan dari gudang pengirim ke gudang pusat yang ada di kabupaten tersebut.

Jadi dalam satu kabupaten atau kota, gudang JNE itu ada banyak dan tersebar di berbagai titik / lokasi. Sebelum akhirnya dikirim ke luar kabupaten / kota, paket dari berbagai gudang tadi akan dikumpulkan terlebih dulu ke gudang pusat di kabupaten tersebut.

Setelah dari gudang pusat kabupaten pengirim, paket biasanya akan diteruskan ke gudang pusat di kabupaten atau kota tujuan nih.

Lalu setelahnya bukan langsung dikirim ke alamat rumah / kantor penerima ya, melainkan dikirim dulu ke gudang kecamatan untuk selanjutnya dibawa kurir ke alamat penerima.

Baca Juga: Mengenal Istilah Trucking yang Memudahkan Pengantaran Logistik

Apa Saja Berbagai Istilah Pengiriman JNE Lainnya?

Selain shipment forwarded to destination, baik sebagai penerima atau pun pengirim paket yang menggunakan jasa JNE sama-sama harus tahu dan memahami berbagai istilah pada status pengiriman berikut ini ya. Jadi nantinya tidak bingung lagi sudah sampai mana paket tersebut. Ini dia daftarnya:

1.     Shipment Received by JNE Counter Officer at Surabaya (nama kota hanya contoh ya)

Istilah ini biasanya untuk menyebut paket yang sudah diantar oleh sang pengirim paket ke agen JNE terdekat dan datanya sudah diinput oleh agen.

2.     Received at Sorting Center (atau kadang Processed at Sorting Center)

Jika melihat tulisan ini pada status pengiriman, maka paket yang Anda kirim atau barang yang Anda beli secara online sudah sampai di tempat sortir paket. Saat di tempat ini, paket akan dipisah-pisah berdasarkan provinsi / kota tujuannya.

3.     Received at Warehouse

Istilah ini pada status pengiriman JNE menandakan bahwa paket sudah ada di gudang pusat kabupaten / kota tujuan nih. Setelahnya, paket akan segera dikirim ke agen JNE yang tersebar di kabupaten / kota tersebut berdasarkan lokasi / alamat penerima.

Jadi misalnya suatu paket tujuannya adalah desa A, maka paket itu akan dikirim ke gudang agen JNE yang lokasinya paling dekat dengan desa A tadi. Karena pada tahapan ini paket juga mengalami proses sortir, maka statusnya kadang juga bisa “Received at Sorting Center”.

4.     With Delivery Courier JNE / On-Process

Nah, ini dia status pengiriman paket yang biasanya paling disukai oleh orang-orang yang berbelanja online. Kenapa demikian? Karena arti dari status ini adalah paket sudah dibawa oleh kurir JNE dan saat ini sedang dalam perjalanan untuk dibawa ke alamat tujuan.

Eits, tapi tunggu dulu. Waktu kedatangan paket tidak selalu cepat ya sejak dibawah oleh sang kurir tadi. Hal ini dikarenakan jumlah paket yang dibawa oleh kurir pada hari tersebut tidak hanya satu.

Jadi saat status paket sedang dibawa kurir sejak jam 8 pagi misal, paket tersebut mungkin sampai di rumah Anda pada siang atau sore hari tergantung dengan jadwal sang kurir.

Jika status sudah dibawa kurir sejak pagi tapi paket tak kunjung tiba saat siang, maka kurir masih mengantarkan paket ke alamat lain. Jadi, Anda tidak perlu khawatir paket tidak datang karena saat dibawa kurir paket tersebut dijamin aman.

Baca Juga: Custom Clearance Ekspor-Impor Barang dalam Dunia Logistik

5.     POD (Process on Delivery) Detail

Biasanya, sebelum akhirnya paket dibawah oleh kurir dan masih dalam proses pengecekan atau loading ke dalam kendaraan, maka statusnya adalah POD (Process on Delivery) Detail.

6.     On-Transit

Khusus untuk Anda yang membeli barang dari toko luar pulau, atau Anda lah yang mengirimkan barang ke luar pulau, biasanya status On-Transit akan muncul nih. Arti dari status ini adalah paket sedang berada di tempat transit karena alamat penerimanya yang jauh.

7.     NTH (Not at Home)

Pernah melihat status pengiriman JNE yang satu ini? Maka artinya adalah paket Anda sudah dibawa dan diantarkan oleh kurir sampai ke depan rumah namun di rumah sedang tidak ada orang, sehingga paket kembali dibawa oleh kurir.

Biasanya, keesokan harinya paket akan diantarkan lagi nih oleh kurir. Selain menggunakan istilah Not at Home, kadang JNE juga menggunakan “Closed Once Delivery Attempt”.

8.     Delivered

Saat paket sudah sampai di tangan penerima, maka status pengiriman JNE akan berubah menjadi “Delivered”. Hal ini menandakan bahwa tugas dan tanggung jawab JNE terhadap paket tersebut sudah selesai.

Baca Juga: Mengenal Fasilitas Logistik dan Ragam Jenis Fasilitasnya

Jadi, arti dari shipment forwarded to destination adalah saat paket sudah berada di gudang pusat kota atau kabupaten ya. Setelahnya masih ada serangkaian tahapan lagi sampai pada akhirnya paket bisa berada di alamat tujuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!