13 Ide Jualan Makanan Kekinian, Modal Kecil Bisa Dapat Untung Besar

13 Ide Jualan Makanan Kekinian, Modal Kecil Bisa Dapat Untung Besar

Banyak orang yang sedang mencari ide jualan makanan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Khususnya para ibu rumah tangga, yang ingin membantu suami dengan berjualan makanan. Namun, kebanyakan dari mereka merasa kesulitan karena tidak mempunyai modal yang banyak untuk berjualan.

Padahal, ada ide jualan yang hanya membutuhkan modal kecil. Namun, jangan salah sangka. Ternyata, dengan modal yang kecil, keuntungan yang diperoleh bisa menjadi besar. Jadi, jualan makanan apa modal kecil untung besar? Simak ide-ide terbaiknya berikut ini.

Ide Jualan Jajanan Simple

Bagi orang-orang yang ingin mulai berjualan makanan tetapi tidak ingin ribet, maka bisa menggunakan ide jualan makanan simple berikut ini. Tenang saja, tidak dibutuhkan modal, waktu, dan tenaga yang banyak untuk menjual beberapa makanan ini.

1. Cilor

Makanan pertama yang simple dan pasti laku untuk dijual adalah cilor. Ini merupakan salah satu jajanan Indonesia yang sering dijual di depan sekolah. Cilor adalah singkatan aci telor. 

Makanan tersebut bisa dibuat dengan bahan yang mudah didapatkan, yaitu tepung tapioka, tepung terigu, telur, garam, dan penyedap rasa. 

Anda bisa memberikan aneka topping seperti balado, keju, barbeque, dan lain-lain. Biasanya, jajanan tersebut sangat disukai oleh anak-anak. Namun, anak kuliahan juga suka dengan cilor tersebut. Selain itu, agar penjualan bisa lebih meningkat, makanan ini juga bisa dijual di layanan pesan antar.

2. Telur Gulung

Selain enak dijadikan sebagai cilor, telur juga bisa dijadikan sebagai camilan nikmat lainnya yaitu telur gulung. Jajanan anak SD ini juga sangat digemari oleh banyak orang, termasuk orang dewasa. Jadi, menjual makanan ini tentu akan mendatangkan banyak uang.

Cara membuatnya juga sangat mudah, siapkan saja adonan telur yang berupa campuran tepung tapioka, telur, air, garam, dan penyedap rasa. Kemudian, aduk semua adonan itu menjadi satu dan goreng di atas minyak yang banyak dan sudah panas. Lalu, gulung telur di minyak tersebut dengan tusuk sate.

3. Jasuke

Jasuke atau jagung susu keju juga merupakan makanan yang disukai oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Membuat jajanan ini juga sangat mudah karena Anda hanya membutuhkan jagung manis yang direbus dan tambahan topping berupa susu kental manis, keju, dan topping-topping lainnya.

4. Sosis Bakar

Sosis adalah makanan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis kudapan nikmat. Salah satunya adalah sosis bakar. Menjual sosis bakar tidak membutuhkan waktu, modal, dan tenaga yang banyak. Pasalnya, hanya dibutuhkan sosis dan bumbu bakar untuk membuat makanan yang satu ini.

Bumbu bakar itu juga bisa dibuat dari bumbu instan. Jika ingin membuatnya sendiri, maka gunakan beberapa bahan seperti bombay, bawang putih, saus tomat, ketumbar bubuk, garam, penyedap rasa, kecap, dan minyak. 

Campurkan semua bahan tersebut dan oleskan pada sosis. Kemudian, bakar sosis itu di atas teflon hingga matang.

Baca Juga: 14 Ide Usaha Rumahan Minim Modal, Cuan Laba Melimpah!

Ide Jualan Camilan Online

Sebenarnya, “makanan apa yang paling laku dijual?” Ternyata, makanan online adalah jawaban terbaiknya. 

Dengan kecanggihan teknologi dan perubahan perilaku pembelian masyarakat saat ini, makanan online lebih banyak disukai karena pembelian dan pengirimannya lebih mudah, tanpa harus datang ke lokasi. 

Jadi, jika memang tertarik untuk berjualan secara online, maka ide-ide jualan makanan online berikut ini bisa menjadi referensi terbaik.

