Up Selling Adalah: Strategi, Peran Penting, dan Tipsnya

Up Selling Adalah: Strategi, Peran Penting, dan Tipsnya

Dalam menjalankan bisnis, diperlukan strategi yang mendorong kelancaran bisnis. Salah satu yang digunakan adalah up selling. Up selling adalah cara efektif yang bisa digunakan untuk memperoleh pelanggan sehingga dapat meningkatkan profit dari perusahaan Anda.

Up selling juga termasuk dalam bagian promosi untuk mendapatkan uang lebih banyak lagi. Namun, Anda juga perlu memperhatikan key resources lainnya untuk kemajuan perusahaan. Contoh key resources adalah SDM, hak intelektual, finansial, dsb.

Strategi Up Selling Adalah: Seni Menjual

Pada dasarnya strategi up selling adalah cara untuk membuat para pelanggan membeli produk atau jasa lebih dari sebelumnya atau lebih dari yang ingin dibeli. Up selling juga sering disebut sebagai seni dalam menjual atau promosi.

Dalam pengertiannya, disebutkan bahwa up selling adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk memberikan pengaruh kepada pelanggan agar membeli produk tambahan dengan harga yang lebih tinggi tetapi memiliki kualitas yang lebih unggul.

Maksud dari produk mahal ini yaitu berkaitan dengan produk yang sama atau memodifikasi produk utama dengan melakukan penambahan yang lebih baik sehingga lebih menarik konsumen untuk membelinya.

Up selling tidak hanya diterapkan pada toko fisik saja, tetapi dapat juga untuk toko online agar bisa mendongkrak keuntungan yang lebih besar lagi.

Dalam pelaksanaan up selling, akan lebih mudah jika menggunakan software untuk memudahkan pengelolaan data konsumen serta penjualan. Dengan menggunakan software, ini memudahkan pemilik bisnis bisa menjalankan bisnisnya dengan lebih efisien.

Dengan demikian, strategi up selling menjadi lebih optimal dan keuntungan yang diperoleh juga bisa lebih meningkat. Dalam penjualan online, dibutuhkan strategi pemasaran digital yang baik seperti dengan cara membuat copywriting yang menarik untuk meningkatkan minat konsumen.

Baca Juga: Perbedaan Sales dan Marketing, Apa Saja?

Pentingnya Penerapan Up Selling untuk Bisnis

Pengusaha direkomendasikan untuk menerapkan metode ini karena memiliki banyak manfaat. Strategi ini tidak hanya untuk penjualan saja, tetapi bisa untuk membangun hubungan dengan konsumen.

Konsumen juga akan menjadi lebih puas karena mendapatkan produk yang disukai dengan fitur tambahan yang sudah ditawarkan. Untuk memastikannya, manfaat up selling adalah sebagai berikut:

  • Bisa mendatangkan profit yang besar karena dapat menjual lebih banyak produk dari pemasaran yang ditawarkan.
  • Dapat membangun customer engagement untuk meningkatkan loyalitas bisnis Anda.
  • Ada peluang untuk mengubah pelanggan yang tidak menguntungkan menjadi menguntungkan karena akhirnya melakukan pembelian. Selain itu, juga bisa untuk mengubah konsumen yang menguntungkan menjadi lebih menguntungkan untuk keberlanjutan perusahaan.
  • Apabila pelanggan sudah sering menggunakan produk atau jasa Anda maka kebutuhan pelanggan pada perusahaan Anda menjadi lebih tinggi.
  • Ini juga akan meningkatkan kepercayaan dari pengunjung karena sudah terbukti dari pelayanan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Dengan demikian, ini akan berpotensi besar untuk membuat pelanggan melakukan pembelian kembali.
  • Kepuasan konsumen menjadi lebih tinggi karena telah mendapatkan penawaran yang lebih baik berkat layanan atau produk yang lebih menguntungkan.
  • Terjalin hubungan yang saling membutuhkan atau win win solution antara pemilik bisnis dengan konsumen.
  • Lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan setia.

Baca Juga: Strategi Promosi Bisnis untuk Pemula

Tips Menerapkan Up Selling

Anda telah mengetahui apa itu up selling dan manfaatnya untuk bisnis. Oleh sebab itu, diketahui bahwa strategi ini diperlukan untuk kesehatan bisnis sehingga banyak pelaku usaha yang menjalankannya.

