Economic Order Quantity: Manfaat, Cara Hitung, & Tantangannya

Economic Order Quantity: Manfaat, Cara Hitung, & Tantangannya
Economic Order Quantity

Economic Order Quantity atau EOQ merupakan salah satu metode yang dapat membantu perusahaan untuk menghemat total biaya pemesanan barang. Pasalnya, metode tersebut mempunyai rumus yang akan memberikan hasil akurat sehingga Anda tidak berlebihan dalam membeli barang baku atau stok dagangan.

Bagi Anda yang berencana merintis bisnis baru, memahami EOQ secara menyeluruh sangatlah penting. Jika Anda menemukan artikel ini, itu artinya Anda mendapatkan sumber informasi yang tepat. Silakan lanjutkan membaca artikel berikut ini.

Pengertian dan Rumus Economic Order Quantity

Bisnis tidak akan lepas dari kegiatan membeli stok barang dagangan atau bahan baku produksi. Supaya Anda dapat membeli dengan jumlah ideal, tentu perlu melakukan perhitungan terlebih dahulu. Proses perhitungan tersebut bisa Anda lakukan dengan menerapkan rumus EOQ.

Hasil perhitungan EOQ ini tidak hanya memungkinkan perusahaan untuk membeli barang sesuai dengan kapasitas gudang atau kemampuan penjualan tetapi juga menghemat biaya ekspedisi. Anda dapat memaksimalkan pembelian dengan sekali pemesanan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya pengiriman berkali-kali.

Rumus EOQ dan variabelnya sendiri adalah sebagai berikut.

EOQ = √ [2 x D x S / H]

D: Permintaan dalam satuan (pertahun)

S: Biaya pemesanan produk

H: Biaya penyimpanan produk (per tahun atau per unit)

Baca juga: Definisi Biaya Produksi, Unsur, dan Cara Menghitungnya

Manfaat Economic Order Quantity

Lantas, apa saja sih manfaat menerapkan EOQ dalam bisnis? Silakan cari tahu manfaatnya dengan membaca poin-poin berikut.

Optimalisasi Proses Pemesanan

Memesan stok barang dagangan atau bahan baku produk, tentu memerlukan perhitungan yang akurat dan detail. EOQ memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan proses pemanasan sehingga mengetahui berapa banyak barang yang Anda butuhkan.

Selain itu, menggunakan metode EOQ juga memungkinkan perusahaan mengetahui waktu terbaik untuk memesan barang dagangan. Alhasil, kegiatan perencanaan dan pemasaran perusahaan akan berjalan maksimal dan efisien.

Mengurangi Biaya Penyimpanan

Economic Order Quantity bermanfaat dalam mengurangi biaya penyimpanan. Pasalnya, tidak semua perusahaan mempunyai gudang penyimpanan barang sendiri karena beberapa masih menyewa gudang. 

Anda bisa menyesuaikan jumlah pembelian dengan masa sewa gudang. Dengan demikian, barang tersebut akan habis bersama atau mendekati dengan habisnya masa sewa gudang penyimpanan. Alhasil, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lagi.

Antisipasi Kehabisan Stok

Menjaga rantai pasokan barang atau bahan baku, tentu sangat penting agar kegiatan operasional perusahaan tidak terputus. Supaya bisnis Anda tidak mengalami kehabisan stok, maka lakukan pemesanan barang dengan metode EOQ.

Metode EOQ dapat menghitung dengan akurat dan memprediksi waktu yang tepat untuk memesan stok barang. Alhasil, Anda tidak perlu menunggu stok barang habis untuk memesan stok yang baru.

Meningkatkan Proses Pengelolaan Persediaan

Mengingat EOQ dapat membantu perusahaan untuk mengetahui jumlah ideal barang yang perlu dipesan dan waktu pemesanan yang tepat, kegiatan ini juga dapat meningkatkan pengelolaan persediaan. Perusahaan bisa menjalankan kegiatan pengelolaan persediaan dengan lebih efektif dan efisien.

Cara Menghitung Economic Order Quality

Jika ingin belajar menghitung EOQ rumus saja tidak akan cukup. Karena itu, pastikan Anda mengetahui poin-poin di bawah ini terlebih dahulu.

Jumlah Penjualan Tahunan

Supaya Anda bisa menghitung metode EOQ, pastikan mengetahui nilai penjualan barang dagang setiap tahunnya. Anda juga harus mampu membuat pertimangan target penjualan tahun ini yang ingin Anda capai.

