Contoh Surat Penawaran Harga yang Baik dan Komponen Penyusunnya

Contoh surat penawaran harga menjadi dokumen penting yang dibutuhkan untuk kesepakatan transaksi dengan pihak eksternal. Selain melalui iklan atau promosi, para penjual jasa atau produk seringkali menggunakan dokumen resmi yang ditujukan ke calon pembeli.

Dokumen tersebut disebut dengan surat penawaran harga. Dengan melampirkan surat tersebut, pihak pembeli bisa mengetahui detail produk yang ditawarkan, mulai dari jenis barang hingga harganya. Surat penawaran harga perlu dibuat dengan baik agar bisa memberikan informasi yang detail.

Apa Itu Surat Penawaran Harga?

Surat penawaran harga merupakan jenis dokumen resmi yang berisi tentang tujuan penawaran terhadap produk atau jasa tertentu. Surat tersebut dibuat oleh penjual barang atau jasa dan ditujukan kepada calon pembeli. 

Terdapat beberapa elemen yang harus didefinisikan dalam surat agar calon pembeli tertarik untuk melakukan pembelian. Surat penawaran harga tidak mengikat secara hukum, kecuali menjadi bagian dari kontrak resmi yang dilakukan kedua belah pihak. 

Umumnya, contoh surat penawaran harga barang atau jasa akan dikirimkan sebelum pembeli mengeksekusi pembelian. 

Hal tersebut dilakukan agar pembeli dapat mengetahui apakah produk sesuai dengan anggaran yang tersedia atau tidak. Harga perlu dituliskan secara akurat dengan tetap mempertimbangkan potensi keuntungan.

Alasan Melakukan Penawaran Harga

Sebelum menyimak contoh surat penawaran harga, pahami terlebih dahulu alasan mengapa dokumen tersebut harus dikirimkan. Tujuan utamanya adalah membentuk hubungan erat dengan rekan bisnis. 

Penawaran harga khusus diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada rekan bisnis yang sudah membangun kerja sama dan turut membantu dalam perkembangan bisnis. Bukan hanya itu, terdapat juga alasan lainnya. Diantaranya seperti berikut ini.

  1. Mempererat Hubungan Kerja Sama

Hubungan kerja sama memiliki peranan yang penting karena dapat memberikan dampak pada perkembangan bisnis. Untuk itu hubungan tersebut perlu terus dijaga agar bisa saling memberikan keuntungan.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan penawaran harga khusus. Dengan begitu, mitra bisnis akan terus merasa nyaman menjalin kerja sama.

  1. Biaya Produksi

Adanya penawaran harga tentu membuat mitra bisnis bisa mendapatkan estimasi jumlah biaya produksi yang lebih rendah. Secara tidak langsung bisa membantunya untuk memperbesar potensi keuntungan.

  1. Meningkatkan Peluang Penjualan

Mengirimkan surat penawaran harga kepada beberapa mitra bisnis yang umumnya melakukan pembelian berdasarkan dokumen yang kirim dapat memperbesar peluang peningkatan penjualan yang signifikan. 

Hal ini bisa membantu Anda untuk memprediksi kemungkinan keuntungan yang bisa diraih.

  1. Harga Lebih Sesuai

Kerjasama yang dibangun diharapkan mampu memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak. Melalui surat penawaran harga, peluang kerja sama dengan mitra bisnis dapat dibangun secara lebih efektif dengan penetapan harga yang disepakati bersama.

Format Penulisan Surat Penawaran Harga

Salah satu tujuan kewirausahaan adalah untuk membentuk semangat inovasi yang kompetitif. Ditengah persaingan pasar yang saat ini kian ketat, pelaku usaha tentu harus secepatnya mengirimkan penawaran harga agar bisnis bisa dapat terus dikembangkan.

Surat ini termasuk dalam jenis formal sehingga penulisannya pun perlu dilakukan dengan baik dan informatif. Seperti inilah formatnya.

