8 Cara Membangun Customer Loyalty dan Manfaatnya untuk Bisnis

8 Cara Membangun Customer Loyalty dan Manfaatnya untuk Bisnis

Pelanggan merupakan elemen terpenting dalam semua lini bisnis karena mereka yang akan menentukan kesuksesan sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Tidak heran jika muncul istilah pelanggan adalah raja. Perusahaan akan berusaha memperlakukan mereka dengan baik sehingga terciptalah customer loyalty

Pelanggan setia adalah mereka yang sudah menambatkan pilihannya terhadap suatu jasa atau produk sehingga membelinya secara kontinu. Membeli produk yang sama secara terus-menerus ini tentu akan menguntungkan perusahaan, apalagi jika dilakukan oleh banyak pelanggan. 

Supaya Anda bisa membangkitkan kesetiaan pelanggan pada bidang bisnis yang Anda geluti, ada baiknya terus menyimak pembahasan artikel di bawah ini.

Kiat Membangun Customer Loyalty

Anda bisa mengikuti beberapa kiat di bawah ini untuk membangun kesetiaan pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berikut adalah kiat-kiatnya:

1. Berikan Produk Berkualitas

Memberikan produk berkualitas merupakan salah satu cara untuk membangun kesetiaan pelanggan. Sebab, mereka juga tidak mau rugi ketika mengeluarkan uangnya membeli sebuah produk. Oleh sebab itu, pelanggan pun akan berusaha mencari produk dengan kualitas yang baik.

2. Harga Masuk Akal

Sebelum meluncurkan produk ke pasaran, pastikan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar bisa menentukan harga jual yang kompetitif dan masuk akal. Menjual produk dengan harga yang lebih mahal tentu akan membuat pelanggan enggan membelinya.

Sebenarnya tidak ada masalah jika ingin mematok harga yang lebih mahal, asalkan diimbangi dengan kualitas produk yang baik. Dengan demikian, pelanggan juga akan berpikir bahwa harga yang ditawarkan masih masuk akal.

3. Menyediakan Customer Care

Customer loyalty juga bisa dibangun dengan cara menyediakan customer care atau layanan pelanggan. Bagi pelanggan yang merasa kurang paham atau kurang puas terhadap produk yang Anda luncurkan, bisa menghubungi layanan tersebut.

Memberikan customer care merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap keluhan pelanggan. Alhasil, pelanggan pun akan merasa didengar, diperhatikan, dihargai sehingga tetap mempertimbangkan untuk menggunakan produk yang Anda luncurkan.

4. Pahami Kebutuhan Pelanggan

Setiap produk pasti memiliki segmen pengguna yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut juga akan memengaruhi kebutuhan pelanggan. Supaya pelanggan merasa puas dengan produk milik Anda, maka cobalah untuk memahami apa yang mereka butuhkan.

Lantas, bagaimana caranya? Anda bisa melakukan riset pasar sehingga bisa mendapatkan data yang valid. Alhasil, Anda bisa membuat inovasi produk yang menjangkau kebutuhan pelanggan.

5. Manfaatkan Sosial Media

Anda pun bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun loyalitas pelanggan dengan cara aktif berinteraksi dengan pelanggan. Cara yang bisa Anda tempuh yaitu dengan membuat konten informatif atau edukatif yang berhubungan dengan produk.

Selanjutnya, tingkatkan engagement dengan cara menyukai komentar pelanggan atau membalas komentar pelanggan. Kegiatan ini bisa menjadi jembatan yang memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi dengan perusahaan. Lebih lanjut lagi, kedekatan emosional pelanggan juga akan terbangun.

6. Ciptakan Pengalaman Belanja yang Menyenangkan

Tak hanya kualitas produk yang dapat membangun customer loyalty karena pelayanan yang diberikan perusahaan juga akan sangat berpengaruh. Oleh karena itu, Anda harus memberikan pelayanan yang sangat ramah ketika pelanggan belanja ke toko, baik toko fisik maupun online. 

Pelayanan yang ramah dan baik akan memberikan pengalaman belanja menyenangkan terhadap pelanggan. Imbasnya adalah pelanggan akan senang untuk kembali lagi belanja dan membeli produk Anda.

7. Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Anda bisa mengikat pelanggan secara natural untuk terus membeli produk milik Anda dengan cara membuat program kesetiaan pelanggan. Biasanya, program ini akan memberikan reward menarik kepada pelanggan setia berupa potongan ongkir, diskon khusus, promo ulang tahun, dan masih banyak lagi jenisnya.

Untuk mendapatkan reward tersebut, pelanggan harus tergabung dalam kartu keanggotaan. Ketika menawarkan kartu keanggotaan, usahakan untuk melakukannya secara natural dan tidak memaksa agar tidak mengganggu kenyamanan pelanggan.

Gunakan bahasa persuasif yang halus dan ramah, sehingga bisa lebih mudah memengaruhi pelanggan.

8. Memberikan Solusi atas Permasalahan Pelanggan 

Apabila pelanggan melakukan pengaduan atau keluhan terhadap produk yang Anda tawarkan, maka jangan hanya sekedar menerima dan mendengarkan keluhan atau aduan tersebut. Pastikan pula memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi pelanggan yang berkaitan dengan produk.

Solusi tersebut bisa dengan memberikan edukasi atau deskripsi produk secara mendetail, melakukan inovasi untuk kedepannya, dan masih banyak lagi cara lainnya.

Baca Juga: Customer Relationship Adalah Penentu Berkembangnya Bisnis, Apa Artinya?

Manfaat Consumer Loyalty

Setelah mengetahui kiat-kiat membangun loyalitas pelanggan, ketahui juga manfaatnya untuk bisnis. Yuk, intip penjelasannya di bawah ini:

1. Efisiensi Biaya

Apabila perusahaan berhasil menumbuhkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang mereka luncurkan, maka perusahaan bisa melakukan efisiensi biaya. Sebab, perusahaan akan lebih fokus mengoptimalkan promosi pada pelanggan setia tersebut.

Meskipun perusahaan tetap akan melakukan promosi untuk mendapatkan pelanggan baru, namun upaya ini tidak segencar seperti yang dilakukan pada pelanggan setia.

2. Penjualan dan Pendapatan Perusahaan Meningkat

Keberadaan pelanggan setia memberikankan sumbangsih yang sangat besar terhadap perusahaan. Mereka dapat meningkatkan penjualan sehingga pendapatan perusahaan juga turut meningkat. Bahkan, keberadaan pelanggan setia juga akan membuat penjualan relatif stabil.

Tidak mengherankan jika perusahaan akan memberikan reward atau perhatian lebih kepada para pelanggan yang melakukan pembelian secara berkesinambungan.

3. Memberikan Rekomendasi ke Pelanggan Lain

Manfaat menguntungkan berikutnya jika perusahaan berhasil mendapatkan consumer loyalty adalah terbantu mempromosikan produk. 

Sangat mungkin pelanggan setia untuk mempromosikan produk tersebut kepada orang-orang di sekitar mereka. Hal ini karena kepuasan yang didapatkan selama menggunakan produk tersebut.

Promosi berdasarkan rekomendasi ini sangat efektif memengaruhi orang untuk segera membeli produk yang dimaksud. Sebab, mereka percaya karena mendapatkan testimoni langsung dari yang sudah menggunakannya.

4. Mudah Mendapatkan Informasi Pelanggan

Perusahaan akan memerlukan data atau informasi pribadi pelanggan untuk kegiatan promosi atau bahan analisis untuk membuat inovasi produk. Mendapatkan data dan informasi tersebut tidak akan susah jika perusahaan sudah berhasil merebut hati pelanggan. Sebab, mereka akan dengan senang hati untuk mengisi data pribadi.

Segera Bangun Customer Loyalty dan Kembangan Bisnis

Sekian pembahasan tentang kiat membangun customer loyalty dan manfaatnya bagi semua lini bisnis. Mendapatkan banyak pelanggan setia merupakan tujuan dari perusahaan karena memberikan peran besar terhadap penjualan dan pendapatan. 

Selain itu, pelanggan setia juga secara tidak langsung dapat membantu perusahaan dalam mempromosikan produk yang mereka gunakan. Mengingat perannya yang sangat penting itulah, perusahaan pun akan memberikan perhatian dan layanan yang baik terhadap pelanggan setia.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!