Panduan Cara Berjualan dari AliExpress dengan Sistem Dropship

Strategi menjadi bagian dari cara berjualan dari AliExpress yang perlu dipahami. Apabila memiliki strategi dan perencanaan yang baik, maka bisnis dapat berjalan dengan lancar sehingga mampu memberikan keuntungan. 

Dropship merupakan model bisnis yang saat ini sedang populer karena penjual tidak perlu memikirkan tentang persediaan produk, pengiriman dan lainnya. Namun bisa tetap menetapkan harga produk sesuai keinginan. Supplier bisa ditemukan dari mana saja, salah satunya melalui AliExpress.

Panduan Cara Berjualan dari AliExpress

Dalam bisnis dropship, memilih supplier dan menentukan target pasar yang tepat merupakan keharusan yang dilakukan agar bisa tepat sasaran dan produk mampu memenuhi kebutuhan pelanggan. Jika ingin menjalankan bisnis dropship, Anda bisa menemukan supplier terpercaya di AliExpress. 

Banyak sekali pilihan produk yang bisa dipilih untuk dijual sehingga bisa dikatakan cukup menguntungkan. Tidak ada biaya yang dibebankan untuk dapat bergabung di AliExpress. 

Anda bisa langsung mengunduh gambar dan detail produk ke halaman toko untuk dapat dijual. Agar bisnis dapat berjalan dengan baik, perhatikan beberapa cara berjualan dari AliExpress di bawah ini.

  1. Tentukan Produk yang Akan Dijual dari AliExpress

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk memulai dropship adalah niche dan produk. Tersedia banyak produk di AliExpress sehingga Anda bisa memilihnya secara lebih leluasa. Tentukan apa yang ingin Anda jual di toko sendiri. 

Pilihlah produk yang Anda ketahui dengan baik, berkaitan dengan hobi, sedang populer, atau diminati oleh banyak pembeli. Hal tersebut dilakukan agar peluang penjualan bisa semakin besar. 

Lakukan observasi pasar terlebih dahulu agar bisa mengetahui jenis produk apa yang tepat untuk dijual. Jika sudah menentukan produk di AliExpress, Anda juga perlu memperhatikan hal lain seperti hindari produk palsu. 

Jangan memilih produk yang terdapat logo atau slogan hindari atau berpotensi buruk. Perhatikan juga ulangan penilaian bintang yang didapatkan produk tersebut. 

Selain itu, carilah produk dengan harga terendah dengan kualitas bagus sehingga keuntungan yang bisa diraih dapat lebih besar.

  1. Identifikasi Supplier

Setelah menentukan produk yang akan dijual. Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi supplier yang terpercaya. Lakukan berbagai pertimbangan untuk memastikan kredibilitas dari supplier yang akan dipilih. 

Hal tersebut perlu dilakukan agar produk dan layanan yang didapatkan terjamin kualitasnya. Sebagai pemula, memilih supplier yang tepat memang bukan hal yang mudah. Memilih supplier merupakan cara berjualan di AliExpress terpenting yang harus dipertimbangkan dengan baik. 

Pertama, Anda bisa mencari informasi terkait reputasi calon supplier, berapa harga produk yang ditawarkan, ulasan yang diberikan pelanggan lain, hingga respon supplier. 

Melalui komponen tersebut, Anda bisa memiliki pertimbangan terbaik untuk dapat memilih supplier yang tepat. Pilih beberapa kandidat terlebih dahulu agar Anda bisa menyeleksinya secara lebih mudah.

  1. Siapkan Toko Untuk Dropship

Untuk dapat menjalankan bisnis dropship, Anda tentu harus memiliki sarana untuk dapat mengatur produk dan strategi pemasaran lainnya. Apabila sudah menentukan produk yang akan dijual dan sudah mendapatkan supplier. 

Langkah selanjutnya adalah membangun toko untuk dapat melakukan pemasaran secara online. Pilihlah salah satu platform online yang ingin digunakan dan langsung membuat daftar barang. Gunakan gambar berkualitas tinggi agar produk dapat menarik perhatian para pelanggan. 

Informasikan deskripsi produk secara lengkap serta detail kebijakan pengiriman agar pelanggan bisa mengetahuinya dengan baik. Tentukan harga juga yang bersaing agar produk memiliki keunikan tersendiri.

  1. Ketahui Alat Optimasi Bisnis

Bukan hanya perencanaan awal saja yang perlu dipahami dari bagaimana cara berjualan di AliExpress

Namun optimisasi juga perlu dilakukan agar proses penjualan bisa berjalan dengan baik, produk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, semakin terkenal dan disukai, mendapatkan banyak pelanggan, dan lain sebagainya. 