Pertimbangan tersebut tentu mengaju dari penjualan tahun sebelumnya. Kedua hal ini berguna untuk mengetahui nilai variabel D (permintaan dalam tahunan).

Bahan Baku Per Unit

Langkah berikutnya, yaitu mencari tahu harga bahan baku per unit. Pasalnya, kondisi cuaca, ekonomi, dan inflasi dapat membuat harga bahan bagi mengalami perubahan.

Agar mendapatkan hasil perhitungan Economic Order Quantity yang akurat, maka Anda bisa menanyakan harga bahan baku tersebut langsung ke supplier.

Cari Tahu Biaya Pengiriman Barang

Poin penting berikutnya yang harus Anda cari tahu untuk menghitung EOQ adalah biaya pengiriman barang. Biaya pengiriman barang biasanya mencakup gaji representative, sopir, bahan bakar, dan biaya perbaikan kendaraan.

Mencari tahu biaya pengiriman ini akan menjadi lebih praktis jika bisnis Anda menggunakan marketplace. Pasalnya, marketplace mempunyai fitur yang mencatat kegiatan ini, sehingga Anda bisa mengaksesnya kapan pun.

Mencari Tahu Biaya Penyimpanan Barang

Mengingat pemesanan stok barang dagangan atau bahan baku biasanya dalam jumlah yang cukup besar, tentu Anda memerlukan gudang untuk menyimpannya. Perhitungan Economic Order Quantity sendiri memerlukan biaya penyimpanan barang agar dapat mengetahui hasil yang akurat.

Cakupan biaya penyimpanan barang akan meliputi sewa gudang dan biaya karyawan. Jika perusahaan menggunakan aplikasi pengelolaan gudang, maka Anda bisa memasukkan biaya langganan aplikasi tersebut.

Baca juga: Baca juga: Intip Cara Tepat Mengelola Biaya Operasional Gudang untuk Bisnis

Tantangan Menentukan Economic Order Quality 

Walaupun EOQ memberikan keuntungan bagi bisnis dan perusahaan tetapi Anda juga harus mengetahui tantangannya. Cek selengkapnya di bawah ini!

Data yang Buruk

Akurasi hasil perhitungan EOQ sangat dipengaruhi oleh akurasi data yang tersedia. Jika perusahaan mempunyai catatan data yang buruk, tentu akan sulit untuk mendapatkan hasil EOQ yang maksimal dan akurat pula.

Data yang buruk ini biasanya karena perusahaan masih menggunakan cara manual dalam mencatat data. Oleh sebab itu, pastikan Anda sudah menggunakan sistem pencatatan data dengan teknologi terkini supaya lebih akurat dan tidak ketinggalan zaman. 

Kekurangan Inventaris

Jika Anda yang masih mengandalkan cara perhitungan konservatif, maka hasil perhitungan Economic Order Quantity berpotensi di bawah pemesanan. Tantangan ini terjadi karena perusahaan kekurangan inventaris.

Sistem Kadaluarsa

EOQ kurang dapat memberikan hasil akurat jika perusahaan menggunakan sistem yang kedaluwarsa atau tidak relevan lagi dengan teknologi saat ini. Pasalnya, sistem yang sudah kedaluwarsa tidak dapat mencatat dan menyimpan data dengan baik sehingga berpotensi besar kehilangan sebagian data.

Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi pada perusahaan Anda, maka sebaiknya gunakan sistem ERP berbasis cloud atau sistem manajemen inventaris.

Kebutuhan Musiman

Jika barang dagangan atau bahan baku Anda dipengaruhi oleh musim, maka hal ini juga akan menjadi tantangan dalam menentukan Economic Order Quantity. Sebab, kebutuhan musiman dapat memberikan perubahan besar terhadap permintaan dan berpengaruh terhadap penyediaan stok barang.

Pertumbuhan Bisnis

Walaupun EOQ mempunyai formula yang ideal untuk bisnis dengan kebutuhan inventaris yang konsisten, namun hal ini juga bisa menjadi masalah tersendiri. Pasalnya, EOQ juga dapat menyebabkan kekurangan persediaan ketika bisnis berkembang dengan pesat.

Sudah Lebih Jelas Mengenai Economic Order Quality?

Menerapkan metode EOQ menjadi cara efektif jika perusahaan ingin memesan barang dagangan atau bahan baku produksi. Hanya saja, Anda juga tidak boleh menutup mata dengan tantangannya meskipun EOQ memberikan banyak manfaat untuk bisnis. Mari bersikap lebih bijak dan cermat dalam mengelola bisnis!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!