Key Resources: Pengertian, Jenis, dan Pentingnya untuk Bisnis

Dalam menjalankan bisnis dibutuhkan beberapa hal metode penting untuk mencapai tujuan. Salah satunya adalah key resources. Key resources adalah salah satu elemen penting yang berkaitan dengan sumber daya bisnis agar bisa mencapai tujuan.

Setiap bisnis harus menggunakan metode untuk mendukung tujuan perusahaan lebih baik seperti melakukan value stream mapping. Bagi para pebisnis memang tidak hanya mementingkan penghasilan saja, tetapi juga perlu mengelola sumber daya kunci lebih baik.

Key Resources Adalah Poin Utama dalam Menjalankan Bisnis

Banyak orang yang sudah setuju jika suatu perusahaan tidak akan berjalan jika tidak ada sumber daya. Namun, tidak semua paham bahwa sumber daya yang penting tidak hanya soal uang saja.

Ada berbagai sumber daya kunci lainnya yang penting untuk Anda pertimbangkan. Bagi yang membuat usaha pergudangan sampai dengan jasa pengantaran paket juga perlu memperhatikan beberapa sumber daya ini untuk membuat bisnis lebih mudah berjalan.

Pentingnya sumber daya tersebut membuatnya memiliki ruang lingkup yang terbagi menjadi beberapa bidang, seperti key activities, key partner, dan cost structure untuk memperlancar proses bisnis.

Key resources adalah kunci dari aset berharga untuk membuat strategi bisnis. Pasalnya, dengan mengetahui sumber daya apa yang diperlukan, ini membuat para pebisnis bisa mendapatkan strategi apa yang sejalan dengan bisnis yang hendak dijalankan.

Untuk mendapatkan keuntungan yang baik diperlukan pemanfaatan sumber daya yang maksimal dan optimal. Dengan memanfaatkan sumber daya sebaik-baiknya, maka proses produksi bisa lebih berjalan cepat dan efisien.

Selain itu, pengoptimalan key resources adalah hal penting untuk menekan pengeluaran menjadi lebih optimal. Hal ini karena tidak ada pengeluaran yang sia-sia jika dimaksimalkan sumber dayanya sehingga membuat perusahaan lebih hemat lagi dalam pengeluaran.

Dengan memahaminya, Anda bisa mengedepankan faktor lain selain uang yang berdampak pada kemajuan perusahaan.

Jenis-Jenis Key Resources

Setelah Anda mengetahui pengertian key resources, diketahui pula bahwa key resources terbagi menjadi beberapa macam. Adapun jenis-jenis key resources adalah sebagai berikut:

  1. Sumber Daya Fisik

Sumber daya kunci yang pertama adalah sumber daya fisik. Yang dimaksud dengan sumber daya fisik adalah berbagai aset fisik yang dimiliki oleh perusahaan. Aset fisik inilah yang akan menunjang kegiatan operasional menjadi lebih lancar.

Contoh sumber daya ini adalah kendaraan, mesin produksi, gedung, dsb. Semua perlu dikelola dengan baik karena aset fisik inilah yang membuat kegiatan operasional menjadi berjalan lancar.

Sebaliknya, jika perusahaan tidak memiliki aset fisik, tentu aktivitas bisnis tidak bisa berjalan karena tidak ada key resources yang penting ini.

  1. Hak Kekayaan Intelektual

Key resources yang kedua adalah hak kekayaan intelektual yang juga penting untuk membangun perusahaan. Contoh dari hak kekayaan intelektual ini seperti, hak paten, brand, nama merk, dsb. Semua itu, harus disahkan untuk bisnis Anda sebelum orang lain merebutnya.

Sumber daya ini diperlukan untuk membangun citra dari masyarakat terhadap produk atau layanan yang Anda. Bisnis juga tidak bisa berjalan jika tidak ada kekayaan intelektual karena nantinya bisa mudah diklaim atau dikenakan sanksi jika Anda meniru produk orang lain.

  1. Sumber Daya Manusia

Salah satu hal yang begitu penting dalam key resources adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia perlu dikelola dengan baik oleh suatu perusahaan baik untuk bisnis skala besar maupun kecil sekalipun.

Saat ini persaingan tentang kualitas SDM juga lebih ketat karena perusahaan akan berlomba-lomba ingin mendapatkan SDM terbaik.

SDM yang sesuai dengan kualifikasi ini akan memudahkan Anda untuk melancarkan bisnis karena bisa mendapatkan inovasi baru yang kreatif untuk masa depan perusahaan. Selain itu, pekerjaan bisa lebih mudah selesai dan ini lebih meningkatkan pendapatan bisnis Anda.

Oleh sebab itulah di sebuah perusahaan ada divisi khusus untuk merekrut karyawan yaitu HRD.

  1. Finansial

Key resources yang terakhir adalah masalah finansial. Keuangan adalah hal yang tidak terpisahkan dari bisnis Anda karena finansial berkaitan dengan keuntungan bisnis dan tujuan dari perusahaan.

Sumber finansial ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis seperti ada yang dalam bentuk cash, kredit, saham, atau obligasi. Dengan menggunakan pengaturan sumber daya ini, maka aliran dana perusahaan menjadi lebih baik.

Anda juga bisa memastikan uang yang masuk dan keluar menjadi lebih terperinci sehingga menghindari kesalahan dan kerugian di masa mendatang.

Pentingnya Memahami Key Resources untuk Bisnis

Dari jenis-jenis sumber daya tersebut diketahui bahwa semua itu diperlukan dalam menjalankan perusahaan. Namun, untuk memahaminya lebih jelas perlu untuk mengetahui beberapa peran penting dari key resources, yaitu sebagai berikut:

  1. Menentukan Langkah Awal dari Perusahaan

Sebelum memulai perusahaan, Anda butuh sumber daya ini. Tanpa adanya sumber daya, maka tidak bisa memulai pekerjaan tersebut. Jadi, key resources berperan dalam pembuatan bisnis dan langkah awal perusahaan Anda.

Setiap pemula harus merencanakan sumber daya tersebut sebaik-baiknya sebelum memulainya lebih lanjut. Adanya key resources membuat Anda lebih terarah dalam menentukan tujuan dari perusahaan.

  1. Penentuan Strategi Perusahaan

Key resources lebih memudahkan pebisnis untuk mencapai keuntungan yang maksimal. Hal ini karena penentuan sumber daya akan menentukan keberhasilan bisnis. Untuk itu, sumber daya perlu direncanakan sambil menentukan strategi terbaik.

Untuk itu, penting untuk membuat strategi yang baik dengan mengacu pada sumber daya yang dibutuhkan. Contohnya sumber daya manusia apa yang diinginkan, kemampuan apa yang diperlukan, sampai tingkat pendidikan yang menjadi syarat.

Kemudian, ada juga beberapa strategi lainnya untuk sumber daya yang berbeda yang perlu Anda pikirkan dengan baik.

  1. Penentuan Target dan Capaian Perusahaan

Terakhir, adalah key resources berperan dalam menentukan target dan capaian perusahaan. Anda perlu membuat strategi yang baik ini dengan memahami target yang ingin dicapai. Adanya sumber daya tersebut adalah alat untuk menentukan target.

Jangan sampai membuat target yang jauh dari realita karena ini hanya menyusahkan Anda saja. Sebaliknya, buatlah yang sesuai dan mampu membuat perusahaan berkembang.Key resources adalah kunci dalam menjalankan bisnis lebih baik dan mencapai tujuan yang diinginkan. Setiap sumber daya ini dibutuhkan di berbagai jenis perusahaan seperti untuk jasa pengiriman barang sekalipun. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!