Hal tersebut dilakukan agar keuntungan yang diraih bisa semakin besar. Ada sejumlah alat yang bisa digunakan untuk mengoptimasi dropship di AliExpress. Diantaranya seperti alat pelacak pesanan, autoresponder email, dan lainnya.

 Dengan alat tersebut, Anda bisa menghemat waktu dan energi guna dapat mengelola bisnis secara lebih efektif. Selain itu, Anda juga bisa mengintegrasikan alat manajemen inventaris untuk dapat tetap mengikuti perkembangan level stok. 

Ada juga alat yang bisa membantu Anda untuk meneruskan pesanan ke supplier dan memprioritaskan supplier secara otomatis. Teknologi yang dihadirkan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis yang dikelola.

  1. Metode Pembayaran AliExpress

Untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi, AliExpress sudah menyediakan beragam metode pembayaran. Dengan begitu proses pemesanan bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Metode pembayaran yang paling umum digunakan adalah kartu kredit. 

Pembayaran dengan kartu kredit menawarkan perlindungan apabila terjadi kendala seperti pengembalian, kualitas produk buruk, dan lainnya. 

Selain itu, AliExpress juga memiliki metode pembayaran lain seperti transfer bank, West Union, AliExpress Pocket, Sofort, QIWI, DOKI,Webmoney, iDeal, TEF dan Bancontact. 

Umumnya, AliExpress membutuhkan waktu sekitar 2-5 hari untuk verifikasi detail kartu sebelum transaksi bisa dilakukan.

  1. Metode Pengiriman

Sebagai dropshipper, Anda perlu menentukan metode pengiriman yang akan diterapkan agar produk dapat segera sampai ke tangan pelanggan. Semakin cepat metode yang dipilih, maka produk akan semakin cepat sampai dan mampu memberikan fasilitas terbaik bagi pelanggan. 

AliExpress memiliki dua metode utama untuk keperluan mengelola pengiriman produk. Berikut informasinya.

  1. Standar AliExpress

Estimasi pengiriman dapat berbeda, tergantung tujuan dari paket tersebut dikirim. Waktunya sekitar 12 hari sampai 2 bulan atau lebih tergantung dari negara dan alamat tujuannya. 

Untuk pengiriman standar, tersedia layanan gratis atau biaya yang lebih rendah. Pengiriman standar ini melayani pengiriman produk dalam jumlah kecil maupun besar dengan layanan kurir dan juga cargo. 

Pengiriman cargo adalah ekspedisi barang dalam jumlah yang besar. Umumnya jenis pengiriman reguler ini menawarkan proses yang jauh lebih efektif untuk proses pengiriman barang sekaligus dalam jumlah banyak.

  1. Premium AliExpress

Jenis pengiriman ini menawarkan keistimewaan tersendiri, dimana waktu pengirimannya lebih cepat dibandingkan dengan layanan kiriman standar. Metode pengiriman ini lebih direkomendasikan karena paket bisa sampai dengan lebih cepat. 

Jika pelanggan bisa mendapatkan produk lebih cepat maka dapat memberikan kepuasan layanan. Hal ini dapat membantu bisnis dropship bisa berjalan dengan baik. Layanan ini cukup hemat biaya dan sudah menjangkau lebih dari 30 negara.

  1. Kebijakan Pengembalian

Berbagai situasi bisa saja terjadi misalnya produk rusak saat pengiriman dan lainnya. Untuk dapat memberikan kepuasan terhadap pelanggan, Anda perlu membicarakan terkait kebijakan pengembalian pada supplier sebelum memulai transaksi. 

Hal tersebut perlu dilakukan agar supplier dapat memberikan jaminan terhadap produk yang akan diterima. Dengan begitu Anda juga bisa memberikan layanan yang memuaskan untuk pelanggan.

  1. Melakukan Promosi

Untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, Anda perlu melakukan promosi. Tentukan target pelanggan yang ingin dijangkau agar dapat memudahkan Anda untuk melakukan promosi. 

Hal ini menjadi cara berjualan dari AliExpress app yang penting, karena tanpa promosi maka bisnis akan sulit untuk berkembang. Buatlah rencana promosi dan manfaatkan beberapa media sebagai sarana. 

Anda bisa memanfaatkan platform social media untuk promosi dan membangun komunikasi bersama pelanggan. Strategi promosi yang baik dapat membantu Anda untuk meningkatkan penjualan.Cara berjualan dari AliExpress cukup mudah diterapkan karena Anda tidak membutuhkan inventaris, anggaran besar, maupun proses pemenuhan pesanan. Anda hanya perlu berfokus terhadap pemasaran produk saja, penyediaan serta pengiriman barang akan langsung ditangani oleh pihak supplier.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!