  1. Detail Produk

Surat penawaran perlu menjelaskan informasi terkait jenis produk yang ditawarkan. Dengan begitu Anda bisa memperkenalkan produk kepada pihak lain yang memiliki potensi untuk membelinya. 

Akan lebih baik jika informasi produk diberikan secara detail termasuk dengan keunggulannya.

  1. Harga Produk

Selain informasi detail terkait produk, harga yang ditawarkan juga perlu terlampir dengan jelas. Hal tersebut dilakukan agar tujuan dari pembuatan surat penawaran harga bisa tercapai. 

Dengan adanya harga detail, penerima akan tertarik untuk melakukan pembelian karena jumlahnya lebih murah.

  1. Metode Pembayaran

Saat transaksi jual beli, perlu adanya kesepakatan terkait metode pembayaran yang akan digunakan. 

Untuk itu, informasi terkait metode pembayaran juga perlu didefinisikan pada surat penawaran harga. Gunakan poin menarik seperti metode apa yang sekiranya menarik bagi pembeli.

  1. Informasi Perusahaan 

Saat menawarkan produk ke pihak lain, Anda perlu memastikan bahwa perusahaan dapat dikenal dan layak dipercaya. 

Agar calon pembeli tidak merasa ragu, Anda perlu memberikan informasi terkait perusahaan secara mendetail. Dengan begitu potensi pembelian akan semakin tinggi.

Beberapa Contoh Surat Penawaran Harga

Untuk lebih memahami surat penawaran harga secara lebih baik, Anda tentu harus secara langsung melihat contohnya. Hal ini akan memberikan penjabaran yang lebih jelas sehingga mampu memberikan panduan dalam pembuatannya. Berikut beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Penawaran Harga Tanah

Menjual tanah bisa dikatakan cukup sulit, apalagi jika berukuran besar. Anda tentu harus menawarkan ke pihak perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya. Saat menjual tanah, surat penawaran harga perlu dilampirkan sebagai standar prosedur dalam etika bisnis. 

Apapun jenis tanah maupun tujuan bisnis untuk menjalin kerja sama, surat tersebut akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Untuk itu perlu ditulis dengan benar dan menarik. Berikut contohnya.

Penawaran Harga Usaha Perorangan

Usaha perorangan termasuk dalam usaha kecil menengah (UMKM) atau jenis usaha lain yang tidak kena pajak.

Untuk dapat memasarkan produk secara efektif, pelaku bisnis membutuhkan rekan kerja. Melalui surat ini, pelaku bisnis dapat mengajak pihak lain untuk menjadi mitra bisnis. Seperti inilah contohnya.

Penawaran Harga Terkait Pembangunan

Dalam menjalankan proyek bangunan, terdapat beberapa pihak terkait. Pihak yang mengerjakan proyek perlu mengirimkan penawaran harga kepada penyelenggara proyek agar anggarannya bisa diketahui dengan jelas.

Hal tersebut memungkinkan perhitungan dan estimasi pengerjaan proyek bisa diperhitungkan dengan baik. Inilah contohnya.

Penawaran Harga Layanan Jasa Catering

Mitra bisnis tentu akan lebih tertarik dengan jasa yang ditawarkan jika Anda mengirimkan surat penawaran secara khusus. 

Melalui surat, berbagai komponen yang dibutuhkan mulai dari harga, penyedia layanan, metode pembayaran, dan lainnya bisa diketahui secara lebih detail. Perhatikan contoh surat penawaran harga catering berikut ini.

Penawaran Tentang Harga Mobil

Ketika ingin menjual mobil kepada pihak lain, Anda perlu mengirimkan surat penawaran harga terlebih dahulu agar bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh penerima surat. 

Hal tersebut akan menjadi dasar untuk dapat memutuskan membeli produk atau tidak. Seperti ini referensi contohnya.

Contoh surat penawaran harga dapat menjadi acuan bagi Anda untuk membuat dokumen yang sesuai. Surat penawaran harus dibuat dengan benar sesuai dengan standar surat formal agar mampu mencerminkan identitas perusahaan. Isi surat menggunakan kata-kata yang menarik dan jelas.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!