Intip Cara Tepat Mengelola Biaya Operasional Gudang untuk Bisnis

Intip Cara Tepat Mengelola Biaya Operasional Gudang untuk Bisnis
biaya operasional gudang

Dalam dunia bisnis, keberadaan gudang penyimpanan merupakan hal yang sangat penting. Tetapi, tahukah Anda bahwa biaya operasional gudang sangat berpengaruh pada budget bisnis Anda? Nyatanya, penggunaan gudang yang penting ini menyebabkan alur biaya operasional perusahaan terkena dampaknya.

Bagaimana bisa hal ini terjadi? Artikel ini akan menjelaskan alasan mengapa biaya operasional berpengaruh pada bisnis dan cara mengaturnya yang benar. Simak lengkapnya di bawah ini!

Pentingnya Biaya Operasional Gudang

Biaya operasional merupakan salah satu aspek terpenting dalam sebuah bisnis. Adanya biaya operasional ini akan sangat berpengaruh pada jumlah modal yang harus Anda keluarkan selama mengelola bisnis. Biaya operasional terus mengalir menyesuaikan kebutuhan perusahaan, termasuk biaya untuk penyimpanan.

Biaya untuk operasional gudang dapat dikatakan sebagai aspek penting dalam menjalankan sebuah bisnis, terutama usaha produksi barang. Barang produksi Anda pasti perlu tempat untuk penyimpanan, maka gudang adalah pilihan utama. 

Biaya operasional gudang yang terkadang harus berjalan seimbang dengan biaya operasional lainnya menjadi perhatian khusus bagi Anda. Oleh sebab itu, Anda harus memperhitungkan dengan tepat biaya-biaya operasional lainnya agar bisnis yang Anda jalankan dapat berkembang dengan maksimal.

Di samping itu, terdapat pula biaya lainnya yang menjadi tanggungan untuk para pengusaha, yaitu biaya non-operasional. Adanya biaya tambahan di luar operasional gudang dan lain-lainnya ini ternyata yang menjadi beban tersendiri bagi para pelaku usaha.

Macam-Macam Biaya Operasional Gudang

Dalam praktiknya, operasional gudang meliputi beberapa aspek penting, termasuk biaya administrasi, biaya penanganan, dan biaya-biaya lainnya. Lantas, apa saja yang termasuk dalam biaya operasional untuk gudang bisnis Anda? Anda dapat memahami poin-poin di bawah ini.

1. Biaya Sewa Ruang

Pertama, yaitu tentu saja biaya sewa ruang penyimpanan. Penggunaan gudang untuk tempat penyimpanan tentunya memiliki harga sewa yang tergantung pada lokasi dan ukuran gudang tersebut. Semakin strategis dan besar ukuran gudang, maka biaya sewa akan semakin naik.

Biaya sewa ruang tidak hanya untuk nilai sewa gudang saja, namun juga termasuk biaya depresiasi nilai bangunan, pajak bangunan, hingga biaya kebersihan dan keamanan. Oleh sebab itu, dengan menyewa ruang penyimpanan maka akan berpengaruh besar terhadap modal bisnis Anda.

2. Biaya Utilitas Gudang

Dalam masa sewa gudang, terdapat biaya tambahan yang termasuk di dalamnya adalah biaya penggunaan listrik, gas, dan air. Selain itu, adanya ventilasi dan pendingin udara dalam gudang menjadi biaya tambahan untuk utilitas gudang. Ada pula biaya pengemasan yang termasuk dalam aspek utilitas gudang.

3. Biaya untuk Gaji Pegawai Gudang

Gaji para karyawan yang bekerja di gudang penyimpanan merupakan aspek penting yang termasuk dalam biaya operasional gudang. Anda sebagai pemilik bisnis harus menyiapkan budget tersendiri untuk membayar upah on-cost, asuransi pegawai, pakaian keselamatan, dan biaya pelatihan.

Selain operator gudang yang merupakan pegawai tetap untuk bertanggung jawab atas operasional gudang, terdapat pula pekerja lepas lainnya yaitu administrator dan supervisor. Kedua posisi ini juga berhak untuk mendapatkan upah sebagai pegawai gudang dan segala hak yang mereka dapatkan.

4. Biaya Overhead

Apa itu biaya overhead? Pengertian dari istilah ini adalah sebuah biaya yang tidak berkaitan langsung dengan segala proses manajemen gudang. Biaya sewa kendaraan untuk kegiatan gudang, biaya sewa IT, biaya peralatan kantor, hingga biaya pemasaran merupakan aspek dari biaya overhead ini.

