9 Contoh Promosi Produk untuk Meledakkan Penjualan Anda

9 Contoh Promosi Produk untuk Meledakkan Penjualan Anda
contoh promosi produk

Contoh promosi produk menjadi salah satu topic yang banyak dicari pebisnis. Promosi produk memiliki tujuan utama untuk meningkatkan penjualan. Dengan memilih promosi yang tepat, bisnis yang Anda miliki dapat memberikan hasil yang lebih menjanjikan. 

Bahkan promosi ini juga termasuk 6m dalam wirausaha. Namun, tentu saja promosi yang akan dilakukan harus dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai promosi yang Anda lakukan justru menimbulkan kerugian pada bisnis. 

Contoh Promosi Produk yang Efektif

Berikut sejumlah promosi produk yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan, yaitu:

  1. Memberi Giveaway

Saat ini, giveaway sudah menjadi cara promosi yang jamak dilakukan. Umumnya, produk yang dibagikan saat event giveaway bisa berupa produk yang Anda jual maupun produk lainnya. Pada event giveaway ini, konsumen harus mengikuti sejumlah ketentuan. 

Contoh promosi produk di media sosial untuk event giveaway ini seperti, peserta giveaway diharuskan memposting video kegiatan diet yang sesuai dengan produk pemilik. Sehingga bisnis Anda bukan hanya mendapatkan perhatian, tetapi juga dapat menjangkau banyak orang. 

Mengapa dapat menjangkau banyak orang? Hal ini disebabkan karena event giveaway biasanya mengharuskan tag ke sejumlah pengikut dari peserta event, sehingga orang yang mendapatkan informasi akan semakin banyak. 

  1. Berikan Harga Khusus untuk Pembelian Dalam Jumlah Banyak

Harga grosir merupakan harga khusus yang diberi bila konsumen membeli barang dengan jumlah tertentu. Promosi produk yang satu ini menguntungkan, baik bagi konsumen atau bagi pemilik bisnis. 

Bila Anda ingin produk dijual dalam waktu yang cepat, promosi harga khusus untuk pembelian dalam jumlah tertentu ini bisa dilakukan. Apalagi bila competitor juga melakukan hal yang serupa. 

Contoh promosi produk ini bisa digunakan untuk bisnis alat tulis, fashion, keperluan rumah tangga dan lain. Bisnis kuliner juga bisa menggunakan cara promosi ini. 

  1. Memberikan Sample Produk

Mungkin Anda pernah diminta mencicipi sebuah produk makanan saat berada di pusat perbelanjaan. Atau, apakah Anda pernah mendapatkan bonus selai saat membeli roti?

Mempromosikan produk dengan cara menawarkan konsumen untuk mencicipi produk menjadi hal yang umum dilakukan agar pengusaha dapat mengetahui seperti apa reaksi konsumen. Promosi ini dapat diterapkan pada setiap bisnis. 

Bahkan, bisnis online juga bisa melakukannya. Caranya, dalam setiap pengiriman produk, Anda dapat memberikan kemasan kecil produk baru pada konsumen. Bila response mereka baik, Anda bisa melanjutkan menjual produk tersebut. 

  1. Memberi Garansi

Sebenarnya, konsumen jauh lebih nyaman saat membeli produk yang berani memberi garansi. Inilah alasan mengapa garansi dapat dijadikan sebagai promosi produk yang sering digunakan. 

Jenis garansi yang ditawarkan sangat beragam seperti garansi kualitas barang, harga, hingga keaslian barang.  Garansi yang Anda berikan tergantung dari jenis produk yang sedang Anda tawarkan. 

Jika Anda memiliki bisnis yang menawarkan produk sama dengan competitor, Anda bisa memberikan tagline promosi seperti “Dijamin Ori” dan lain sebagainya. 

  1. Bagikan Kupon Promo

Mempromosikan produk dengan cara membagikan voucher juga bisa dilakukan untuk menarik minat konsumen. Anda sendiri mungkin pernah memperoleh voucher dari jasa transportasi online atau dari pihak lain. 

  1. Poin Rewards

Contoh lain promosi produk adalah dengan memberikan poin rewards. Dengan poin rewards ini, konsumen loyal yang sering menggunakan produk Anda bisa memperoleh penawaran khusus. 

Promosi ini dapat dilakukan oleh berbagai macam jenis bisnis. Contohnya, Anda memiliki usaha fashion. Anda dapat membagikan kartu promo khusus setiap pelanggan membeli baju di tempat Anda dengan nominal pembelian tertentu. 

  1. Gratis 1

Mempromosikan produk dengan cara memberi tambahan produk secara gratis menjadi hal yang umum digunakan. Cara ini dilakukan saat menjual keperluan rumah tangga, bahkan makanan. 

Meskipun ini menjadi cara yang umum dilakukan, tetapi langkah ini sangat efektif hingga sekarang. Bagi konsumen, tentu saja mereka akan senang karena memperoleh value tambahan, sedangkan pemilik bisnis menggunakan teknik ini untuk mengenalkan produk baru. 

Saat melakukan promosi beli 1 gratis 1 ini, penjual bisa menjual lebih banyak produk karena konsumen langsung membeli 2 produk sekaligus. Namun, ketika menggunakan promosi ini, pastikan Anda sudah melakukan perhitungan dengan rinci. 

  1. Flash Sale

Kata flash sale sekarang menjadi hal yang umum di dengar. Flash sale merupakan penjualan yang dilakukan dalam waktu yang singkat serta jumlah terbatas.

Hal yang membuat orang tertarik mengikuti flash sale ini adalah harganya yang murah. Flash sale menggunakan strategi menyediakan barang dengan jumlah terbatas. Tidak sedikit calon konsumen yang menunggu momen tersebut. 

Flash sale terbukti sangat efektif untuk memberikan gebrakan pasar. Produk yang dijual dari promosi ini selalu laris manis diburu pembeli. Dari kondisi tersebut, banyak pelaku bisnis yang menerapkan promosi produk yang sama.

  1. Gratis Ongkir

Semakin meningkatnya transaksi ecommerce juga didukung dengan kemudahan pengiriman barang. Sekarang ini, pembeli tidak perlu menunggu barang dalam waktu lama untuk sampai ke tangannya. 

Bukan hanya itu, bisnis ekspedisi juga semakin banyak dan terus memberikan layanan terbaik. Sayangnya tarif pengiriman biasanya cukup tinggi di sejumlah wilayah. Oleh sebab itu bila Anda memberikan penawaran free ongkir, tentu konsumen akan tertarik. 

Konsumen bukan hanya memperoleh kemudahan, tetapi juga memperoleh value lebih ketika berbelanja produk yang sedang Anda tawarkan. Dengan promo ini, penjualan produk Anda bisa semakin meningkat. Dengan berbagai contoh promosi produk di atas, kesuksesan bisnis bisa dengan mudah diraih. Biteship memiliki list layanan lengkap agar Anda dapat mengecek tarif ongkir dan memberikan promo gratis ongkir pada pelanggan sesuai dengan anggaran promosi yang dimiliki.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!