Namun, permasalahan selanjutnya yang mungkin terjadi adalah bagaimana penerapan up selling yang bisa mendongkrak bisnis?

Tentu Anda perlu trik khusus untuk melakukannya. Jangan sampai sudah susah payah melaksanakannya, tetapi ternyata tidak bekerja secara efektif. Oleh sebab itu, lebih lanjut akan diberikan beberapa tips tentang up selling. Tips up selling adalah sebagai berikut:

1. Pahami Kebutuhan Konsumen

Tips pertama yang perlu dilakukan dalam menjalankan up selling yaitu dengan pahami minat dan kebutuhan konsumen.

Pasalnya, target konsumen ini punya kebutuhan yang tidak sama. Contohnya ketika menargetkan konsumen remaja, maka kebutuhannya umumnya ingin serba online, mudah, dan praktis.

Jadi, strategi yang tepat juga membantu dalam mewujudkan keinginan konsumen dengan penawaran produk atau layanan yang tepat. Tips pertama ini sangat penting untuk dilakukan karena dapat mempengaruhi hasil dari penjualan Anda.

Untuk itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menjalankan riset terlebih dahulu agar bisa memetakan segmentasi pasar lebih baik.

Anda juga bisa dengan mudah memantau database yang ada dengan menggunakan aplikasi yang bisa memberikan manfaat tersebut

2. Berikan Perbandingan dan Alasan Kuat untuk Membuat Customer Tertarik

Hal penting lainnya dalam menjalankan up selling adalah dengan membuat perbandingan agar bisa menerima penawaran produk Anda. Umumnya, konsumen akan menerima produk tersebut apabila ada fitur tambahan atau ada manfaat yang bisa diterima oleh ulasan tersebut.

Oleh sebab itu, pemilik bisnis harus melakukan strategi dengan meyakinkan konsumen terkait dengan produk yang ditawarkan ini. Contohnya dengan memberikan edukasi terkait dengan bisnis atau produk.

Bisa juga dengan memberikan data pendukung seperti ulasan pelanggan serta perbandingan produk ini dan kelebihan apa yang diperoleh. Anda harus pintar-pintar dalam menjalankan bisnis.

Tidak hanya dilakukan untuk menjual produk atau layanan sebanyak-banyaknya. Anda juga perlu memberikan alasan kenapa penawaran perusahaan Anda lebih unggul dibandingkan lainnya serta manfaat apa yang dapat diterima oleh konsumen.

3. Berikan Harga yang Masuk Akal Agar Mudah Diterima

Tujuan dari up selling adalah untuk mendapatkan untung yang lebih banyak dan lebih mahal. Namun, pemilik bisnis harus tetap membuat penawaran harga yang masuk akal.

Pelanggan juga akan memberikan kesempatan yang positif apabila produk tersebut sesuai dengan harga yang mereka inginkan. Dengan harga yang masuk akal juga membantu untuk meningkatkan penjualan oleh konsumen menjadi lebih loyal lagi.

Jika layanan yang Anda berikan terlalu mahal, maka ini akan mempersulit bisnis untuk mendapatkan konsumen karena ada pertimbangan-pertimbangan yang dilakukan.

4. Jangan Tawarkan Produk Secara Memaksa

Tips berikutnya adalah tidak menggunakan promosi dengan sifat yang memaksa. Anda perlu melakukan pendekatan yang menarik agar membuat minat konsumen menjadi lebih tinggi.

Lewat aplikasi ini, pemilik bisnis bisa lebih memasarkan pelayanannya menjadi lebih mudah lagi. Anda bisa melakukan pengiriman, cash on delivery, dan layanan lain dengan mudah.

5. Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Tips terakhir yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen. Baik itu pelanggan baru atau pelanggan yang sudah lama. Dengan melakukannya, ini memudahkan Anda untuk tetap mendapatkan pelanggan.

Untuk meningkatkan hubungan yang baik, perlu adanya respon yang cepat dalam melayani konsumen. Berikan juga jawaban yang tepat jika ada konsumen yang ingin bertanya terkait dengan layanan Anda.

Kepuasan konsumen menjadi dasar untuk membuat bisnis semakin berkembang dengan mudah.Up selling adalah strategi bisnis dengan menggunakan konsep tambahan dengan memberikan manfaat dari produk menjadi lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya. Cara ini dapat memberikan pengelolaan data konsumen dengan tepat. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!