Berapa Harga WooCommerce? Ini Dia Penjelasannya

Membangun toko website toko online bisa dilakukan dengan mudah. Terlebih saat ini sudah ada plugin WooCommerce di WordPress. Yang kerap menjadi pertanyaan adalah berapa harga Woocommerce yang harus dibayar untuk membuat sebuah toko online?

Pada kesempatan ini akan dibedah secara mendalam mengenai biaya pembuatan website toko online menggunakan Woocommerce. Simak sampai akhir supaya Anda bisa mendapatkan informasi secara lengkap.

Berapa Harga WooCommerce?

Perlu Anda pahami bahwa WooCommerce pada dasarnya merupakan software jenis open source. Artinya, semua orang bisa menggunakan dan memodifikasinya secara bebas dan gratis. Tentunya ada banyak fitur di dalamnya yang bisa dicustom sesuai kebutuhan.

WooCommerce memiliki berbagai tema gratis yang bisa langsung Anda pakai. Secara default, tema yang terpasang adalah Storefont. Tema ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan dasar sebuah toko online yang meliputi tabel harga, SEO bawaan, dan tampilan yang bisa diubah.

Selain itu, WooCommerce juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan pengguna untuk berbelanja di toko online. Dengan tema ini, Anda juga dibebaskan untuk menambahkan plugin buatan sendiri.

Jika tidak ingin menggunakan tambahan plugin buatan sendiri, Anda bisa menggunakan beberapa dari 200 lebih ekstensi yang tersedia. Ada berbagai ekstensi untuk integrasi ulasan, kupon, custom layout, dan masih banyak lagi. Ekstensi tersebut juga bisa digunakan secara gratis.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa harga WooCommerce untuk membangun sebuah toko online adalah Rp 0 alias gratis.

Hal-hal Penting dari Sebuah Toko Online

Jika sudah merancang toko online menggunakan WooCommerce, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting sebagai berikut.

  • Produk

Produk merupakan hal penting pertama dari sebuah toko online. Ada beberapa plugin yang dapat Anda install untuk mengoptimalkan bagian ini.

  • WooCommerce Brand: membuat list produk sesuai dengan merek atau kategori lainnya (plugin premium).
  • WooCommerce CheckOut Add-Ons: menampilkan fitur dan produk ketika pelanggan melakukan checkout (plugin premium).
  • Pembayaran

Hal penting kedua dari sebuah toko online adalah pembayaran. Anda bisa menggunakan plugin sebagai berikut.

  • Stripe: memberikan opsi berbagai jenis metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan (plugin gratis).
  • PayPal: memberikan opsi kepada pelanggan untuk membayar menggunakan mata uang dolar melalui PayPal (plugin gratis).
  • Pengiriman dan Pengantaran

Untuk pengiriman dan pengantaran, Anda dapat menggunakan plugin Biteship. Plugin ini bisa dipakai untuk menghitung ongkir sekaligus mencetak resi pengiriman secara otomatis. Ada banyak jenis ekspedisi yang tersedia, mulai dari layanan standar, next day, same day, instan, dan cargo.

Plugin ini bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar, tergantung dari jenis layanan yang Anda pilih. Info lebih lengkap mengenai Biteship bisa diakses melalui https://biteship.com/plugin

  • Manajemen

Manajemen juga tidak bisa dianggap enteng dalam sebuah toko online. Jika manajemen dijalankan dengan baik, bisnis toko online akan berhasil. Berikut ini beberapa plugin yang dapat membantu Anda dalam mengelola toko online.

  • Jetpack: melindungi toko online Anda dari serangan hacker (plugin gratis).
  • Google Analytics: memberikan laporan berupa data analytics yang dilacak dari toko Anda (plugin premium).
  • MailChimp: membantu Anda untuk melakukan email marketing (plugin premium, menawarkan layanan gratis di awal).

Tips Merancang Anggaran untuk Toko Online

Agar bisa membangun dan mengelola website toko online dengan baik, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips yang akan diberikan di bawah ini.

  • Pelajari beberapa ekstensi yang mungkin Anda butuhkan dan pertimbangkan dengan matang sebelum mengambil keputusan.
  • Tentukan seluruh angka atau biaya yang akan Anda keluarkan untuk membangun toko online.
  • Kumpulkan beberapa ekstensi sejenis yang mungkin Anda perlukan. Kemudian pilah dan pilih berdasarkan kegunaan dan tingkat urgensinya.
  • Jangan belanja atau mengeluarkan uang melebihi dana yang sudah ditetapkan di awal. Anda harus tegas kepada diri sendiri agar modal tidak membengkak.

Berdasarkan penjelasan dapat disimpulkan bahwa harga WooCommerce adalah Rp 0. Namun Anda perlu mempersiapkan biaya lebih untuk berlangganan plugin premium. Plugin WordPress adalah tambahan yang diperlukan untuk meningkatkan fungsionalitas toko online.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!