7 Tips Membangun Toko Online Bagi Pemula, Terapkan Agar Laris!

7 Tips Membangun Toko Online Bagi Pemula, Terapkan Agar Laris!

Toko online saat ini masih menjadi favorit masyarakat yang ingin memiliki bisnis, tapi tidak mempunyai modal besar. Namun, siapa sangka jika menjalankannya tidak semudah yang dibayangkan dan membutuhkan beberapa strategi juga tips agar mampu bertahan di tengah persaingan.

Tentu saja, apapun bisnisnya yang akan Anda hadapi pertama kali adalah para pesaing. Terlebih jika produk yang Anda jual bukan merupakan hasil karya sendiri. Karena itu, strategi yang matang wajib Anda pikirkan sejak awal agar toko tetap bisa berjalan dengan semestinya.

7 Tips Memulai Toko Online

Seperti yang Anda ketahui bahwa toko daring merupakan bisnis yang bisa Anda jalankan menggunakan bantuan internet. Mulai dari promosi, transaksi, pengiriman, dan lain-lain, semuanya membutuhkan jaringan internet agar sampai ke target pasar. Nah, berikut adalah 7 tips yang harus Anda lakukan agar toko Anda lebih suskes:

1. Tentukan Jenis Bisnis

Tips yang pertama adalah tentukan jenis bisnis apa yang akan Anda buat dan jalankan. Coba pikirkan apa yang Anda ingin jual. Misalnya pakaian, skincare, makanan, camilan, barang elektronik, atau produk lainnya. Dengan mengetahui jenisnya, Anda akan lebih mudah untuk menentukan langkah pemasaran berikutnya.

Proses ini akan menjadi dasar, sehingga Anda sebaiknya tidak melakukan kesalahan. Sebab, kesalahan awal bisa menjadi masalah yang besar untuk kelangsungan bisnis. Coba cari tahu jenis bisnis apa yang memiliki peluang paling besar untuk sukses.

2. Persiapkan Modal Bisnis

Tips kedua membangun online shop adalah persiapkan modal untuk bisnis. Meski Anda belum ingin membuka usaha yang berskala besar, namun tetap saja bisnis akan membutuhkan modal. Lantas, berapa kisaran pengeluarannya? Umumnya, ini tergantung dari berapa banyak produk yang ingin Anda jadikan stok.

Misalnya, Anda ingin menjual skincare. Beruntungnya, sekarang ada pilihan dropshipper yang tidak mengharuskan para penjual memiliki stok barang. Anda bisa mengikuti caranya dengan catatan apabila terdapat pembeli maka lakukan sistem PO. Sistem ini tentu akan sangat meminimalisir modal. 

3. Buat Nama Toko Online dan Unique Selling Point

Nama brand juga merupakan poin yang sangat penting untuk membuka toko online. Ingat! Saingan Anda pasti sudah sangat banyak. Apalagi di era sekarang hampir semua orang memiliki keinginan memiliki bisnis online. Karena itu, silakan buat nama brand yang unik, menarik, dan mudah diingat orang lain. 

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah melakukan branding. Selain itu, ciptakan unique selling point atau ciri khas pada produk Anda. USP biasanya dibuat untuk menonjolkan produk Anda sehingga lebih menarik dari kompetitor. Coba buat produk yang unik dan tidak kompetitor miliki sebelumnya. 

Baca Juga: Deretan Nama Toko yang Bagus beserta Cara Terbaik untuk Membuatnya

4. Susun Business Plan

Langkah yang tidak kalah penting adalah business plan. Apa jadinya online shop Anda tanpa rencana yang matang? Tentu saja, hasilnya akan sia-sia. Rencana bisnis ini penting untuk Anda lakukan agar memperoleh tujuan bisnis.

Umumnya, ada beberapa faktor yang harus masuk ke dalam kategori rencana. Misalnya, deskripsi bisnis, analisa pasar, produk, rencana pemasaran, logistik, keuangan, marketing, dan lain sebagainya. Semakin rinci dan mendalam business plan yang Anda buat, semakin besar peluang bisnis dapat berjalan lancar.

