5 Kelebihan dan Kekurangan Marketplace pada Bisnis Online

5 Kelebihan dan Kekurangan Marketplace pada Bisnis Online
kelebihan dan kekurangan marketplace

Di era digitalisasi, kini pebisnis pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah marketplace. Wadah yang memfasilitasi penjual dan pembeli bertransaksi online ini memang memiliki segudang manfaat. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan marketplace dulu.

Apa itu Marketplace? 

Marketplace adalah salah satu platform online yang sangat efisien dan efektif. Biasanya, platform ini dikelola oleh pihak ketiga dari perusahaan yang memfasilitasi aktivitas transaksi antara penjual dan pembeli. 

Menjual produk melalui marketplace juga cukup praktis dan aman. Apalagi cukup banyak pembeli yang berminat untuk menggunakannya. Jadi, platform ini akan mempermudah penjualan dan meningkatkan omzet.

Baca Juga: Facebook Marketplace, Peluang Besar untuk Seller Pemula

Kelebihan dan Kekurangan Marketplace

Marketplace memudahkan Anda untuk mengelola usaha online bagi para pemula. Tapi, platform ini tentu tetapi punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Penasaran apa saja? Ini ulasannya:

Kelebihan Marketplace 

Marketplace punya banyak kelebihan, baik dari segi fitur maupun manajemen penjualannya. Nah, berikut beberapa kelebihannya yang perlu Anda tahu:

1. Cuma Perlu Modal Minim

Keberadaan marketplace sangat menguntungkan bagi pebisnis pemula dalam mengelola usahanya dengan modal minim. Kalau mau pakai marketplace dalam mengelola usaha, Anda nggak perlu lagi memikirkan biaya modal yang besar.

Soalnya, marketplace akan beri layanan berupa lapak gratis untuk mengelola usaha secara online. Jadi, Anda nggak perlu memikirkan biaya sewa tempat. Karena itu, marketplace akan sangat membantu bagi pebisnis skala kecil. 

Anda cuma perlu melakukan pendaftaran dan memasukkan berbagai produk. Melalui pemanfaatan fitur-fitur marketplace yang ada, Anda bisa mempromosikan suatu produk dan mencapai target pemasaran.

2. Menjangkau Lebih Banyak Calon Pembeli

Penggunaan marketplace juga akan bantu Anda meningkatkan jangkauan pemasaran suatu produk agar lebih meluas. Belanja online memang semakin marak masyarakat pakai. Karena sangat praktis, mudah dipakai, dan cepat memperoleh produk.

Lewat marketplace, pembeli tak perlu lagi mengunjungi toko fisiknya. Karena itu, pangsa pasarnya sangatlah luas ketimbang jualan offline. Lewat platform ini, Anda bahkan bisa mengembangkan bisnis hingga jangkauan Internasional.

3. Meningkatkan Rasa Kepercayaan Pembeli

Kalau Anda menggunakan marketplace terkenal untuk berjualan, tentu kredibilitas toko akan lebih baik di mata konsumen. Selain itu, konsumen yang memutuskan membeli secara online pasti akan melakukan research. Seperti mempertimbangkan melalui review atau testimoni suatu produk.

Semakin banyak review baik yang Anda punya di marketplace, maka semakin besar tingkat kepercayaan konsumen pada produk bisnis Anda. Hal tersebut sudah pasti akan berdampak positif untuk bisnis.

Namun, kelebihan marketplace ini juga bisa menjadi kekurangan dan merugikan. Apalagi jika ada banyak pelanggan yang memberi review negatif untuk toko. Karena itu, layanan dan kualitas produk menjadi kunci untuk menghindari kerugian tersebut.

4. Terbentuknya Sistem dan Pengelolaan yang Terstruktur

Keberadaan marketplace sudah tersistem dengan sedemikian rupa, agar pengelolaan bisnis online bisa efektif dan efisien. Jadi, Anda nggak perlu repot memikirkan rancangan sistem bisnis online ini. Karena, sudah tersedia dengan baik, mulai dari website, alur pembelian, desain, dan lainnya.

Terbentuknya sistem dan pengelolaan yang terstruktur dan adanya fitur-fitur yang akan mempermudah promosi produk. Misalnya, Anda ingin mengadakan flash sale, live shopping, dan lain sebagainya. Semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah.