Oleh sebab itu, biaya pengiriman barang dari gudang juga penting untuk Anda pertimbangkan. Pengiriman yang besar akan membutuhkan alat transportasi lebih banyak, sehingga biaya untuk sewa kendaraan meningkat.

5. Tambahan Biaya

Terakhir yang harus Anda pertimbangkan adalah biaya tambahan seperti pengeluaran untuk ongkos kirim dokumen, asuransi, dan funding. Di samping itu, penyewaan jasa hukum, layanan bank, dan audit gudang menjadi beban tambahan biaya operasional untuk gudang penyimpanan milik perusahaan. 

Baca Juga: Manajemen Pergudangan: Pengertian dan Hal-hal Pentingnya

Cara Menghemat Biaya Operasional Gudang

Meskipun terdapat aspek-aspek penting dalam biaya operasional untuk gudang penyimpanan, ada beberapa cara menghemat budget untuk operasional gudang. Bagaimana caranya? Di bawah ini merupakan cara-cara untuk menghemat modal operasional gudang bisnis Anda.

1. Pakai Metode Cross-Docking

Siapa sangka bahwa ternyata modal pengiriman akan berpengaruh besar terhadap modal operasional gudang milik perusahaan. Metode cross-docking merupakan salah satu pilihan tepat untuk menghemat biaya pengiriman, sehingga tidak akan berdampak buruk terhadap biaya operasional gudang

Dengan metode ini, pengiriman akan langsung dilakukan dari supplier ke konsumen, sehingga akan menghemat biaya pengiriman. Pengiriman yang terjadwal dan cepat menjadikan opsi ini sebagai pilihan yang efisien untuk menyesuaikan modal operasional gudang.

2. Optimalkan Penggunaan Area Penyimpanan

Selanjutnya, pilih gudang yang memiliki ruang penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain ukuran gudang, fasilitas yang memadai juga menjadi pertimbangan penting bagi Anda. 

Pilih gudang dengan area penyimpanan yang cukup dengan fasilitas lengkap seperti pengemasan dan pengiriman yang terjamin. Salah satu opsi untuk gudang penyimpanan aman dan terjamin adalah dari Biteship.com. Layanan gudang penyimpanan dari Biteship hadir dengan integrasi luas ke banyak e-commerce.

Selain itu, dengan menggunakan jasa layanan gudang penyimpanan dari Biteship, Anda tidak perlu membayar biaya masuk gudang. Hal ini akan membantu untuk menghemat biaya operasional gudang bisnis Anda.

3. Atur Kinerja Karyawan

Cara lainnya untuk menghemat modal operasional gudang bisnis Anda adalah dengan mengatur kinerja karyawan. Jumlah karyawan yang bertanggung jawab di gudang akan memengaruhi budget perusahaan untuk memberikan upah pada masing-masing pegawai. 

Hindari jumlah karyawan yang terlalu banyak dan tidak memiliki job desc yang jelas. Oleh sebab itu, Anda perlu membuat SOP yang jelas untuk mengoptimalkan kinerja para karyawan. 

Pilih Jasa Penyedia Gudang yang Tepat!

Menjadi seorang pengusaha Anda akan menghadapi beberapa masalah termasuk biaya operasional gudang. Selain modal untuk gudang penyimpanan, Anda juga harus siap modal untuk membiayai keperluan lainnya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan cara-cara menghemat budget usaha milik Anda.

Salah satu yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya operasional pada kebutuhan ruang penyimpanan adalah dengan memperhatikan biaya pengiriman. Memakai jasa layanan gudang dari Biteship.com merupakan cara paling efektif untuk menghemat modal tersebut dengan fasilitas layanan yang lengkap. 

Beberapa layanan yang bisa Anda dapatkan adalah akses ke banyak kurir rekomendasi, termasuk JNE, Tiki, FedEx, Paxel, Sicepat, dan lain sebagainya. Cukup pilih satu yang paling Anda suka, dan pengiriman barang dari gudang akan berjalan lancar. 

Tak hanya menawarkan solusi pengiriman, Biteship juga memberi layanan untuk kebutuhan pengiriman. Anda bisa memeriksa semua tarif yang dibutuhkan hingga resi milik pelanggan. Sekali sentuh, semua pekerjaan telah selesai. Jadi, kunjungi situs resminya jika ingin kemudahan ini datang ke bisnis Anda! 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!