5. Lakukan Riset Pasar 

Melalui riset pasar, Anda akan lebih mudah menentukan siapa target konsumen online shop. Selain itu, tips ini bisa membuat Anda lebih mengenal produk, sehingga calon konsumen pun lebih spesifik. Langkah pertama riset pasar dapat Anda awali dengan mencari tahu siapa kompetitor yang menjual produk serupa.

Cari tahu brand, harga, cara pelayanan, kualitas, dan aspek-aspek penting lainnya. Kemudian coba analisis keunggulan, kelebihan, dan kekurangannya. Cantumkan SWOT agar sistem Anda lebih terencana. 

Adapun hasil riset tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk Anda. Apakah produk yang sudah Anda pilih memang mempunyai peluang tinggi di pasaran atau sebaliknya. Hal-hal tersebut akan menciptakan suatu kesempatan baru untuk online shop Anda menjadi lebih maju dan berkembang. 

Jangan lupakan untuk mengenali risiko supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari. Ingat! Ada beberapa pengelompokkan target konsumen. Mulai dari gender, usia, pekerjaan, pendapatan, gaya hidup, minat atau hobi, status sosial, dan lain sebagainya. Pengelompokkan ini akan membantu Anda memahami konsumen.

6. Memaksimalkan Media Sosial dan Website

Karena Anda ingin membuka toko online, maka semua hal yang berkaitan dengan penjualan pun akan terjadi secara daring. Seperti yang Anda tahu bahwa, keberadaan media sosial sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis. 

Melalui media sosial, perusahaan berlomba untuk meningkatkan mereknya masing-masing. Sebab, branding di media sosial ternyata cukup efektif untuk memperluas pasar dan menargetkan konsumen baru yang sebelumnya tidak pernah tercatat. 

Nah, sebagai bisnis baru, Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Cobalah memaksimalkan kegunaan media sosial untuk promosi produk maupun branding. Buat akun profesional dan kredibel agar orang-orang percaya bahwa toko Anda bukan penipuan. 

Tak hanya media sosial, namun website juga demikian. Anda bisa menyematkan beberapa informasi mulai dari stok produk, harga, tentang bisnis, alamat, keunggulan, transaksi, dan informasi lainnya di dalam situs bisnis. Ini akan membuat bisnis Anda terlihat semakin kredibel.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Website dan Aplikasi Penghasil Uang, Banyak Keuntungan

7. Memanfaatkan Fitur Marketplace

Menjalankan bisnis online shop memang tidak harus menggunakan marketplace. Karena Anda bisa menggunakan media sosial atau website saja. Namun, marketplace umumnya akan membantu Anda dapat membangun awareness dan kepercayaan konsumen. 

Karena itu, jika tertarik untuk berjualan melalui marketplace, Anda bisa mulai menganalisa setiap platform jual beli online lebih dulu. Mana yang kira-kira lebih tepat dan mampu memberikan hasil maksimal untuk bisnis Anda.

Marketplace akan lebih memudahkan Anda menjangkau konsumen. Apalagi sudah tersedia berbagai fitur promosi yang tidak kalah menarik dari media sosial di marketplace. Anda bisa menggunakan fitur ads, live, gambar, hingga deskripsi untuk menarik minat pelanggan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lebih dari satu marketplace sebagai tempat jual beli online. Jika Anda merasa cukup mampu mengurus lebih dari satu toko sekaligus, memiliki lebih banyak juga bukan hal yang aneh. Justru ini akan membantu Anda memperluas target pasar.

Sudah Tahu Tips Agar Toko Online Semakin Berkembang?

Beberapa tips di atas bisa menjadi pondasi dasar untuk membangun toko online yang maju. Menjadi pebisnis yang sukses memang tidak mudah. Butuh pengorbanan waktu, pikiran, dan uang agar bisnis Anda dapat berkembang. Maka dari itu, perhatikan detailnya dengan baik agar usaha Anda tidak sia-sia.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!