Split Payment: Pengertian, Keuntungan, dan Contohnya

Beragam aplikasi dan layanan teknologi keuangan telah membuat proses transaksi menjadi efisien, termasuk split payment. Split payment adalah metode dari salah satu sistem pembayaran digital atau e-commerce yang populer.

Sistem ini juga diciptakan untuk memberikan fasilitas pada pengguna yang rekening atau dompet digitalnya lebih dari satu. Lalu, apa pengertian split payment? Bagaimana metode dan manfaatnya? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Split Payment Adalah?

Secara bahasa, split payment dapat diartikan sebagai pembayaran terpisah. Sedangkan dalam jual beli, pengertian split payment adalah metode untuk membayar suatu barang atau jasa menggunakan beberapa sumber pembayaran.

Jadi pada dasarnya, pembayaran yang dilakukan menggunakan cara yang berbeda. Kemunculan sistem ini karena memang kebanyakan orang memiliki lebih dari satu rekening atau dompet digital.

Seperti misalnya, jika Anda perlu membayar suatu barang senilai Rp100.000 di suatu bazar atau pemeran. Bazar adalah pasar yang diselenggarakan dalam jangka waktu tertentu dan dihadiri oleh penjual dan pembeli dari berbagai daerah.

Nah, dengan metode ini maka pembayaran di bazar tersebut bisa Anda bagi menjadi Rp40.000 dari transfer rekening bank dan sisanya Rp60.000 dibayarkan melalui e-wallet seperti DANA atau GoPay.

Kelebihan dari Metode Split Payment

Metode split payment tidak hanya menguntungkan untuk pihak pembeli saja, namun juga penjual. Inilah penjelasan selengkapnya mengenai berbagai keuntungannya:

  1. Bagi Pembeli

Inilah beberapa kelebihan yang akan dirasakan oleh pembeli jika menerapkan sistem payment:

  1. Transaksi Dapat Dicicil

Bagi pengguna kartu kredit, penggunaan metode ini akan memudahkan untuk mencicil sebagai harga produk. Misalnya saja jika Anda ingin membeli sepatu seharga Rp3.000.000, tapi uang yang dimiliki hanya tersisa Rp2.000.

Nah, dengan adanya kartu kredit maka harga produk tersebut bisa dibayar sebagai kemudian untuk sisanya dilunasi dengan sistem kredit.

  1. Membeli Barang dengan Mudah

Kelebihan selanjutnya bisa membantu Anda untuk membeli barang impian yang diinginkan. Hal ini karena memang nantinya sudah tak perlu memikirkan pembayaran di muka, Anda dapat menggunakan cicilan kredit untuk sebagainya.

  1. Mudah untuk Mengatur Keuangan

Bukan rahasia, kalau split payment adalah metode yang akan memudahkan pengguna dalam mengelola keuangan secara tepat. Sebab dengan banyaknya opsi penyimpanan uang, kebanyakan orang akan mengalokasikan dananya di e-wallet atau rekening yang dimiliki.

Apabila dana yang dibutuhkan untuk transaksi dari rekening satu ke lainnya belum mencukupi maka tak perlu khawatir. Anda dapat melunasinya menggunakan sistem ini dengan beberapa rekening yang ada.

  1. Pembayaran Dapat Patungan

Split payment juga berguna untuk membagi sumber dana yang ada untuk melakukan transaksi ke lebih dari satu orang. Pastinya hal ini dilakukan sesuai dengan kesepakatan dari pemilik dana.

Seperti misalnya jika sedang dalam acara kumpul keluarga, makan bersama, atau bisa membeli suatu produk yang akan dinikmati bersama.

  1. Bagi Penjual

Sedangkan pihak penjual juga akan turut merasakan kelebihan yang ditawarkan, antara lain yaitu:

  1. Dapat Memperluas Jaringan Usaha

Kelebihan paling utama yang dirasakan oleh penjual yaitu dapat menambah jaringan atau memperluas bisnis. Alasannya karena reseller atau distributor sudah banyak yang menerapkan metode ini karena beragam kemudahan yang diberikan.

Hal tersebut secara tidak langsung tentu akan semakin melancarkan proses usaha yang terjadi diantara dua belah pihak.

  1. Dapat Meningkatkan Penjualan

Kemudahan metode ini memang memudahkan pembeli untuk masalah transaksi. Apabila perusahaan Anda menyediakan metode pembayaran ini, tentu potensi penjualan produk Anda akan semakin meningkat. Jadi mulai sekarang sudah tak perlu ragu lagi untuk mengaktifkan fitur split payment.

Jika penjualan meningkat, tentu pengiriman barang juga akan lebih banyak setiap harinya. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan jasa dari https://biteship.com/. Biteship merupakan aggregator logistik yang akan membantu pengusaha kecil sampai besar mengenai logistik dengan banyak opsi kurir.

Contoh Penerapan Split Payment

Baik penjual ataupun pembeli memang akan sangat diuntungkan dari metode pembayaran split payment. Jika masih bingung, beberapa contoh split payment adalah sebagai berikut:

  1. Pembayaran dengan Aplikasi LINE Split Bill

LINE menjadi aplikasi media sosial yang memudahkan pengguna untuk split payment. Opsi Split Bill ini dapat ditemukan di menu More yang ada di pojok kanan atas, lebih tepatnya di tampilan utama LINE.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengambil gambar struk tagihan kemudian memasukkan nama teman. LINE secara otomatis akan membaca nama alamat, toko, total pesanan hingga total tagihan.

Jika sudah maka tinggal pilih salah satu teman berdasarkan pesanan mereka, kemudian klik Next untuk memunculkan jumlah tagihan dari setiap orang.

  1. Menggunakan e-Wallet yang Berbeda

Dalam contoh kali ini, pembeli harus membayar suatu tagihan menggunakan dua e-wallet berbeda. Hal ini karena saldo yang dimiliki di salah satu e-wallet masih belum mencukupi.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli makanan di suatu restoran dengan tagihan mencapai Rp250.000 dan tidak membawa uang tunai. Anda hanya memiliki dua e-wallet yang berbeda, dimana satunya hanya tersisa Rp150.000 sehingga sudah pasti kurang.

Maka dari itu, Anda bisa coba meminta untuk menggunakan metode ini dari dua akun e-wallet yang berbeda kepada kasir. Jadi untuk sisanya yang kurang Rp100.000 bisa diambilkan dari e-wallet hingga genap menjadi Rp250.000.

  1. Split Payment Secara Manual

Cara paling klasik untuk metode split payment yaitu perhitungan secara manual dari jumlah tagihan untuk semua orang. Adapun tahapannya seperti berikut ini:

  • Minta jumlah total tagihan dari suatu pembelian barang.
  • Pilih beberapa teman dengan tujuan untuk menyesuaikan apa yang sudah mereka beli.
  • Lalu jumlah dari tagihan masing-masing orang kemudian sesuaikan berdasarkan tagihan secara keseluruhan.
  • Jika sudah sesuai maka pembayaran mandiri dari setiap orang bisa langsung dilakukan.

Pada dasarnya, split payment adalah metode pembayaran yang paling mudah dan solutif. Jika dijalankan dengan benar, split payment akan sangat bermanfaat untuk penjual ataupun pembeli. Jadi jangan ragu lagi untuk menggunakannya.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!