Pengertian Endorse: Pengertian, Manfaat, dan Tips Sukses Endorsement

Istilah endorse memang semakin populer di era digital saat ini. Endorsement merupakan salah satu strategi digital marketing dengan bantuan orang lain dalam menawarkan produk, khususnya melalui media sosial. Tidak mengherankan apabila endorsement kerap dikaitkan dengan para influencer.

Dilansir dari Cambridge Dictionary, endorsement memiliki arti sebagai membuat pernyataan publik mengenai dukungan atau persetujuan. Dengan kata lain, endorsement adalah mempromosikan produk barang maupun jasa yang ditampilkan dalam iklan dan disukai oleh konsumen.

Apa Itu Endorse?

Menurut The Economic Times, disebutkan bahwa endorsement adalah bentuk dari promosi atau iklan yang dilakukan oleh selebriti atau tokoh terkenal yang diakui, dipercaya, dan dihormati banyak orang.

Maraknya penggunaan media sosial membuat endorsement semakin populer di berbagai kalangan. Fenomena ini pula yang memotivasi banyak orang untuk menjadi artis di medsos seperti Instagram. Jika Anda berhasil mengumpulkan banyak followers, maka akan disebut sebagai selebgram.

Dalam endorsement media sosial, jumlah pengikut dan popularitas sangat menentukan tarif dari selebgram tersebut. Pada proses promosi produk secara endorsement, perusahaan akan menunjuk brand ambassador dari selebgram terkenal untuk mengiklankan produknya secara spesifik.

Dukungan dari selebgram yang memiliki pengaruh bagi banyak orang diharapkan bisa membantu meningkatkan penjualan. Promosi endorse merupakan strategi pemasaran populer dengan cara mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk mencapai tujuan perusahaan.

Jenis Jenis Endorsement

Secara umum, endorsement terbagi menjadi 2 jenis, yaitu berbayar dan tidak berbayar (gratis). Sebelum memutuskan untuk melakukan endorse, sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis-jenis dan perbedaannya. Berikut detail informasinya:

  1. Endorsement Berbayar

Jenis endorsement ini mengharuskan Anda mempersiapkan sejumlah uang sesuai yang diminta public figure pilihan sebagai bayaran untuk mempromosikan produk.

Endorsement berbayar umumnya mengharuskan kedua belah pihak membuat kesepakatan kerjasama mengenai hak dan kewajiban masing-masing.

Dalam prosesnya, selebriti akan dibayar dengan tarif sesuai perjanjian. Setelah itu, brand akan mengirim produk untuk dipelajari oleh selebriti, kemudian dipromosikan secara luas.

  1. Endorsement Tidak Berbayar

Sesuai namanya, jenis endorsement ini tidak mengharuskan brand untuk membayar jasa artis endorse yang mempromosikan produk. Dalam prosesnya, brand hanya mengirimkan sample produk kepada selebriti untuk dicoba dan dipromosikan melalui akun pribadinya.

Manfaat Endorsement

Pada dasarnya, endorsement akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, yakni pengguna jasa endorsement dan selebgram yang mengiklankan produk melalui akun media sosial pribadinya.

Lantas, apa keuntungan promosi produk melalui endorsement yang akan didapatkan oleh pengguna jasa tersebut? Berikut jawaban selengkapnya:

  1. Memperkenalkan Brand

Followers atau fans akan terus mengikuti aktivitas selebriti yang dikagumi melalui akun sosial media maupun akun streaming mereka. Apabila Anda melihat ada selebriti yang membagikan produk tertentu dalam konten yang diunggah, maka hal tersebut termasuk dalam promosi endorsement.

  1. Membangun Kredibilitas

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa produk yang digunakan oleh para selebriti dianggap memiliki kualitas tinggi. Saat produk Anda dipakai dan dipromosikan selebgram, hal tersebut akan menimbulkan minat publik untuk mencari tahu informasi seputar produk tersebut.

  1. Mengembangkan Segmen Pasar

Selebriti dan influencer memiliki fans yang berasal dari berbagai kalangan dan wilayah. Sehingga memungkinkan produk Anda lebih dikenal banyak orang, bahkan yang bukan merupakan segmen target. Benefitnya bagi perusahaan tentu cukup besar, karena produk akan lebih terkenal.

  1. Hemat Budget

Siapa bilang jika harga endorse selebgram mahal? Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena Anda bisa sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Bahkan, bisa juga gratis apabila menggunakan jasa endorsement dari orang yang baru merintis karir menjadi public figure.

Tips Sukses Melakukan Endorsement

Supaya produk dan budget yang dikeluarkan untuk endorse tidak sia-sia, sebagai pelaku bisnis yang bijak sudah seharusnya Anda memiliki beberapa pertimbangan dalam memilih public figure.

Di bawah ini adalah beberapa tips memilih artis internet dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan endorsement:

  1. Engagement Rate

Pada kenyataannya, jumlah followers atau subscriber selebriti internet tidak menjamin efektivitas pemasaran yang dilakukan. Oleh sebab itulah, brand, harus memperhatikan engagement rate (nilai persentase antara jumlah followers dan interaksi yang terjadi).

Semakin besar nilai engagement rate, maka semakin tinggi pula peluang kesuksesan endorsement. Pasalnya, angka engagement juga dapat memfilter jumlah fake account followers.

  1. Persona

Karakter atau peran sosial selebriti yang akan dipilih juga memainkan peran penting dalam keberhasilan proses endorsement. Sebaiknya, pilihlah sosok yang memang identik dengan produk.

Misalnya, pilih make up artist untuk mempromosikan produk kosmetik, atlet untuk memperkenalkan produk perlengkapan olahraga, dan seterusnya.

  1. Anggaran

Dalam melaksanakan strategi pemasaran, tidak terkecuali endorsement. Anggaran merupakan komponen penting yang harus dipertimbangkan. Pada tahap awal, disarankan untuk memilih selebriti dengan tarif sesuai budget. Kemudian lihat bagaimana perkembangannya.

Apabila menunjukkan hasil sesuai yang diharapkan, maka bisa tambah anggaran untuk endorsement. Dengan kata lain, dapat menggunakan jasa public figure yang lebih populer.Selain menerapkan strategi marketing, seperti endorse untuk mengembangkan bisnis, Anda juga harus mempertahankan loyalitas pelanggan melalui layanan berkualitas, seperti menyediakan ragam opsi pengiriman. Untuk mewujudkannya, Anda bisa menggunakan produk Shipping dari Biteship.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!