Dilema Business Woman, Atur Tips Antara Keluarga dan Pekerjaan

Dilema Business Woman, Atur Tips Antara Keluarga dan Pekerjaan

Menjadi wanita karir bukan perkara yang mudah, butuh pertimbangan matang sebelum memutuskan terjun dan memulai perjuangan. Selain itu, dilema business woman umumnya juga melebihi kebimbangan wanita-wanita pada umumnya. Sebab, mereka harus pandai mengatur antara urusan karir juga keluarga.

Kemampuan itu disebut sebagai peran ganda. Di mana seorang wanita tidak hanya memiliki tanggung jawab sebagai ibu dan istri, melainkan juga pada pekerjaannya. Mengingat bisnis bukan hal yang sepele, Anda membutuhkan komitmen juga strategi agar tidak terjebak di salah satu peran. Yuk, simak tipsnya di sini!

7 Tips Mengatasi Dilema Business Woman

Dilema pebisnis wanita akan mulai terjadi ketika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Bukan tidak mungkin jika pekerjaan semakin banyak, Anda akhirnya tidak bisa memenuhi tanggung jawab ibu rumah tangga dengan maksimal. Agar dapat meminimalisir masalah tersebut, berikut 6 tips yang bisa Anda coba:

1. Buatlah Skala Prioritas

Dalam menghadapi dilema, Anda harus memiliki skala prioritas. Ingatlah bahwa Anda memiliki keluarga yang perlu diperhatikan. Nah, catatan ini akan membantu Anda membagi waktu antara bisnis dan keluarga. Anda bisa membuatnya dengan urutan list angka.

Mulai dari nomor satu yang artinya menjadi prioritas Anda dan sangat penting untuk dikerjakan. Kemudian, catat prioritas kedua dan seterusnya. Misalnya saja, Anda adalah seorang wanita yang sudah menikah dan memiliki anak. Lalu, weekend ini rekan bisnis memberikan ajakan untuk keluar dan menjalin koneksi.

Jika menghadapi situasi ini, coba lihat kembali catatan prioritas Anda. Mungkin Anda sudah memutuskan bahwa prioritas utama adalah keluarga. Jadi, Anda berniat untuk selalu berkumpul di weekend. Jika begitu, cobalah untuk menolak ajakan tersebut dengan cara yang halus. Ingat! Jangan sampai menyakiti rekan bisnis Anda.

2. Disiplin dan Atur Waktu Sebaik Mungkin

Memiliki bisnis mengharuskan Anda untuk menjadi orang yang disiplin. Tak hanya urusan pekerjaan saja, melainkan juga dalam mengatur waktu untuk keluarga. Tentukan jam kerja dan pastikan bahwa pihak keluarga mengetahuinya, misalnya suami dan anak.

Bila perlu, Anda bisa membuat daftar pekerjaan harian yang perlu diselesaikan dan membutuhkan perhatian lebih. Apabila Anda memiliki anak yang masih kecil, pertimbangkanlah jam tidur si kecil. Biasanya pada waktu tersebutlah Anda memiliki waktu luang.

Baca Juga: 10 Keterampilan Manajerial yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin Perusahaan

3. Luangkan Waktu untuk Keluarga di Waktu Senggang

Banyaknya kesibukan bisnis yang Anda miliki terkadang bisa memunculkan rasa dilema business woman berlebihan. Ada kalanya Anda memang butuh untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Karena pekerjaan bisa Anda lanjutkan di hari esok, namun kebersamaan tidak akan terulang lagi.

Tidak perlu berlibur ke tempat-tempat yang jauh. Anda bisa melakukan kegiatan sederhana, seperti berkebun atau membereskan rumah yang dilakukan bersama-sama di waktu weekend. Percayalah, kegiatan kecil tersebut bisa memperkuat ikatan kebersamaan dengan keluarga.

Meski tak ayal ada beberapa wanita yang memiliki kegiatan seperti arisan ataupun shopping. Akan tetapi, Anda dapat menukarkannya dengan kegiatan lain yang dilakukan bersama orang-orang tersayang. Intinya, luangkan waktu setidaknya saat weekend agar tidak membuat hubungan renggang.