Penggunaannya juga sangat fleksibel, karena Anda bisa berjualan kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu, marketplace dapat berpotensi meningkatkan penjualan.

5. Mendukung Strategi Omnichannel dan Multichannel

Salah satu kelebihan marketplace lainnya adalah mendukung Anda menerapkan strategi omnichannel dan multichannel. Sebab, kini banyak marketplace yang sudah terintegrasi dengan berbagai macam platform. Sehingga, Anda bisa berjualan melalui media sosial maupun website.

Baca Juga: Strategi Omnichannel dalam Bisnis yang Efektif dan Efisien

Kekurangan Marketplace

Nah, selain memahami kelebihan dan manfaat marketplace, Anda juga harus tahu memiliki kekurangan platform satu ini. Apa saja sih kekurangan tempat jualan online ini? Ini penjelasannya: 

1. Persaingan Antar Pedagang Cukup Ketat 

Marketplace menjadi platform yang kini banyak dikunjungi oleh konsumen setiap hari. Ini menjadi sarana penjualan yang memiliki peluang keuntungan yang besar. Karena trafiknya yang makin tinggi, sudah tentu persaingan antar pedagang juga makin ketat.

Sehingga, para pebisnis akan lebih kompetitif dalam bersaing untuk menarik pelanggan melalui produk-produk yang baik dan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

2. Sulit Mendapatkan Trust

Kadang review dan nama besar marketplace nggak cukup untuk meyakinkan konsumen. Apalagi dengan maraknya kasus scamming, penipuan, produk yang ilegal, dan produk dengan bahan tiruan yang disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.  

Ini tentu jadi kerugian bagi pihak marketplace, penjual, maupun konsumen. Oleh karena itu, penjual harus memutar otak agar bisa tetap menarik minat pembeli dan meningkatkan trust. Misalnya dengan kasih diskon atau memberi jaminan garansi.

3. Ada Beberapa Kebijakan Tertentu yang Cukup Ketat

Poin ini sebenarnya bisa jadi kelebihan dan sekaligus kekurangan marketplace. Karena, di setiap platform pasti punya kebijakan dan sistem masing-masing. Nah, kalau bekerja sama dengan marketplace, Anda maka wajib mematuhi peraturan dan kebijakan yang berlaku.

Jika tidak patuh, Anda tidak bisa berjualan. Contohnya, ketentuan jenis produk, biaya admin, ketentuan pemasaran, dan lainnya. Hal tersebut sudah pasti membuat Anda tidak leluasa. Namun, di sini lain peraturan tersebut juga ada demi menjaga keamanan dan kebaikan bersama.

4. Sulit Melakukan Branding Produk 

Branding adalah hal yang penting dalam bisnis. Tapi, saat pakai marketplace, peluang melakukan branding sangat sulit. Sebab, mayoritas konsumen hanya tahu nama marketplace, tanpa tahu produk dan brand yang Anda jual.

Konsumen yang membeli, belum tentu kenal dengan brand rintisan Anda. Sebab, adanya banyak jenis produk serupa yang dijual pesaing. Jadi, Anda cuma bisa melakukan branding secara terbatas lewat melalui profil toko, update banner, feeds, dan deskripsi.

5. Margin Laba Terbatas

Salah satu kekurangan marketplace karena tingkat persaingan ketat adalah berimbas pada perang harga. Seringkali pebisnis harus memberi harga murah buat produk jualannya agar konsumen lirik. Konsekuensinya, hasil margin laba Anda jadi terbatas. 

Baca Juga: Inilah Perbedaan Branding Dan Marketing yang Perlu Diketahui oleh Pelaku Bisnis

Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangan Marketplace?

Nah, itu dia ulasan soal kelebihan dan kekurangan marketplace. Memahami hal tersebut akan bantu Anda mempertimbangkan pengelolaan bisnis. Intinyaya, keberadaan marketplace bisa jadi solusi efektif dan efisien untuk meminimalisir proses bisnis yang kompleks. 

Kalau memang mau pakai marketplace, Anda berbarti wajib mematuhi setiap ketentuan yang berlaku. Serta siap dengan segala bentuk kerugian yang mungkin harus Anda hadapi. Gimana, Anda masih tertarik buat rintis bisnis lewat marketplace?

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!