Tantangan Bisnis di Masa Kini, Apa Saja yang Harus Dihadapi?

Tantangan Bisnis di Masa Kini, Apa Saja yang Harus Dihadapi?

Bagi seorang pelaku usaha, tantangan bisnis merupakan satu hal penting yang perlu selalu mereka perhatikan. Apalagi di era sekarang, ketika zaman mulai berubah, tentunya tantangan juga akan ikut berubah.

Tantangan ini sendiri memang bisa menghasilkan banyak inovasi baru. Singkatnya, semakin banyak tantangan yang bisa Anda selesaikan, maka semakin banyak juga inovasi yang bisa Anda lakukan.

Tantangan Bisnis di Era Sekarang

Perubahan perilaku konsumen merupakan salah satu tantangan bisnis terbesar yang ada sekarang. Mulai banyaknya orang yang berbelanja online, tentu merupakan suatu tantangan bagi pelaku usaha yang terbiasa menerima order secara offline.

Berikut adalah beberapa tantangan bisnis lainnya yang akan Anda hadapi di era sekarang.

1. Teknologi yang Semakin Berkembang

Era sekarang merupakan eranya teknologi, hampir semua hal bisa dilakukan dengan teknologi. Termasuk dalam bisnis, tanpa menguasai teknologi maka Anda akan sulit bersaing.

Satu hal yang bisa menjadi contoh adalah bagaimana orang melakukan promosi untuk bisnis mereka. Saat ini, cara untuk melakukan promosi menjadi semakin banyak dan murah.

Namun, cara ini juga membutuhkan pengetahuan akan teknologi yang cukup update. Misalnya, Anda harus paham bagaimana menggunakan media sosial, paham apa itu SEO, dan lainnya. Hal ini tentu bukan hal yang akan Anda temukan pada 10 atau 15 tahun yang lalu.

2. Kompetitor

Dari tahun ke tahun, tantangan bisnis yang tidak akan pernah berubah adalah kompetitor yang mungkin jumlahnya akan semakin banyak. Meskipun bisnis Anda sudah cukup lama, namun jika Anda tidak memperhatikan perkembangan kompetitor, sangat mungkin bisnis Anda juga akan ikut tergerus.

Persaingan dengan kompetitor seharusnya bisa membuat Anda untuk melahirkan banyak ide kreatif. Inovasi yang Anda ciptakan bisa menjadi pembeda antara bisnis Anda dengan yang lain. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk terus menjaga konsumen.

3. Pola Masyarakat yang Berubah

Jika dulu orang pergi ke pasar untuk membeli sayur, saat ini, cukup diam di rumah maka sayur yang mereka butuhkan akan sampai. Perubahan pola ini juga mau tidak mau menjadi tantangan bagi banyak orang.

Meskipun masih banyak orang yang pergi ke pasar, namun hal itu bukan berarti tidak ada perubahan. Dengan banyaknya sumber informasi yang pelanggan punya, hal itu juga membuat mereka menjadi memiliki banyak pilihan.

Hal ini perlu Anda sadari, dengan semakin banyak pilihan yang dimiliki konsumen, maka semakin banyak juga kompetitor yang Anda punya. Tantangan bisnis di sini adalah bagaimana Anda tetap meyakinkan konsumen jika produk Anda terbaik.

Dalam hal ini, Anda juga harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang lain, misalnya menyediakan jasa antar atau menyediakan layanan pesanan online.

4. Proses Adaptasi

Berkaitan dengan poin sebelumnya, di mana perubahan yang terjadi pada konsumen bisa saja terjadi dalam waktu yang cepat. Maka tantangan lainnya yang juga perlu Anda hadapi adalah bagaimana melakukan adaptasi untuk hal tersebut.

Bagaimanapun juga, respons Anda ketika menghadapi perubahan pasar akan sangat berpengaruh dengan bisnis Anda kedepannya. Anda tentu tidak bisa memaksakan orang untuk pergi ke pasar ketika mereka bisa berbelanja online.

Proses adaptasi ini juga menjadi penting karena akan menjadi cara untuk tetap mendekatkan bisnis Anda dengan konsumen. Ketika Anda gagal pada tahap ini, maka besar kemungkinan konsumen juga akan berpindah ke tempat lain.

Hal lainnya yang juga menjadi tantangan adalah kecepatan dari adaptasi itu sendiri. Di era sekarang, Anda akan melihat jika perubahan akan terjadi dalam waktu yang relatif cepat. Sehingga, mau tidak mau Anda juga harus bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut dalam waktu yang singkat.

5. Strategi Marketing

Ada banyak cara untuk melakukan marketing saat ini. Namun tanpa strategi yang matang, maka semua cara tersebut akan sia-sia. Hal ini juga yang perlu menjadi salah satu perhatian Anda.

Strategi marketing sendiri akan sangat penting karena berkaitan dengan bagaimana Anda memberi tahu konsumen tentang produk yang Anda jual. Apalagi di era sekarang di mana Anda bisa melakukan promosi dengan menjangkau orang yang memang menjadi sasaran bisnis Anda.

Tidak hanya masalah efektifitas, namun penggunaan strategi marketing yang tepat juga efisien untuk menekan budget promosi yang Anda punya. Setidaknya, Anda bisa mengeluarkan budget minim untuk promosi namun bisa mendapatkan return yang besar karena promosi dilakukan pada orang yang tepat.

Baca Juga: Growth Hacking, Strategi Bisnis Startup agar Berkembang Pesat

6. Perputaran Modal yang Tidak Terukur

Tantangan bisnis lainnya yang juga akan Anda hadapi adalah masalah perputaran modal yang mungkin tidak terukur. Sebenarnya hal ini akan berkaitan dengan masalah manajemen keuangan yang Anda punya.

Dalam hal ini, perputaran modal yang tidak terukur bisa terjadi karena manajemen keuangan yang buruk atau strategi usaha yang berantakan. Masalah dari perputaran modal ini adalah sulitnya menghitung berapa keuntungan yang Anda dapatkan.

Cara ini bisa diantisipasi dengan menerapkan manajemen yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan melakukan pembukuan dengan lebih rapi. Termasuk Anda juga perlu memberikan skala prioritas untuk apa yang harus Anda beli dan mana yang tidak.

7. Waktu

Bisnis adalah masalah waktu. Misalnya, menjual terompet di tanggal 31 Desember akan memberikan Anda banyak keuntungan, namun menjualnya di tanggal 1 Januari akan tidak ada artinya.

Entah Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola bisnis, ataupun Anda terlalu lama membuang waktu untuk mengambil keputusan, maka hal tersebut sama saja dengan membuang kesempatan yang ada.

Manajemen waktu memang menjadi tantangan tersendiri dalam berbisnis. Anda harus bisa menentukan waktu yang tepat untuk banyak hal. Selain itu, Anda juga membutuhkan konsistensi, misalnya untuk menentukan jam buka dan tutup dari bisnis Anda.

Masalah waktu ini juga seringkali berkaitan dengan pengambilan keputusan yang tepat di saat yang tepat. Dalam hal ini, maka Anda juga perlu memikirkan masalah perencanaan dengan matang.

Solusi untuk Tantangan Bisnis!

Dari semua tantangan bisnis yang akan Anda hadapi, satu hal yang harus Anda pahami adalah semua itu memiliki solusi. Mungkin solusi bisnis Anda akan berbeda dengan orang lain, tapi di sinilah pentingnya Anda untuk berpikir secara kreatif.

Terutama di zaman sekarang ketika banyak informasi bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk Anda mendapatkan inspirasi yang bisa membuat bisnis Anda menjadi lebih baik.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!