4. Manfaatkan Waktu Istirahat

Menjadi business woman tidak mengharuskan Anda menjadi manusia setengah robot. Artinya, Anda membutuhkan waktu istirahat sejenak dari segala rutinitas yang membosankan. Jangan sampai karena bisnis sedang mengalami perkembangan pesat, Anda sampai lupa dengan hal lain.

Umumnya, setiap pekan Anda akan mendapatkan waktu libur di hari Sabtu dan Minggu. Maka, tak masalah jika Anda menggunakan dua hari tersebut untuk istirahat. Istirahat tidak akan membuat bisnis Anda bangkrut. 

Manfaatkan dua hari itu untuk me time atau melakukan liburan singkat bersama keluarga. Apakah harus keluar rumah? Tidak, Anda bisa melakukan barbeque atau piknik kecil-kecilan di rumah. Ciptakan suasana hangat dan perbanyak momen meskipun Anda sibuk dengan bisnis.

Baca Juga: 10 Tips Sukses Membangun Bisnis dengan Pasangan, Sudah Coba?

5. Gunakan Teknologi yang Memudahkan Bisnis

Tips mengatasi dilema bisnis wanita yang kelima adalah gunakan teknologi yang membantu dan memudahkan bisnis. Sekarang ini, tidak semua pekerjaan harus Anda selesaikan di kantor dan secara manual. Anda bahkan bisa membawa pekerjaan tersebut di rumah dan menggunakan teknologi untuk membantu.

Sebut saja sosial media. Jika dulu marketing atau pemasaran produk harus dilakukan secara door to door, sekarang tidak perlu lagi. Mungkin ada beberapa produk yang masih menggunakan cara yang sama, namun hampir semua perusahaan sudah menggunakan digital marketing.

Nah, singkatnya Anda pun bisa melakukan teknik yang sama untuk mempersingkat waktu dan pekerjaan. Jika Anda mampu memanfaatkan teknologi dengan baik, pekerjaan pasti akan berjalan dengan lebih efisien. Sehingga, Anda akan lebih mudah dalam mengurus bisnis meskipun tidak sering keluar rumah.

6. Evaluasi Rutinitas

Jika sudah menuliskan daftar atau list skala prioritas, tips lain yang dapat menyeimbangkan dilema business woman adalah dengan melakukan evaluasi rutinitas. Layaknya bisnis, Anda perlu melakukan evaluasi terhadap aktivitas sehari-hari yang sudah dilakukan.

Pasalnya, fokus Anda tidak hanya tentang bisnis, melainkan juga keluarga. Tentu saja, terkadang Anda juga bisa melakukan kesalahan di mana ada kegiatan yang porsinya tidak seimbang. Sebut saja Anda lupa waktu dan terlalu lelah di kantor, sehingga tidak bisa bermain bersama anak.

Karena itu, Anda perlu melakukan perombakkan terhadap kegiatan-kegiatan yang sekiranya terlalu banyak memakan waktu sehingga memangkas waktu kegiatan lain. Lakukan evaluasi ini setiap satu atau dua bulan sekali. Lalu, perbaiki apa yang perlu Anda perbaiki.

7. Minta Dukungan Keluarga

Tips dilema yang terakhir adalah selalu minta dukungan kepada keluarga. Meski Anda adalah seseorang yang mandiri dan mampu mengemban bisnis besar, namun dukungan itu tetap perlu. Lewat dukungan ini, Anda bisa lebih semangat dan disiplin dalam menjalankan pekerjaan.

Keluarga yang mendukung setiap kegiatan juga akan membuat Anda selalu bersemangat dalam menjalani hidup. Melihat senyuman mereka kala mengantarkan Anda bekerja akan menjadi kekuatan tersendiri untuk bisa tetap berdiri meskipun menghadapi banyak rintangan.

Baca Juga: Tips Bisnis Laris untuk Para Pengusaha Muda

Sudah Tahu Cara Mengatasi Dilema Business Woman?

Seorang perempuan tentu juga bisa mandiri dan sukses. Namun, menjadi pebisnis bukan alasan untuk meninggalkan keluarga. Jika memiliki dilema business woman cobalah untuk mengatasinya dengan tips-tips yang dijelaskan di atas. Mari buat diri Anda menjadi sosok hebat yang tidak melupakan keluarga!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!