1. Makaroni Pedas

Makaroni adalah makanan khas Italia yang banyak dijual di Indonesia. Sebenarnya, makaroni pedas sudah menjadi ide bisnis sejak lama. Namun, makanan tersebut tetap digemari hingga kini. Bahkan, kini kebanyakan orang juga lebih suka dengan makaroni pedas daun jeruk.

2. Baso Aci

Makanan lainnya yang sangat laku jika dijual secara online adalah baso aci. Makanan ini sedang trend dan menjadi incaran banyak orang. Jadi, Anda bisa mendapatkan penghasilan jutaan dari bisnis kuliner yang satu ini. 

Namun, pastikan bahwa ada pembeda dan keunikan dari baso aci yang Anda jual dengan baso aci lainnya yang ada di pasaran. Contohnya adalah menggunakan jenis isian yang berbeda seperti mie atau topping tambahan lainnya.

3. Risol Mayo

Tak hanya baso aci saja, kini banyak orang juga sedang menyukai risol mayo. Makanan ini juga mudah untuk dibuat. 

Buatlah adonan risol dan isian risol mayo. Isian risol mayo itu biasanya terdiri dari potongan sosis dan mayonaise. Risol tersebut juga bisa dijadikan sebagai frozen food untuk pengiriman ke luar kota.

Baca Juga: 8 Aplikasi Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Dicoba

Ide Makanan Rumahan untuk Dijual

Jualan makanan apa untuk pemula? Ternyata jawabannya adalah makanan rumahan yang bermodal kecil dan mudah untuk dibuat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Salad Buah

Salad buah merupakan salah satu ide makanan rumahan yang laris untuk dijual. Gunakan saja beberapa buah-buahan dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, berikan topping seperti keju atau cokelat. Itulah yang menjadikan jajanan segar ini sangat disukai oleh semua orang.

2. Dimsum

Beberapa waktu terakhir, dimsum menjadi makanan yang paling banyak diincar oleh pecinta kuliner. Makanan yang termasuk ke dalam jenis Chinese food ini biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. 

Ada juga berbagai jenis dimsum dengan variasi topping. Jadi, makanan ini bisa menjadi ide jualan terbaik yang patut untuk dicoba.

3. Pisang Nugget

Salah satu ide jualan jajanan yang murah adalah pisang nugget. Gunakan saja pisang sebagai bahan baku utamanya agar modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Campurkan pisang tersebut dengan tepung terigu, gula, vanili, dan telur. Kemudian, goreng dengan tepung panir.

Tambahkan juga aneka topping sehingga menjadikan pisang nugget tersebut lebih menarik. Kemaslah pisang nugget itu menggunakan box yang cantik. Dengan begitu, kudapan ini bisa dijadikan sebagai hampers atau kado.

4. Martabak Mini

Martabak mini juga menjadi ide makanan yang murah. Hanya dengan harga jual Rp1.000 sampai Rp2.000, makanan tersebut sudah bisa membawa banyak keuntungan untuk Anda. 

Bahan baku pembuatannya juga mudah, yaitu tepung terigu dan telur. Tambahkan juga ragi, mentega, baking soda, dan baking powder.

Baca Juga: Tips Mudah Memulai Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Ide Makanan Tahan Lama untuk Dijual

Ide jualan makanan kekinian modal kecil untung besar bisa dilakukan dengan membuat makanan yang tahan lama. Beberapa jenis makanan tahan lama tersebut adalah sebagai berikut.

1. Cireng

Makanan tahan lama yang mudah untuk dibuat adalah cireng. Bahannya juga mudah dicari dan caranya juga sangat mudah untuk dilakukan. Cireng atau aci goreng juga bisa disajikan dengan bumbu atau saus, termasuk bumbu rujak.

2. Rollade

Rolade merupakan makanan yang enak dinikmati sebagai makanan pendamping untuk berbagai jenis menu masakan. Nah, rolade bisa dijual dalam bentuk frozen food. Karena menjadi makanan yang simple, tak heran jika banyak orang yang suka membeli rollade tersebut untuk digoreng ataupun direbus bersama sup.
Tiga belas ide jualan makanan yang cepat laku tersebut bisa menjadi ide terbaik untuk Anda yang bingung ingin mulai berjualan apa. Pilih saja salah satu ide yang paling sesuai dengan minat dan temukan pasar terbaiknya.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!