Program Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Manfaat, Contoh

Program Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Manfaat, Contoh

Program loyalitas pelanggan memiliki peranan penting bagi kesuksesan bisnis di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. Program tersebut berfokus pada peningkatan kepuasan dan pengalaman pelanggan terhadap suatu produk.

Tidak dipungkiri, bahwa kepuasan dan kesetiaan pelanggan merupakan elemen penting dalam pertumbuhan dan keberlanjutan suatu perusahaan. Tanpa pelanggan, perusahaan tidak akan mencapai target penjualan, yang dapat mengancam kelangsungan bisnis dalam jangka panjang.

Apa itu Customer Loyalty Program?

Loyalty program adalah strategi yang digunakan untuk memberikan insentif kepada pelanggan setia sebagai bentuk penghargaan atas dukungan mereka terhadap suatu brand. Program ini menjadi bentuk apresiasi yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan.

Tujuannya adalah untuk menjaga kesetiaan pelanggan terhadap produk atau layanan yang disediakan, sehingga menjaga keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa program loyalitas juga dapat dirancang untuk menarik perhatian pelanggan baru.

Manfaat Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas memiliki beberapa manfaat yang penting bagi pertumbuhan perusahaan, di antaranya:

1. Mempertahankan Pelanggan

Konsumen sangat mungkin beralih membeli produk milik competitor. Adanya program loyalitas dapat mempertahankan pelanggan yang ada saat ini dengan memberikan insentif dan penghargaan kepada mereka sekaligus memperkuat hubungan jangka panjang antara pelanggan dan perusahaan.

2. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Dengan memberikan keuntungan dan pengalaman positif melalui program loyalitas, pelanggan cenderung tetap setia dan tidak beralih ke merek atau layanan lain. Ini membantu meningkatkan angka retensi pelanggan dan mengurangi biaya untuk mendapatkan pelanggan baru.

3. Meningkatkan Loyalitas Merek

Program loyalitas yang efektif dapat menciptakan ikatan emosional antara pelanggan dan merek. Pelanggan yang merasa dihargai dan diberikan keuntungan tambahan akan cenderung lebih setia dan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.

4. Meningkatkan Penjualan

Program loyalitas sering mendorong pelanggan melakukan pembelian lebih sering atau menghabiskan lebih banyak uang. Insentif seperti diskon eksklusif, poin reward, atau program referral dapat mendorong pelanggan berbelanja lebih banyak dan akhirnya meningkatkan pendapatan perusahaan.

5.  Mengumpulkan Data Pelanggan

Selain meningkatkan penjualan, program loyalitas dapat menjadi sumber untuk mengumpulkan data pelanggan. Informasi ini dapat digunakan untuk memahami preferensi dan perilaku pelanggan, sehingga perusahaan dapat melakukan personalisasi yang lebih baik dalam strategi pemasaran.

Baca Juga: Testimoni: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Contoh Program Loyalitas Pelanggan

Dalam praktiknya, program loyalitas biasanya dirancang sesuai dengan kreativitas masing-masing perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menciptakan program yang sesuai dengan karakteristik bisnis dan segmen konsumen mereka..

Berikut adalah beberapa contoh program loyalitas yang populer saat ini:

1. Poin

Ini adalah jenis program loyalitas yang banyak digunakan. Dalam contoh ini, pelanggan akan mendapat poin setiap melakukan pembelian. Poin tersebut dapat ditukar dengan diskon, gift, atau voucher belanja. Contoh program poin yang terkenal adalah program My Starbucks Rewards.

2. Keanggotaan

Dalam program ini, pelanggan mendaftar sebagai anggota dan mendapatkan manfaat eksklusif seperti diskon khusus, akses awal ke penjualan, atau pengiriman gratis. Contoh program keanggotaan adalah Amazon Prime yang memberikan pengiriman gratis, akses ke konten streaming, dan lainnya.

3. Program Referral

Program referral akan memberikan insentif bagi pelanggan ketika mereka mengajak teman atau keluarga untuk menjadi pelanggan baru. Insentif ini dapat berupa diskon ekstra, hadiah, atau poin. Contoh program referral adalah Airbnb.

Program ini memberikan kredit perjalanan bagi pelanggan yang berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan layanan Airbnb. Jika semakin banyak orang yang bergabung melalui kode referral Anda, maka insentif yang didapat juga semakin banyak.

4. Customer Level

Pada program level, pelanggan naik ke tingkat yang lebih tinggi berdasarkan aktivitas atau total pembelian. Setiap tingkat memberikan manfaat tambahan seperti diskon lebih besar, akses atau layanan prioritas.

Contoh program tingkat adalah Sephora Beauty Insider yang memiliki tiga tingkat keanggotaan dengan manfaat yang berbeda. Adanya program tingkat atau level pelanggan ini akan membuat pelanggan termotivasi untuk naik ke level berikutnya.

5. Program Ulang Tahun

Sesuai namanya, dalam program ini, pelanggan akan mendapatkan hadiah atau diskon khusus saat merayakan ulang tahun. Contoh program ulang tahun adalah Sushi Tei yang memberikan pelanggan menu gratis di hari ulang tahun mereka.

6. Cashback

Dalam program ini, pelanggan akan mendapatkan cashback dari pembelian dengan jumlah tertentu misalnya 5% atau nominal lainnya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Cashback ini banyak ditawarkan misalnya Gojek yang menawarkan cashback berupa Gopay Coins.

Baca Juga: 8 Cara Membangun Customer Loyalty dan Manfaatnya untuk Bisnis

Tips Menciptakan Program Loyalitas yang Efektif

Menciptakan program loyalitas pelanggan memerlukan kreativitas dan strategi agar program tersebut memberikan hasil yang efektif. Berikut ini beberapa tips untuk membuat program tersebut

1. Kenali Target Pelanggan

Pahami target pelanggan, apa yang mereka inginkan, dan apa yang mendorong mereka untuk tetap loyal. Pemahaman yang baik tentang pelanggan dapat membantu merancang program yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

2. Berikan Nilai Tambah

Pastikan program loyalitas Anda memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan misalnya diskon khusus, hadiah eksklusif, akses ke produk atau layanan terbatas, atau pengalaman unik yang tidak tersedia untuk pelanggan biasa.

3. Mudah Dipahami

Buat program loyalitas yang mudah dimengerti dan mudah diikuti oleh pelanggan. Hindari aturan yang rumit atau membingungkan karena hal ini dapat menghalangi pelanggan berpartisipasi.

4. Komunikasi yang Efektif

Sampaikan informasi tentang program secara jelas kepada pelanggan. Gunakan berbagai media komunikasi, seperti email, media sosial, dan situs web untuk menginformasikan tentang keuntungan dan perkembangan program.

Baca Juga: Marketing Menarik! 8 Rekomendasi Free Gift untuk Customer

5. Personalisasi

Sesuaikan program loyalitas dengan preferensi dan perilaku pelanggan. Gunakan data pelanggan untuk mengirimkan tawaran khusus yang relevan dan mengirim pesan yang dipersonalisasi untuk meningkatkan keterlibatan.

6. Responsif Terhadap Umpan Balik

Selalu dengarkan umpan balik dari pelanggan mengenai program loyalitas yang telah dibuat dan tanggapi dengan cepat. Perbaiki dan tingkatkan program jika diperlukan berdasarkan masukan pelanggan.

7. Dorong Partisipasi Aktif

Buat insentif dan promosi yang mendorong pelanggan untuk terlibat secara aktif dalam program loyalitas. Misalnya, berikan bonus poin untuk tindakan tertentu, ajak mereka untuk memberikan ulasan atau merekomendasikan kepada orang lain.

8. Evaluasi dan Perbaikan

Selalu evaluasi kinerja program loyalitas Anda dan perbaiki berdasarkan hasil yang diperoleh. Pantau pengukuran kunci seperti tingkat retensi pelanggan, peningkatan penjualan, dan kepuasan pelanggan untuk memastikan efektivitas program.

Baca Juga: Benarkah Merchandising Adalah Cara Promosi Efektif? Simak Manfaat dan Contohnya Disini

Dengan merancang dan melaksanakan program loyalitas yang efektif, Anda dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan retensi, dan mendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Bagi bisnis online, program loyalitas pelanggan juga dapat didukung melalui pengalaman pengiriman barang yang cepat. Anda dapat menggunakan platform Biteship sehingga lebih mudah memilih jasa kurir atau ekspedisi untuk pengiriman.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!